Saturday, July 30, 2011

Mas-mas Ganteng di Blackberry Center

Day 113. Post a Day 2011.

Suatu ketika saya bingung dengan Bing, si ponsel baru saya. Memori telponnya yang katanya 256 Mb cuma tersisa 33 Mb. Nah, yang membuat saya bingung itu kenapa kalau pagi memori telpon tersisa 33 Mb, tapi nanti kalau malam jadi 2 Mb. Kok bisa berkurang otomatis begitu? Hilangnya ghoib. Padahal saya tidak install macam-macam aplikasi lho.

Saya coba untuk uninstall aplikasi yang baru saya download. Setiap kali install atau uninstall, si Bing biasanya meminta untuk di-reboot. Selesai di-reboot ini baru deh memori ponselnya kembali ke 33 Mb. Tapi, nanti memorinya hilang lagi. Entah dimakan siapa memorinya bisa hilang begitu. Masa' saya harus berulang-ulang install-uninstall sih untuk mendapatkan kembali memori yang hilang itu? *tsaaah... bahasanya!*

Karena saya belum menemukan solusinya, akhirnya saya ke Blackberry Center di Margo City Depok. Saya bilang ke Mas-mas gantengnya keluhan saya. Saya bilang, "Ini kenapa, Mas, Bing saya kok memorinya bisa berkurang sendiri? Padahal saya nggak download apa-apa lho." Saya pun disuruh menunggu sebentar. Bing dibawa ke dalam kantornya. Entah mau diapakan.

Cukup lama menunggu akhirnya Mas-mas ganteng itu keluar. Dia bilang, "Mbak, sekarang memorinya sudah 33 Mb. Kalau saya lihat sih OS ponsel Mbak ini OS lama ya. Bisa jadi memorinya termakan oleh aplikasi-aplikasi di ponsel Mbak. Harusnya aplikasi Mbak untuk OS terbaru, tapi karena OS-nya lama jadinya ya begitu deh..." Saya mulai mengangguk-angguk paham. Terus, saya nanya, "Kalau gitu, caranya gimana dong, Mas?" Dengan santai, Mas-mas ganteng itu menjawab, "Mbak punya kartu anggota di sini? Kalau punya bisa upgrade OS-nya gratis. Kalau tidak punya, bayar Rp 150ribu. Terserah Mbak aja..."

Mendengar Rp 150ribu untuk upgrade OS kaya'nya terlalu mahal ya. Saya sih ogah mengeluarkan uang segitu banyak hanya untuk upgrade OS. Mending uangnya buat saya makan di Hanamasa. Kenyang. Makan pun semau-mau.

Saya langsung keluar dari Blackberry Center itu. Penyebab kenapa memori Bing bisa berkurang sendiri sudah saya ketahui, tapi saya belum menemukan solusinya. Biarkanlah. Mudah-mudahan nanti saya diberi petunjuk Yang Maha Kuasa.

Beberapa hari dari situ, saya ngetweet. Saya nanya hal yang sama. Teman saya, Gisca, membalas tweet saya dengan menyarankan saya untuk install aplikasi QuickPull atau ponsel saya dimatikan. Semacam di hard reset. Caranya matikan ponsel, cabut baterai, pasang lagi baterai, terus nyalakan deh. Saya pun melakukan saran dari Gisca dan... Bing memorinya balik ke normal! Horeeee! Maklum saya newbie. Jadi nggak tahu kalau Blackberry itu ternyata suka hilang sendiri memori telponnya. Cukup dicabut baterai atau install aplikasi QuickPull biar ponsel bisa reboot otomatis untuk mengembalikan memori ponsel yang suka hilang tiba-tiba.

Dari situ kemudian saya berpikir. Kok lebih pintar Gisca ya daripada Mas-mas ganteng di Blackberry Center Margo City Depok? Padahal yang kerja di Blackberry siapa coba? Harusnya Mas-mas ganteng itu lebih paham produknya dong. Lah kok ini solusi dari Gisca malah lebih tepat sasaran *halah* dibandingkan solusi dari Mas-mas ganteng itu yang menyuruh saya untuk upgrade OS terbaru di tempatnya dan bayar Rp 150ribu. Mas-mas ganteng itu juga tidak memberitahu saya bahwasanya saya bisa kok upgrade sendiri OS-nya. Jangan-jangan, waktu Bing dibawa ke dalam kantornya, si Mas-mas ganteng itu cuma mematikan Bing, cabut baterai, pasang baterai, dan nyalakan lagi Bing saya. Meh. Kalau cuma begitu mah, anak kecil juga tahu. Tapi, kenapa Mas-mas ganteng tidak mau memberi tahu ke saya kalau caranya cuma begitu? Mentang-mentang saya lugu dan nggak tahu apa-apa... Mentang-mentang saya masih newbie... Mentang-mentang saya baru punya ponsel Blackberry... Mentang-mentang saya cantik... *plaaaak*

