Thursday, February 28, 2008

untuk yang baru mulai

Siapa sih sekarang yang gak tau blog? Kelewatan banget deh kalo sampe gak tau. Kelamaan tinggal di hutan kali ya makanya gak tau blog? Well, blog sekarang kan mewabah banget tuh. Gak yang tua gak yang muda pasti pada punya blog. Mau cewek mau cowok pasti punya blog. Bahkan mungkin blog seperti barang yang wajib punya!

Lalu, apa aja sih isi blog itu? Kalo itu sih tergantung sama yang punya blog alias si blogger. Dia mau nulis tentang apa di blognya. Sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan kah, pendidikan, agama, politik, hobi, atau hanya dijadikan sebagai tempat curhat (semacam diary online). Berhubung gue gak jago nulis hal-hal yang berbau serius gitu, so gue mengisi blog gue ini dengan tulisan-tulisan yang ringan aja. Kisah sehari-hari gue, segala macam jenis curhatan gue, kalo mau dikonsepkan sih mungkin blog gue ini “completely gue banget”.

Acapkali bagi mereka yang baru ingin menulis blog terbentur dengan pikiran-pikiran negatif yang justru mengendurkan semangat ngeblog mereka. Misalnya, tidak tahu harus menulis apa, gak ada ide, blog orang bagus-bagus, dan pikiran jahat lainnya. Gue juga dulu seperti itu sih. Gue sering minder sendiri pas baca blog orang yang isinya “berat” alias berbobot. Abis mampir dari blog orang dan gue melihat blog sendiri, gue ngerasa kebanting. Gak banget deh blog gue… Gue langsung mengotrak-atrik blog gue. Baca blognya si A yang isinya “berat”, gue jadi pengen nulis seperti itu. Padahal mah belum tentu gue menguasai materinya. Liat blognya si B yang tulisannya penuh dengan kontroversi, gue jadi terinspirasi untuk menulis hal yang sama. Intinya dulu gue belum punya gaya menulis sendiri, belum tau tema blog gue apa, malu untuk meng-publish tulisan gue, gue takut salah nulis, takut dikritik orang, wah… banyak banget deh! Tapi, apa gara-gara itu nyali gue langsung ciut dan gue berhenti nge-blog? Tidak toh? Malah gue semakin aktif nge-blog. Hampir setiap hari gue meng-update blog gue ini. Sekalinya lo ngerasain betapa asyiknya nge-blog, lo bakal kecanduan! Ibarat candu, blog itu bikin kita ketagihan.

Hal yang dulu gue alami ini sekarang sedang dialami Mas Hanung. Dia ngerasa sebagai seorang blogger pemula, dia suka merasa ciut pas abis ngebaca blog orang lain. Belum lagi gak ada ide mau nulis apa, bla… bla… Trus, ujung-ujungnya blog jadi terbengkalai karena sibuk nyari ide tulisan. Bah! Itu mah sama persis dengan apa yang gue alami dulu. Kalo boleh jujur, dulu untuk nyari bahan postingan gue ampe googling gitu atau nyari berita dari koran kemudian gue tulis ulang di blog. Tentunya dengan bahasa gue sendiri. Dari berbagai macam referensi gue rangkum jadi satu. Ahahaha… Gak kreatif ya gue? Tapi itu mah dulu, Kawan… Sekarang tidak lagi. Sekarang sih gue nulis aja apa yang ada di dalam pikiran gue. Gue juga gak begitu memikirkan pendapat orang lain. Mereka suka blog gue ya syukur Alhamdulillah. Gak suka ya gak apa-apa.

Untuk Kawan-kawan yang baru mulai ngeblog (ahahaha,,berasa udah pakar aja gue?? Hihihi...), jangan pernah patah semangat yaaa!! Harus tetap rajin ngeblog! Jangan terlalu dipikirin masalah tema, konsep, ide, atau semacamnya lah. Tulis aja apa yang di kepala kalian. Dengan rajin menulis dan juga rajin blogwalking, lama-kelamaan bakal ketemu sendiri kok gaya menulis kita seperti apa. Pastinya sih jangan pernah merasa malu dengan tulisan kalian sendiri. Oke? Semangat!!!



No comments:

Post a Comment

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;