Friday, December 16, 2011

Welcome to Kimi's Library!

Day 135. Post a Day 2011.

Saya punya perpustakaan pribadi! Bukan... Bukan perpustakaan yang punya ruang sendiri, ada rak-raknya, bukunya banyak, tempatnya luas. Bukan itu... Melainkan perpustakaan digital. Ayo, mampir ke Kimi's Library! Isi e-book-nya masih sedikit. Koleksi e-book saya yang banyak ada di laptop lama. Sementara Sophie masih menampung sedikit koleksi e-book saya. Nanti deh saya pindahkan koleksi e-book saya dari laptop lama ke Sophie. Nanti saya tambahkan lagi ke Kimi's Library.

Psssst... E-book itu juga sebenarnya saya unduh dari website lain sih. :r

Biar keren saya ikut-ikutan saja bikin perpustakaan pribadi setelah membaca tutorialnya di forum Goodreads Indonesia. Saya coba ikuti langkahnya satu per satu dan ternyata gampang banget! Apalagi sebelumnya saya memang sudah install Dropbox dan Calibre di laptop saya, Sophie. Jadi, tinggal install Calibre2opds-nya untuk bikin katalog.

By the way, selain pakai Calibre saya juga pakai Adobe Digital Editions untuk e-book saya. Tadinya saya kira Calibre hanya untuk mengkonversi format e-book ke epub. Tapi, setelah saya bikin Kimi's Library, saya baru tahu kalau Calibre bisa langsung mengorganisir e-book berdasarkan pengarangnya. Jadi, terlihat lebih rapi dan saya tidak perlu capek-capek mengatur e-book A, B, C masuk ke folder mana. 

Beda kalau di Adobe Digital Editions. Dia tidak bisa otomatis mengorganisir e-book. Saya harus bikin folder sendiri untuk memilah-milah. Jadi, tiap kali saya menambahkan e-book di Adobe Digital Editions, saya harus segera memasukkannya ke dalam folder yang sudah saya buat biar nanti saya mudah mencarinya. Kalau tidak, bisa-bisa saya lupa dan jadinya berserakan deh file-file e-book saya.

Eh tapi, barangkali ada teman-teman yang tahu bagaimana caranya Adobe Digital Editions bisa otomatis mengorganisir file selayaknya Calibre? Soalnya, terus terang saja dari segi tampilan saya lebih suka Adobe Digital Editions ketimbang Calibre. ;)

So, sekali lagi, silakan mampir ke Kimi's Library. Kalau teman-teman sudah bikin perpustakaan digitalnya juga, silakan berbagi di sini. Mari kita berbagi e-book gratisan dan bajakan. *eh*



3 comments:

  1. Wihihi.. Keren

    ReplyDelete
  2. ayuuk kita liat2 e-booknya :)....

    ReplyDelete
  3. hehe, nanti kalau sudah dipindah ke Sofie, saya pinjam sofie nya yah :D eeeh

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;