Sunday, November 17, 2013

Gnothi Seauton

Sejak kuliah dulu saya selalu tertarik dengan topik self. Dimulai dari self-concept, self-esteemself-enhancement, self-construal, dan banyak lagi. Bagi saya suatu hal yang sangat menarik mengetahui setiap orang berbeda cara dia memandang dirinya dan bagaimana hal itu bisa terjadi. Kenapa seseorang bisa punya konsep diri yang tinggi sementara orang yang lain memiliki konsep diri yang rendah? Apa implikasinya dari hal tersebut? Apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki cara seseorang memandang dirinya?

Saya percaya ketika kita mengenal diri kita dengan baik kita bisa menjadi manusia yang lebih baik. Kita tahu siapa diri kita, kita baik dan buruk dalam hal apa, kita tahu sifat-sifat kita, kita tahu potensi diri kita dan memaksimalkan potensi tersebut, dan lainnya. Kemudian, setelah kita mengenal diri kita dengan baik pada akhirnya kita bisa beraktualisasi diri. Kita bisa berbuat sesuatu untuk hal yang baik dalam hidup ini.

Sebagai manusia saya pun sebenarnya masih harus belajar lebih banyak untuk dapat mengenal diri sendiri. Saya masih mencari tujuan hidup saya mau kemana. Bagaimana cara saya beraktualisasi diri? Untuk menjawab pertanyaan yang tidak henti-hentinya hilang dari benak saya tersebut maka langkah pertama yang saya lakukan adalah saya bertanya ke diri sendiri sebenarnya saya ini siapa? Who am I? Menjawab pertanyaan itupun susah-susah gampang. Pertanyaan sepele, tapi menjawabnya susah minta ampun. Apa itu berarti saya ternyata belum kenal dengan diri sendiri? Bisa jadi. Atau apa mungkin karena saya hari ini berbeda dengan hari kemarin sehingga saya jadi bingung sendiri mendeskripsikan diri saya? Bisa juga begitu. Kesimpulannya adalah jangan pernah berhenti berusaha untuk mengenali diri sendiri. Know thyself. Gnothi seauton.

Ah, gnothi seauton. Saya suka dua kata itu. Dan inilah oleh-oleh dari Jogja kemarin:




Temporer sih. Hasilnya kurang bagus juga. Tapi, ya tidak apa-apa. You know what, I'm seriously considering to make it permanent. Mungkin dengan tulisan aslinya dari bahasa Yunani, seperti ini:




Jadi, sudah sejauh apa kalian mengenal diri kalian sendiri? :D


2 comments:

  1. oalahh, itu toh tulisannya
    kmaren aku sekilas ngeliat tulisan ujungnya doang
    kirain Blake Shelton hehehe

    ReplyDelete
  2. Aksiku - Toko Buku Bekas OnlinDecember 13, 2013 at 7:20 AM

    Silahkan coba belanja pada kami: www.aksiku.com - Toko Buku Bekas Online. Koleksi kami belum lengkap namun kami terus berusaha untuk melengkapinya.

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;