Sunday, April 6, 2014

Launching insanayu.com!

Setelah bertahun-tahun ngeblog gratisan akhirnya saya memutuskan untuk mempunyai domain sendiri. Sebenarnya dari dulu terpikir kepingin punya blog dengan domain dan hosting sendiri, tetapi dengan alasan malas ribet dan belum tentu saya berumur panjang, saya keukeuh pakai yang gratisan. Apalagi saya sempat berkoar-koar di Twitter dan sudah bilang ke beberapa teman saya bahwa saya lebih memilih gratisan ketimbang berbayar. Sekarang tampaknya saya harus menjilat ludah sendiri. :P

Tanggal 4 April 2014 kemarin iseng-iseng saya mengecek ketersediaan domain www.insanayu.com. Ini aneh setelah malam sebelumnya terakhir saya mengecek domain ini tidak tersedia. Kenapa hanya dalam waktu semalam insanayu.com langsung tersedia? Saya tidak mau kembali gagal. Saya ingin mengakuisi insanayu.com! Nama ini sudah saya pakai dari 2006 dan jadi ID saya di dunia maya. Saya tidak ikhlas seandainya nama ini harus dipakai orang lain. Atas dasar impulsif, saya langsung membeli (atau mungkin lebih tepatnya menyewa?) domain tersebut. 

Hanya berawal dari iseng-iseng pertama dan tidak ridho pas tahu insanayu.com sudah dimiliki orang lain, kemudian berlanjut keisengan yang kedua. Begitu tahu domain yang diincar tersedia, tanpa pikir panjang saya langsung pesan dan saya bayar saat itu juga. Setelah domain di tangan, saya langsung lapor ke Om Warm. Niatnya sih ingin pamer, tapi yang mau dipamerkan masih gagal tayang. Pasalnya, saya cuma beli domain di Masterweb tidak pakai embel-embel parking Blogspot. Jadi, cuma ada domain, tapi tidak bisa di redirect ke blog saya. Terpaksa lah saya beli lagi hosting parking Blogspot tanpa domain. Keluar duit lagi. Padahal kalau beli parking Blogspot bisa lebih murah, cuma Rp 99.900/tahun (sepertinya harga belum termasuk pajak 10%). Untunglah saya tidak menambah banyak, tapi ya tetap saja mangkel. Kesal kenapa saya tidak berhati-hati dan teliti sebelum membeli. Kampret. :O

Sudah keluar duit buat beli domain ditambah hostingnya, eh tetap saja saya masih gagal pamer domain baru. Utak-atik setting, tetap gagal. Yaelah, cobaan apalagi ini. Saya kan sudah mau launching domain baru nih. Tidak sabar kepingin pamer. Akhirnya saya langsung minta tolong sama mas-mas technical support di Masterweb. Untung saja mereka ada layanan live chat dan gampang buat dirusuhi. "Tolong lho ini, Mas, kenapa saya masih belum bisa redirect domain baru ke blog saya. Saya kan tidak sabar untuk memberitahu para penggemar saya." Begitulah kira-kira curhat saya ke mas-mas technical support-nya. Setelah dibantu, mas-masnya bilang kira-kira dalam waktu 48 jam baru bisa dicoba lagi. Buset, lama banget ya. Hih.

Penggemar: Kim, kok cuma beli domain? Kenapa tidak sekalian hosting-nya juga?

Saya malas ribet dan tidak paham juga sih. Dan juga kalau saya tidak berumur panjang--dan tidak ada sanak saudara yang mau mengurus keribetan memperpanjang domain dan hosting blog saya--paling yang hilang hanya domain, sementara blog gratisan saya masih tetap ada. :P

Nah, tadi saya iseng-iseng mau coba lagi. Alhamdulillah, ternyata sudah bisa. Yeay! :e Dengan demikian, pada hari ini resmilah peluncuran www.insanayu.com! :mj Semoga dengan domain baru ini, saya semakin semangat ngeblog dan penggemar Kimi's Cool Blog semakin banyak. Jayalah selalu Kimi's Cool Blog! *halah*

p.s.: Bagi yang sudah berlangganan blog ini lewat RSS, feedly, e-mail atau lewat apapun dan ternyata bermasalah, misalnya tidak bisa lagi terima update dari blog ini, mohon sekiranya saya dapat diinformasikan ya. Terima kasih!

35 comments:

  1. Replies
    1. Ke Bandar Lampung, Om. Nanti kutraktir makan di sini. :P

      Delete
  2. Aaaaak... selamat! Kami sebagai penggemar akan selalu mendukung blog ini! Yey... hidup JKT48!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, salah lapak, Mas. *tendang Ditter ke Jakarta*

      Delete
  3. Well, selamat atas domain barunya. :)

    ReplyDelete
  4. Prok prok prok! Selamat, Anda telah melalui fase naik tingkat seorang blogger. Aku aja belom berani beli. Selain juga karena nama laurentina.com sudah dimiliki orang lain.

    Ajarin aku ya, Kim. Yipppiiie!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum berani kenapa, Mbak? Aku juga sebenarnya--sampai detik kemarin itu--masih pikir2 dan penuh keraguan untuk beli domain. Tapi, kupikir daripada insanayu.com dipakai orang lain yang tidak tahu betapa berartinya nickname ini untukku, maka kubeli sajalah domain ini. Btw, tenang saja, Mbak. Selagi aku masih bisa membantu, pasti aku bantu. Jadi, kapan beli domain? :P

      Delete
    2. Mau beli kalo udah nemu nama yang cocok, Kim. :D

      Delete
  5. WUOOOGH MAKAN-MAKAN!