Yah, saya berbaik sangka sajalah. Mungkin Mas-mas ganteng itu ingin memberikan saran panjang lebar ke saya supaya bisa berlama-lama ngobrol sama saya. Mungkin itu karena disebabkan Mas-mas ganteng itu terpesona dengan kecantikan saya. *ditimpuk bata sekampung* :r

Akhirul kalam, jadilah konsumen yang kritis! Jangan mau begitu saja menerima saran dari penjual, penyedia jasa, atau sejenisnya. Tanya-tanya sama yang lain juga. Meski katanya resmi, authorized dealer, blablabla buktinya Mas-mas ganteng tadi tidak lebih pintar dari Gisca.


10 comments:

  1. memory pada bb yang terus menerus berkurang itu wajar terjadi pada bb. disebut memory leak. solusi mudahnya memang di restart atau cabut bateri, quick pull sebenarnya cuman meng-otomasi dan menjadwalkan kapan bb di restart, hehe

    sok tau gw :D

    ReplyDelete
  2. hihihi..lucu yah lo. hape aja ampe dinamain... :D

    ReplyDelete
  3. (⌣́_⌣̀) memori bebeb juga gt semenjak upgrade os..tiba-tiba ya langsung 0 dan ngejeprut!

    Klo upgrade os aku ma tmnnya iparku/ma abangku biasanya..haratis..betul itu mending uangnya dipake ke yuraku.. *njir tambah ngidam daging panggang yang belom kesampean dr 1bulan yg lalu*(curcol)

    ReplyDelete
  4. jadilah pasien yg kritis juga :D
    btw, ini si Gisca yg punya tumblr lucu itu ya? hihihi

    ReplyDelete
  5. Hihihi... Iya, Kak. Ini si Gisca yang punya tumblr lucu itu. Link-nya apa ya, kak? lupa guee...

    ReplyDelete
  6. Yah kejadian sama menimpa sy di BB Center Margo, Salah satu CS
    nya menyatakan BB sy harus diganti Track Padnya karena sebelumnya BB yg sy
    miliki TP-nya ngadat, Berapa harga TP utk BB Curve 8520 tsb? Si CS bilang harga
    resmi Rp 350 ribu. Kemudian si CS menawarkan ada yang dia punya harganya Rp 200
    ribu. Akhirnya sy setuju menganti TP dengan harga Rp200 ribu.
    Seminggu kemudian ternyata TP nya ngadat lagi, sy lalu ke BB Center lg dan
    menemui CS tsb. Setelah diutak atik dan katanya diganti dgn TP yg baru BB nya
    bisa normal kembali. Tapi ternyata TP tsb hanya normal dua hari saja. Untuk
    ketiga kalinya sy temui CS, dia bilang IC TPnya harus diganti, harga IC sekitar
    Rp 100 ribu. Setelah IC diganti dan sy pergunakan selama dua hari, TP nya ngadat
    kembali.


    Sy benar-benar sdh ngak percaya lagi dgn si CS
    BB Center Margo tsb. Kerja yg tdk professional dan sama sekali tidak bisa
    dipercaya.   

    Hati-hati pada pengguna BB di sekitar Depok utk
    tdk sembarangan service BB nya

    ReplyDelete
  7. Emang kayak gitu. Waktu Blackberry saya jatuh kepalanya dulu, LCD-nya mati. Saya bawa ke BEC Bandung, bayarnya 125.000. Belum lama ini Blackberry saya mengalami hal itu lagi, saya kasihin ke tetangga saya Dendi bin Dahlan. Dia cuma minta uang rokok 15.000. Emang banyak tukang tipu di BEC dan sejenisnya mah..

    ReplyDelete
  8. mohin solusinya bb saya sedang di restart, tapi saat merestart prosesnya lambat bahkan tidak jalan...itu bagaimana y?terima kasih
    mohon infonya....

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;