Monday, July 11, 2011

# my book # postaday2011

[Book] The Grand Design

Day 95. Post a Day 2011.

There might be one history in which the moon is made of Roquefort cheese. But we have observed that the moon is not made of cheese, which is bad news for mice. (The Grand Design, hal. 140)

Saya tersenyum ketika membaca dua kalimat tersebut. Untuk buku seserius The Grand Design, Stephen Hawking dan Leonard Mlodinow bisa membuat jokes ringan seperti itu. Membuat saya yang sebelumnya harus mengernyitkan dahi karena tak mengerti satu teori pun yang dibahas menjadi cukup terhibur dan dahi saya pun tidak berkernyit lagi, melainkan digantikan dengan sebuah senyuman.




The Grand Design merupakan buku yang sedang saya baca saat ini. Buku tersebut saya beli Desember 2010 yang lalu di Periplus Plaza Senayan. Setelah berbulan-bulan saya taruh begitu saja di lemari karena saya pusing membacanya, baru tadi malam saya mencoba untuk membaca kembali.

Karena latar belakang pendidikan saya bukan Fisika, otak saya terasa membeku ketika membaca satu per satu teori yang dibahas oleh Hawking dan Mlodinow ini. Saya terus bergumam sendirian kalau "Ini bukan bidang saya... Ini bukan bidang saya...". Tapi, tetap saja saya terus membacanya. Membuka halamannya lembar demi lembar.

Sesekali ketika saya sedang berusaha keras mencerna kalimat yang saya baca (terutama yang berhubungan dengan penjelasan teori), saya disuguhkan kalimat-kalimat yang menohok dan lucu seperti contoh di atas. Beruntunglah bahasa Inggris yang digunakan bukan bahasa Inggris tingkat "dewa". Sebuah istilah yang saya beri untuk buku/tulisan yang bahasa Inggrisnya benar-benar susah bagi saya. Saya diselamatkan oleh kosakata yang biasa saya temui. Ada sih yang sulit, tapi lantas tidak membuat saya harus bolak-balik buka kamus. :D

Kesimpulannya buku ini sebenarnya cocok untuk orang awam. Karena bahasanya tidak terlalu teknis. Bagi orang-orang yang benar-benar buta Fisika macam saya membaca The Grand Design bisa menambah wawasan baru. Saya jadi tahu beberapa jargon dan teori Fisika. Kalau penasaran bisa sih saya google saja. Atau kalau malas google, bisa saya tanya-tanya ke teman saya yang lebih paham. Atau kalau masih malas juga, ya sudah. Lewati saja kalau sudah membahas teori-teori. Skip. Baca saja terus sampai halaman terakhir. Perihal mengerti atau tidak, itu urusan belakangan. *ketawa setan*

Detil buku:

Judul : The Grand Design
Pengarang : Stephen Hawking dan Leonard Mlodinow
Penerbit : Bantam Books (terbitan I, 2010)
Tebal : viii + 200 halaman
ISBN : 978-0-553-84088-9
Harga : Rp 190.000,-

5 comments:

  1. nyerah deh kalo soal fisika... >.<

    ReplyDelete
  2. aku belum baca buku ini, belom ada yang ngasih sih :D

    saya hanya membaca review dan kontroversi dari buku ini yang banyak ditulis di blog blog 

    ReplyDelete
  3. Jangan nunggu dikasih. Beli dong. ;))

    ReplyDelete
  4. Saya juga nyerah sebenarnya... >.<

    ReplyDelete
  5. wah...saya juga bingung, awal2 sih menarik ya, tapi pas dari tengah...walah..berat! haha..salam kenal... :)

    Saya juga buat resensi nya...tapi plus2 pendapat saya.. monggo maen2 ke blog sederhana saya :  http://goo.gl/Atigm

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;