Wednesday, February 9, 2011

Letter #9: Blog GSKBI

Day 40. Post a Day 2011.

Tuhan,

Kemarin saya me-repost press release-nya GSKBI yang digagas Mbak Rima Fauzi dan temannya ya? Di bawah surat kemarin, saya juga menanyakan setelah GSKBI lalu apa langkah selanjutnya? Mbak Rima bilang:

Kim, spreading awareness aja dulu, kalau gue coba via fb, via twitter, menggiring teman2 utk cool headed dan jangan saling terpancing isu SARA, agar tidak emosional dan mencoba utk bahkan berpikir bahwa kemungkinan besar ada pihak2 tertentu dengan motif politik (?) yang sedang mencoba memecah belah umat beragama di indonesia. Karena umat Indonesia sebetulnya tidak sebodoh dan sepicik ini, ini pasti ada pihak ketiga yg membakar, memprovokasi sehingga terjadi semacam ini..

Baiklah, saya setuju. Setidaknya kami harus menyadarkan teman-teman terlebih dahulu untuk tenang dan tidak terpancing emosi *yah, meski jujur saja kemarin saya agak terpancing emosi juga sih*. Isu SARA ini memang sangat sensitif, tidak semua dapat menerima dengan kepala dingin dan berhati besar.

Jika ada orang-orang yang sengaja memprovokasi untuk melakukan anarkisme, tidak ada salahnya kami juga melawan dengan "memprovokasi" untuk tenang, tidak emosional, dan mengajak untuk berpikir jernih. Lebih jauh, kami juga ingin "memprovokasi" orang-orang untuk lebih meningkatkan lagi toleransi antarumat beragama. Perbedaan itu indah kok. Keberagaman itu membuat hidup lebih berwarna.

Oleh karena itulah, saya usul ke Mbak Rima untuk membuat blog Gerakan Solidaritas Kebebasan Beragama di Indonesia. Blog yang berisi tentang keberagaman agama, harapan untuk selalu damai antarumat beragama di Indonesia. Siapapun bisa menulis di sana. Caranya mudah saja. Cukup kirim tulisan teman-teman ke e-mail solidaritasberagamaindonesia [at] gmail [dot] com. Cara lainnya, teman-teman bisa menyebarkan gerakan ini ke orang-orang terdekat. Ke berbagai situs media sosial juga boleh kok. senyum

Saya juga telah menulis suatu ajakan untuk berkontribusi. Mari bergabung di GSKBI! Mari suarakan hati kita. Mari sebarkan pesan perdamaian. Mari sampaikan kepada dunia bahwa hidup dalam perbedaan itu sebenarnya indah asalkan kita mau saling bertoleransi. senyum

Semoga saja semakin banyak yang berkontribusi dalam gerakan ini ya, Tuhan. Dan semoga pesan dalam gerakan ini sampai ke semua orang di luar sana.

Semoga Engkau memudahkan niat baik kami, Tuhan, dan melancarkan jalannya. Terima kasih ya. senyum

3 comments:

  1. semoga semakin banyak orang paham bahwa perbedaan itu indah :D

    ReplyDelete
  2. Saya setuju dengan usul ini, kita perlu diingatkan bahwa kita hidup di bumi Pancasila..

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;