Thursday, June 23, 2011

[Film] Serdadu Kumbang

Day 83. Post a Day 2011.


gambar diambil dari sini*


Sebuah film dari Alenia Pictures bertemakan pendidikan di tengah gempuran film hantu dan wanita-wanita seksinya. Berkisah tentang Amek dan dua sahabatnya Umbe dan Acan di Desa Mantar, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Amek dan teman-temannya diceritakan sedang berjuang untuk lulus Ujian Nasional.

Seperti biasa Ari Sihasale menyuguhkan pemandangan yang indah di setiap filmnya. Di film ini kita akan sering sekali melihat alam Sumbawa, seperti padang rumputnya, pegunungannya, bahkan rumah-rumah penduduk asli pun disajikan untuk kita. Film ini seolah ingin menunjukkan kepada kita bahwa alam Indonesia sungguh indah dan sepatutnya kita bersyukur dianugerahi keindahan alam yang tiada tara itu.

Dalam hal ini Ari berhasil membuat saya takjub.Ya, Indonesia banyak sekali tempat-tempat yang indah dan eksotis. Wajib untuk dikunjungi. Mungkin Ari, melalui film ini, juga bertujuan untuk mempromosikan Sumbawa sebagai daerah wisata? Bagus lah. Karena saya pun jadi ingin mengunjungi Sumbawa.

Tapi, bagaimana dengan cerita?

Well, sama seperti film Tanah Air Beta, sepanjang film saya dibuat bertanya-tanya apa sebenarnya inti cerita film Serdadu Kumbang ini? Ingin menyoroti pendidikan di daerah terpencil? Soal guru yang memberikan hukuman fisik ke murid-muridnya? Soal Ujian Nasional yang menjadi momok murid-murid dan sekolah? Soal kemiskinan? Entahlah. Tapi, jika dibandingkan dengan Tanah Air Beta, saya lebih memilih Serdadu Kumbang. Menurut saya, Serdadu Kumbang lebih bagus dibandingkan Tanah Air Beta dilihat dari alur cerita yang lebih baik dam akting pemainnya pun lumayan bagus lah.

Terlepas dari cerita yang kurang fokus, saya menghargai usaha Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen yang getol sekali memproduksi film untuk anak-anak. Belum lagi syutingnya selalu mengambil latar belakang alam Indonesia. Indah sekali. :-)

Skala 1 - 5, saya beri nilai 3 untuk Serdadu Kumbang.

*gambar saya ubah sedikit disesuaikan dengan kebutuhan :D


8 comments:

  1. Sumbawa?? kudu nonton neh...

    yups... saya juga salut ma Ari Sihasale dan Nia zulkarnaen. ga apa-apa deh ceritanya kurang fokus...daripada nonton film horor yang ga jelas fokusnya di mana... semoga mereka terus berkarya dan terus membuat fim...

    ReplyDelete
  2. blogwalking : jadi kepengen nonton nih :D
    berkunjung ya ke blog saya
    http://diannoor.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. blogwalking : wah, jadi kepengen nonton nih :D

    mampir yah ke blog saya:http://diannoor.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. sempet liat juga ada yg bahas Serdadu Kumbang ini di timeline twitter kemarin. Segi cerita memang kedodoran katanya. Mudah-mudahan makin banyak yang bikin film dengan kategori beragam, menghibur jadi kita punya banyak pilihan untuk nonton film buatan dalam negri.

    Salut untuk Alenia

    ReplyDelete
  5. Iya, mudah2an film hantu2an yang ples ples itu berkurang. Syukur2 hilang gak ada lagi. :D

    ReplyDelete
  6. Harus nonton, Hud! Ceritanya biasa aja sih, tapi scene-nya banyak nyorot pemandangannya yang bagus2! :D

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;