Wednesday, July 8, 2009

RIP Michael Jackson :(

Life is pleasant. Death is peaceful. It's the transition that's troublesome.
(Isaac Asimov)

Waktu laserdisc sedang berjaya, bapak saya senang sekali menyewa video-video baik film maupun lagu-lagu. Sesekali bahkan ia membeli sendiri. Saya yang waktu itu masih kecil, lugu, polos, imut, dan belum tahu dosa itu apa, sangat senang kalau diijinkan ikut nonton. Yang paling sering diputar biasanya sih video lagu-lagu. Mulai dari lagu-lagu anak-anak (“Abang tukang bakso, mari-mari sini... Aku mau beli...”), tembang kenangan (“Bukit berbungaaa... Bukit yang indah...”), hingga lagu-lagunya Abang Michael Jackson. Saya suka sekali lihat videoklipnya yang “Black or White”. Err... “Thriller” juga. Banyak deh.

Kemudian, laserdisc punah. *halah* Dan MJ pun sudah jarang muncul dan mengeluarkan lagu-lagu baru, tapi saya tetap sering mendengarkan lagu-lagu beliau diputar di radio-radio. Apalagi kalau sudah malam, yang biasanya diputar tuh lagunya yang sendu-sendu. Misalnya “You’re not Alone”, “Heal The World”, “Ben”, “One Day in Your Life”, “Will You be There”. Banyak deh.





Ben, you're always running here and there
You feel you're not wanted anywhere
If you ever look behind
There's something you should know
You've got a place to go

Kalau saya penyanyi papan atas negeri ini lantas ditanya siapa musisi yang mempengaruhi musik saya, dengan pasti saya akan menjawab, “Michael Jackson!” pun ketika pertanyaan diubah menjadi siapa penyanyi favorit saya, siapa penyanyi yang paling sering saya dengar sewaktu kecil, atau siapakah musisi yang paling jenius menurut saya, jawabannya tetap sama : Michael Jackson.

Ketika saya bangun pagi di hari Jumat tanggal 26 Juni kemarin dan langsung disambut pengumuman dari kakak saya, “Yu, Michael Jackson meninggal.” Saya bengong. Hanya “Oh...” yang keluar dari mulut saya. Kemudian saya ke kamar mandi dan cuci muka. Seolah-olah itu merupakan hal biasa. Ya, memang hal biasa saja kan orang meninggal? Anda hidup, kemudian Anda mati. Apa yang luar biasa dari kematian kecuali kematian merupakan suatu kepastian?





You are not alone
For I am here with you
Though you're far away, I am here to stay
But you are not alone
For I am here with you
Though we're far apart
You're always in my heart


Setelah keluar dari kamar mandi, saya melihat tivi sedang menayangkan berita kematian MJ. Bapak saya dan kakak saya sedang nonton. Saya akhirnya ikut nonton. Disini saya baru benar-benar “sadar”. Reaksi asli saya baru keluar. Saya shock. Kaget. Saya... sedih.

Oke, saya ngaku. Saya tidak mau ikut terlarut dalam kesedihan. Saya pikir lah MJ ini siapanya saya? Saudara bukan, teman bukan, nge-fans banget juga gak... lantas kenapa saya harus sangat sedih sampai-sampai menangis segala, meraung-raung? Gak banget kan?


Penggemar : Lah Kim, hari Kamis sampai Minggu kemarin kamu ngedengerin
lagu-lagunya MJ sampai matamu berkaca-kaca segala apa itu bukan namanya sedih
banget?


Hiks... Ketahuan deh.

Kemarin itu tiba-tiba saya ingin men-download lagu-lagunya MJ di 4shared. Selama hari Kamis – Minggu kemarin tidak ada lagu lain di Windows Media Player saya selain lagu-lagunya MJ dan selalu saya dengarkan setiap kali saya membuka laptop saya. Menemani saat-saat saya online, entah pagi, siang, ataupun malam.

Dan semalam ketika saya nge-plurk lewat mobile, semua pada heboh ngomongin MJ. Ada juga yang berbagi video “One Day in Your Life” *lirik ke Kitin*.





One day in your life
You'll remember the love you found here
You'll remember me somehow
Though you dont need me now
I will stay in your heart
And when things fall apart
You'll remember one day . . .

