Saturday, October 30, 2010

[Book] Dunia Niehls Bohr

Judul : Dunia Niels Bohr (Terjemahan dari Niehls Bohr's Life, Discoveries, and The Century He Shaped)
Penulis : Jim Ottavianis dan Leland Purvis
Penerjemah : Fajri Matahati Muhammadin
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Tebal : 320 halaman
Harga : Rp 25.000,-
ISBN : 978-979-91-0162-4

Mengecewakan. Gambar komiknya jelek. Terjemahan jelek. Ceritanya lompat-lompat. Alhasil, saya orang awam yang tidak mengerti sama sekali soal Fisika (apalagi ini tentang Fisika Kuantum), semakin tambah pusing membacanya.

Padahal niat saya mulia lho membeli buku ini. Niat saya ingin menghadiahkan buku ini untuk keponakan saya, Dewi, yang tanggal 10 November besok genap usianya sepuluh tahun. Sedari dia kecil, saya ingin mengajarkannya untuk gemar membaca. Dan diantara keponakan-keponakan saya yang lain, yang terlihat mulai senang membaca ya Dewi ini.

Tergoda dengan tagline di sampul bukunya "Komik tentang Penggagas Kuantum". Saya pikir buku ini cocok deh untuk anak-anak. Apalagi komik, banyak gambarnya, dan terutama tentang fisikawan ternama Niehls Bohr. Pas lah untuk keponakan saya agar wawasannya semakin luas.

Tapi, sebelum saya kasih ke Dewi, tidak ada salahnya dong saya baca duluan buku ini? Yah, hitung-hitung saya juga mau menambah wawasan. Eh ternyata... PREEEETTT!!! Gagal total dong, boro-boro mau nambah pinter, nambah bengong iya. Saya tidak mengerti isi komik ini. Totally clueless. Ditambah gambar komiknya yang jelek banget. Saya gak bisa ngebedain tokoh yang satu dengan yang lain. Dibuku ini, saya paling hafal mukanya Albert Einstein doang. Itupun karena rambutnya yang awut-awutan. :|

Buat yang menerjemahkan, tolong dong jangan asal terjemah. "Rasa bahasa"-nya gak dapet banget disini. Bahasa terjemahannya kaku sekali. Saya saja bingung membacanya, bagaimana dengan anak-anak usia sepuluh tahun?

Skala 1 - 5, saya kasih nilai 1 untuk Dunia Niels Bohr.


No comments:

Post a Comment

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;