Thursday, February 18, 2010

# curhat # life

Sebuah Evaluasi dan Doa

Sebenarnya agak basi saya menulis tentang ini sekarang. Tapi, tak apa lah. Better late than never. Anggap sajalah ini hanya sekedar update blog. :D

Tidak terasa sekarang kita sudah berada di minggu ketiga bulan Pebruari 2010. Rasanya baru kemarin saya dan keluarga bakar-bakaran jagung di rumah waktu malam tahun baru. Waktu berjalan terasa cepat sekali. Tidak terasa pula sekarang usia saya sudah 23 tahun dan saya sudah termasuk angkatan tua di kampus. Sigh. Ya sudahlah, mau diapakan lagi? Memang kenyataannya begitu kok. Mudah-mudahan saya tidak kembali mengulang kesalahan yang sama: memprokrastinasi hidup selama satu tahun. :(

Prokrastinasi satu tahun? Iya, saya sih merasakan demikian. Selama satu tahun ke belakang (dan tahun-tahun sebelumnya) saya menjalani hidup terlalu santai dan menganggap enteng. Tidak ada target. Kalaupun ada paling hanya semangat di awal untuk kemudian dilupakan. Atau memang pada dasarnya sayanya saja yang pemalas? Bisa jadi. Atau memang pada dasarnya saya bukan tipe orang yang penuh gereget untuk memenuhi target-target? Bisa jadi. Atau memang pada dasarnya sayanya saja yang terlalu santai? Bisa jadi. Apapun itu, saya mulai merasakan dampaknya. Skripsi saya belum ada perkembangan hingga detik ini. Saya lebih memilih main FM ketimbang membaca jurnal. Saya lebih suka berada di lapangan Psikologi UI daripada di Perpustakaan.

Saya pemalas. Saya seorang prokrastinator. Saya terlalu santai. Dan saya tahu itu buruk untuk saya. Bagaimanapun juga kebiasaan buruk ini tidak dapat dibiarkan. Harus ada perubahan drastis yang harus saya lakukan. Jelas saya tidak ingin disaat teman-teman saya nanti sudah wisuda, saya masih terjebak di skripsi bagian BAB Niat. Hell, no.

Untuk itu, saya harus membuat target, list to do (atau apa sajalah namanya). Buat target, kejar target itu, jangan prokrastinasi. Jangan pernah menunda-nunda apa yang bisa dilakukan sekarang. Dan saya HARUS mematuhinya. Belajar disiplin itu penting, Kimi. Ayo, lakukan perubahan signifikan dalam hidup! Buat apa hidup kalau tidak ada perubahan yang lebih baik dari kemarin, dari minggu lalu, dari tahun lalu?

Kalau di Plurk beberapa minggu yang lalu saya pernah membuat thread :

Saya ingin jadi juara di Psycholympic Atmajaya sebagai kado ulang tahun saya tahun ini.

Maka, saya ingin menambah lagi doa dan harapan saya untuk tahun ini. Boleh kan?

Tuhan, bantu saya untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik. Bantu saya untuk menghilangkan sikap pemalas, sikap prokrastinasi, sikap saya yang terlalu santai, maupun sikap dan sifat saya yang buruk lainnya. Ini penting, Tuhan. Karena saya ingin lulus kuliah semester ini. Bantu saya dengan cara-Mu. Terima kasih telah mendengarkan doa saya, Tuhan. Amin. Oh satu lagi, Tuhan. Terima kasih telah mengirimkan kepada saya seorang teman yang menganggap saya sebagai adiknya. Saya belum pernah bertatap muka langsung dengannya, tapi beliau menaruh kepercayaan kepada saya. Terima kasih Kau telah mengirimkan Mba Sherine. :)

Dan ini salah satu bentuk kepercayaan beliau kepada saya. Sebuah pesan yang dikirim di Facebook:

Selamat ulang tahun ya Kimi… Aku mendoakan yang terbaik untukmu. Untuk studi kamu, untuk keluarga kamu, untuk karir kamu di masa depan, untuk kegiatan perbolaan kamu, untuk blog kamu. Tapi di atas segalanya, aku berdoa supaya Tuhan memberimu kesehatan, umur panjang, dan kebahagiaan, supaya kamu bisa terus bermimpi dan memperjuangkan mimpi, dan berbagi mimpi-mimpimu kepada orang lain.

Kamu bisa, kalau kamu percaya?

Aku sayang padamu, Kimi. *hugs*

Sungguh kado yang indah di ulang tahun saya kali ini. :)


4 comments:

  1. Semangat KimI! Saya juga sedang berusaha supaya bisa dapetin apa yang saya tergetin tahun ini. Er,.. target saya mapres fakultas (worship). ayo kita sama-sama berjuang dari jauh. *jadi semangat*

    ReplyDelete
  2. aduh sori telat... happy birthday ya!!!

    wish you all the best! moga2 bisa jadi a better person ya... :)

    ReplyDelete
  3. waaahh.. happy belated birthday ya..

    harapan kamu bagus.. dan doa dari mba sherine juga sangat wise... terutama bagian "aku sayang padamu, Kimi. *hugs*"

    anyway.. salam kenal ya...

    ReplyDelete
  4. @greengrinn
    ayo, kamu juga semangat! sukses yaaaa.... semoga jadi mapres! amiiin... :)

    @Arman
    amiiiin.... terima kasih ya doa dan ucapannya. :)

    @Nee
    salam kenal juga mba Nee...

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;