Sunday, June 17, 2012

[Book] Rp 3Jutaan Keliling India dalam 8 Hari

Judul: Rp 3Jutaan Keliling India dalam 8 Hari
Penulis: Rini Raharjanti
Penerbit: Penerbit B-First (PT Bentang Pustaka) (cetakan I, Juni 2010)
Tebal: viii + 160 halaman
ISBN: 978-979-24-3897-0
Harga: Rp 10.000,-

Buku tentang travelling pertama yang saya miliki. Sebelumnya saya tidak pernah tertarik untuk membeli buku-buku travelling. Bukannya saya tidak ingin jalan-jalan dan membeli buku-buku travelling sebagai panduan perjalanan, tapi saya pikir untuk apa? Toh, saya tidak akan pergi dalam waktu dekat. Toh, harga bukunya juga mahal. Sayang. Lebih baik saya beli buku dengan tema favorit saya. Toh, akhirnya saya beli juga buku travelling. Soalnya harganya murah. Cuma Rp 10ribu!

Sesuai dengan judul bukunya, buku ini tentang jalan-jalan keliling India dalam delapan hari hanya dengan menghabiskan uang Rp 3jutaan. Rp 3,6juta tepatnya. Belum termasuk ongkos pesawat dan biaya visa.

Selama saya membaca buku ini berhasil membuat saya tergoda ingin pergi ke India juga. Mengikuti jejak Rini Raharjanti menghabiskan waktunya selama di India. Ke Varanasi, New Delhi, Jaipur, Ajmer, Pushkar, dan Kolkata. Sekadar ingin lho. Karena, ya itu tadi, saya belum berencana berangkat dalam waktu dekat. Yah, seraya menunggu rencana itu datang, mungkin ada baiknya sekarang saya menyisihkan uang untuk dimasukkan ke dalam tabungan khusus travelling. Halah, kok jadi curhat?

Rini cukup jelas menuliskan daerah tujuan jalan-jalannya, lengkap dengan memberikan opsi biaya hostel dan biaya transport. Biaya makannya juga ditulis rinci oleh Rini. Biaya lengkap perjalanannya di tiap kota ditulis di akhir bab. Bisalah menjadi gambaran kita soal biaya makan, transport, dan lain-lain selama di tiap kota.

Pastinya juga Rini menuliskan pengalaman-pengalamannya selama travelling di India. Yang paling saya ingat adalah ketika dia dibujuk seorang calo sutra untuk melihat barang dagangannya. Rupanya Rini dibawa ke rumah si calo di gang yang sepi. Ada empat orang pria bertampang garang yang "mengepung" Rini di rumah itu sehingga Rini tidak bisa langsung kabur. Membaca bagian ini, saya jadi deg-degan sendiri dan mempertimbangkan keinginan saya untuk ke India. Saya takut! Bagaimana kalau saya jalan ke sana sendirian? Siapa yang akan melindungi saya di sana kalau terjadi apa-apa? Halah, jadi curhat lagi.

Secara keseluruhan, menurut saya buku ini cukup bagus. Ia jelas merincikan dari itinerary-nya selama Rini di India.

Skala 1 - 5, saya beri nilai 3 untuk Rp 3Jutaan Keliling India dalam 8 Hari


3 comments:

  1. Ngeliat covernya nggak enak gitu. Seolah-olah ngajak lihat negara miskin, itu justru menurunkan daya tarik India. Sayang sih.

    ReplyDelete
  2. indiia memang kotanya yang eksotis nih.... saya juga kepikiran kesana juga... tapi bukunya kelihatannya kurang bagus ya....

    ReplyDelete
  3. @Applaus Romanus

    Menurutku bukunya lumayan lah... Untuk ukuran buku seharga Rp 10ribu. ;))

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;