Sunday, November 6, 2011

# dailypost # sok pinter

Ayo, "Berinvestasi"!

Day 130. Post a Day 2011.

Mbak Jeungvita komentar di tulisan saya yang "What Makes Me Fear for Being Old". Komentarnya begini:

tentang menjadi tua, kita memang ga bisa melawannya. tapi kita bisa mengusahakan menjadi tua dan tetap sehat. caranya, kita musti investasi dari sejak usia muda. nanti panennya pas usia tua deh, tetep anggun, tetep sehat bermain dengan cucu2, tetep bisa beraktivitas tanpa harus merepotkan orang lain :D

Komentar Mbak Jeungvita mengingatkan saya pada dosen saya dulu yang kurang lebih mengatakan hal yang sama. Beliau bilang (kalau saya tidak salah ingat), "Waktu muda badannya diurus, biar nanti pas tua tidak sakit-sakitan."

Saya setuju banget. Istilah dari Mbak Jeungvita "investasi dari sejak usia muda" itu pas banget menurut saya. Versi investasi saya: selagi masih muda, kita harus memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh kita. Kalau kata tante saya "jaga makanan". Selain itu ya kita harus rajin olahraga biar badan kita sehat.

Jujur saja, saya sendiri belum sepenuhnya "berinvestasi". Makan masih suka sembarangan, olahraga masih jarang. Saya masih makan daging merah terus-terusan, masih sering makan mie instan, jarang makan sayuran, dll. Padahal sebelumnya saya sudah buat peraturan sendiri, contohnya dalam seminggu setidaknya dua hari saya jadi vegetarian, makan mie instan hanya boleh satu kali dalam sebulan, dan sekarang saya sedang mencoba program "30 hari tanpa makan daging (merah)". Tapi, menaati peraturan sendiri itu susah luar biasa ya? Adaaaaa saja yang membuat saya melanggar peraturan sendiri. Kabar baiknya, setidaknya sekarang saya rajin makan buah tiap hari, entah itu mangga, apel, atau yang lainnya. Pokoknya buah. Entah itu dibikin jus atau dimakan biasa.

Akhir tahun lalu, salah satu resolusi tahun 2011 saya adalah saya harus rajin berolahraga. Nyatanya, sudah masuk bulan November saya masih jarang olahraga. Hahahaha... Jadi malu. :$ Katanya mau rajin jogging 3x dalam seminggu. Buktinya manaaaa? Buktinya tidak ada. :r

Tapi, kesadaran itu sudah ada. Kesadaran untuk menjaga kesehatan maksudnya. Kalau kata Mbak Jeungvita "investasi dari sejak usia muda". Yah, yang penting sadar dulu kan? Tinggal memaksa diri untuk konsistensi "berinvestasi".

Nah, untuk "berinvestasi" ini saya akui memang masih terasa sulit. Sama saja lah seperti kita yang masih enggan atau malas untuk berinvestasi atau menabung di bank. Kalau kita punya uang, kalau tidak terbiasa menabung, pasti uangnya habis. "Nabungnya besok-besok aja deh. Sekarang masih perlu duit nih untuk beli ini itu." Biasanya itu sih yang dijadikan alasan.

Penggemar: Kim, kok tiba-tiba ngelantur ke nabung uang sih? Apa hubungannya dengan "investasi" yang kita omongin sekarang?

Ng... Maksud saya keduanya mirip-mirip. Intinya sih yang namanya "investasi" dibutuhkan konsistensi. *halah, bahasanya* Awalnya memang berat karena kita belum terbiasa. Tapi, kalau sudah terbiasa pasti menjalaninya terasa lebih mudah deh. :)

Mulai sekarang saya harus lebih ketat lagi "berinvestasi". Saya pasti bisa. Kalian juga pasti bisa. Ayo, hidup sehat! :)

8 comments:

  1. Good luck ya Kim, semoga bisa rajin dan tabah berinvestasi :) 5 tahun yg lalu aku berinvestasi dengan jogging minimal sekali seminggu sampai beberapa bulan yg lalu terhenti karena aku sedang kena maag dan tipes.

    Padahal kalau masalah makan, aku sudah cukup hati-hati selama bertahun tahun. Tidak makan mie instant barangkali sudah lebih dari 5 tahun :)

    ReplyDelete
  2. kalau saya sih inves kesehatannya sedikit malah "buang" nya yang banyak, kalau gini "tabungan" saya gak akan penuh ya.

    ReplyDelete
  3. sama....breusaha hidup sehat supaya nggak terlalu sulit di masa tua (y)

    ReplyDelete
  4. samaaaa.. saya juga... niat mau hemat, malah bablas mulu mae duitnya... =,=

    ReplyDelete
  5. heyy kemana aja kamuu? udah pulang ga bilang2 yaa... padahal pingin adain kumpul2 temen2 sekosan lagi

    Gimana kalau investasinya ditambah investasi duit sedari muda? $__$ hehe..
    Makan daging merah sesekali gpp kok. Yg ga boleh itu kan terlalu kebanyakan atau terlalu kurang. Kalo terlalu lama ga makan daging nanti bisa kekurangan zat besi & oksigen dlm darah lhoo...

    ReplyDelete
  6. gimana nasib aku di masa depan ya... sampe sekarang aku makannnya masih ga teratur...

    btw, slama kenal ya kak :)

    ReplyDelete
  7. yang sudah gak tepat pepatah : rajin nabung pangkal kaya. malah bisa bohong tuh. karena nilai kurs mata uang bisa semakin turun, saat harga barang terus meningkat. lebih baek berinvestasi ke hal yang produktif aktif, bukan pasif. http://jejakbersekolah.blogspot.com/2011/12/jejak-bersih-ituh.html

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;