Ah, rupanya semalam pemakamannya MJ. Perhatian dunia tertuju ke acara itu. Menurut teman saya, dimana-mana menayangkan acara pemakamannya. Jarang-jarang kan kematian seseorang ditangisi sebagian besar penduduk bumi dan menyedot perhatian kita semua? Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, dunia berkabung dengan meninggalnya MJ. Suatu bukti MJ itu orang besar.

Kesampingkan lah perkara dia yang katanya pedofil, telah melakukan pelecehan seksual atau entahlah, bolak-balik operasi plastik. Sebelum kita mencaci dirinya, memandang rendah dia dengan mengungkit-ngungkit kasus-kasus yang menimpa dirinya, ada baiknya kita membaca ini terlebih dahulu.

Sekarang mari kita lihat dia sebagai individu yang sangat berbakat di bidang musik. Karya-karyanya tetap awet hingga saat ini. Lagu-lagunya tetap didengarkan hingga detik ini. Album-albumnya masih dicari. Musiknya tidak seperti musik band-band kacangan yang sekarang sedang bertebaran disana-sini. Hari ini lagunya booming, besok menghilang. Hari ini pada heboh pengamen dimana-mana menyanyikan lagu-lagu murahan itu, besok orang-orang sudah pada bosan.

Ada yang mau membantah lagu-lagunya MJ tidak termasuk lagu-lagu yang everlasting? Ada yang berpendapat musiknya kacangan? Sini... saya pentung kalau ada yang sampai bilang musiknya MJ itu kacangan atau lagu-lagunya MJ itu sampah dan cupu. *siapin pemukul baseball*

Btw, sayangnya semalam saya tidak nonton pemakamannya MJ. :( Teman saya, Silmi, sampai bilang, “Cepetan Kim, nonton! MJ gak dimakamin dua kali!”

Hiks... Bukannya gak mau nonton, semalam kan saya sedang dikosan. Tivinya di luar. Mau nonton sendirian gak berani. Soalnya kemarin malam saya mimpi MJ ikut yasinan (padahal kan di mimpi saya itu ceritanya pembacaan yasinnya buat dia). Kan saya jadi takut... Belum lagi kemarin sore saya lihat di youtube video hantunya MJ. Makin takutlah saya.

Daripada saya mati ketakutan, saya lebih memilih untuk nonton acaranya di youtube saja. Pasti ada donk yang meng-upload acara pemakaman semalam ke youtube? Pasti adalah.

Jadi, permisi yaa... Saya mau ke youtube dulu. Mau lihat MJ memorial service. *halah, nggaya*

Hiks.





In our darkest hour, in my deepest despair
Will you still care? Will you be there?
In my trials and my tribulation, through our doubts, and frustration
In my violence, in my turbulence, through my fear, and my confessions
In my anguish and my pains, through my joy and my sorrow
In the promise of another tomorrow, I'll never let you part
For you're always in my heart.


huaaaa.......... Teman masa kecilku sudah pergi... Hiks...*garuk-garuk aspal*

nb : saya masih tidak percaya MJ sudah meninggal! :(


5 comments:

  1. nambahin ah : dia juga penari yang hebat. setuju kan? :-D

    ReplyDelete
  2. He is genius. Oiya, dan aku gak pernah sekalipun ngejudge dia ketika semua orang menghujatnya. He's innocent until proven guilty, kayak yang dibilang semalam.
    Aku bukan penggemar berat MJ yang sampe apal semua lagunya, tapi aku kehilangan. 

    ReplyDelete
  3. saya sedih banget kalo mendengar atau melihat segala sesuatu yang berhubungan dengan Michael Jackson niii...

    ReplyDelete
  4. Rest in peace ya Jacko....
    Duh sedihnya.... meninggal dalam kesepian....

    ReplyDelete
  5. Iya lagu-lagunya MJ itu tetep disukai walau lagunya sudah lama. berbeda dengan lagu-lagu sekarang. cuma bagus sesaat tok. gak tau kenapa?
    mungkin karena lagu-lagunya MJ itu merupakan sebuah kenangan juga buat kita.
    yang penting itu semua tidak membuat semangat kita turun gitu aja pasti lebih baik ya kan?
    semangat!
    <a href="http://kerjakeras.com/stop-dreaming-start-action/">
    <div>Stop
    Dreaming Start Action</div>

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;