    *komen standar blogger dulu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh makan-makan, Chik. Kamu yang traktir ya. :P

      Delete
  6. yaaa.. pokoknya mantep... Selamat datang menjadi blogger profesional, selalu update, dan jangan lupa traktirannya ditunggu di dunia blogging dan internet marketing :-)

    ReplyDelete
  7. " Dan juga kalau saya tidak berumur panjang--dan tidak ada sanak saudara yang mau mengurus keribetan memperpanjang domain dan hosting blog saya--paling yang hilang hanya domain, sementara blog gratisan saya masih tetap ada. "

    Kalau blogspot-nya tiba-tiba menghentikan layanan kayak Friendster atau Multiply gimana? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, kalau aku rasa, kemungkinan Blogspot menghentikan layanan sih kecil ya. Dia kan blogging platform yang besar, penggunanya banyak. Kalau mau tutup, pasti bakalan banyak yang protes. Kalau ternyata dia ada layanan berbayar, kurasa orang2 mau bayar kok.

      Delete
  8. Emang harus domain .com ya Mbak? Tapi ya selamat atas reborn nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus. Tapi ya karena impulsif semata dan tidak ridho kalau nama ini dipakai orang lain. :P

      Delete
  9. Pantesan pas klik bookmark alamat lama langsung di redirect kesini..=))

    Berhubung sekarang udah berbayar, harusnya sih postingnya lebih sering dan lebih semangat..:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu sebagai penggemar tenang saja. :))

      Delete
  10. Selamat atas domain barunya mba.. Eh iya, sekedar info nih.. Biarpun mba udah kustum domain sendiri, kl habis masa berlakunya dan ga diperpanjang, tetap aja ga bisa buka blogspotnya mba karna yg dialihkan itu ke domain baru tersebut. Gimana mau akses, domain nya aja udah ga aktif.. Pengalaman saya sih mba.. Hehehe..

    Kl masalah hosting , tgantung kebutuhan juga sih.. Bagi saya pribadi, biarpun mba masih pake blogspot, asal bisa kasih pencerahan ke pengunjung , itu udah cukup.. Lagian blog mba ini kontennya cukup unik menurut saya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Masa' sih? Tapi, gpp. Santai saja. Nanti seandainya tidak diperpanjang, pasti bisa diurus kok. Yang penting blognya ini tidak hilang. Nanti kan alamatnya balik ke URL lama. :)

      Delete
  11. wah ... selamat ya atas Domain barunya,keren nih :)

    ReplyDelete
  12. Horeeee \o/
    *termasuk yg masih males bikin .com* :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Tidak apa-apa. Bukan suatu hal yang wajib kok. :)

      Delete
  13. Barangkali bisa berfaedah buatmu.

    Bertahun-tahun silam aku sempat memakai beberapa layanan pendaftar domain dan penyewa hosting di Indonesia, dan aku sangat kecewa. Antara lain karena seperti yang kaukeluhkan itu.

    Dan ya: untunglah kau tidak membeli hosting. Tak perlu itu. Jangan pernah. Aku jamin kau akan menyesal kelak. Menyimpan data di hosting sendiri sangat merepotkan: galat plugin-plugin dan theme, risiko keamanan, dll. Belum lagi server yang sering macet dan lamban, termasuk yang server-nya di Indonesia. Sudah banyak pengalamanku soal itu.

    Kita blogger jauh lebih cocok dan nyaman memakai hosting gratis macam Wordpress dot com dan Blogspot ini. Terjamin stabil dan tidak akan "error establishing a database connection".

    Perihal domainmu ini, kusarankan agar pada tahun-tahun mendatang kau memindahkannya ke penyedia layanan domain di luar negeri, seperti Namecheap. Servis mereka lebih bagus.

    Dan juga: jangan beli domain .id milik Indonesia, kecuali duitmu berlebih. Harga .id berlipat-lipat lebih mahal daripada .com, .net, atau .org. Ada yang menyebut akses ke .id lebih cepat karena server DNS-nya berada di Indonesia. Itu cakap bual strategi pemasaran! Selama ini kita di Indonesia bisa mengakses domain luar negeri seperti .com, .co, dan .net dengan cepat juga, bukan?

    Selain itu, bila domainmu .id, ia bisa dicabut secara sepihak. "Kami punya hak untuk mencabut kepemilikan domain .id bahkan memblokir siapa saja yang melanggar hukum. Di sini kami berusaha meminimalkan angka penipuan atau kejahatan siber," kata Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (sumber: Kompas, http://benar.org/1g1PyRn).

    Dan ya: dari dulu kaulah satu-satunya insan-[yang]-ayu yang kukenal.

    Sudahkah aku ucapkan selamat berdomain sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih banyak cerita pengalamannya, Om. Aku sekarang jadi sedikit lebih paham soal domain dan hosting ini. Untung Om cerita, jadi aku semakin mantap tidak usah pakai hosting. Dan kupertimbangkanlah untuk pindah layanan ke Namecheap atau yang lainnya. Tapi, nanti kalau aku sudah punya kartu kredit. :O

      Delete
  14. dari dulu (sempet) kepikiran pengen punya web sendiri, tapi berhubung mengingat saya malesbanget.com urusan update blog, maka saya tetep bertahan di garda depan ngeblog gratisan di WP.

    but anw, selamat berbahagia dengan domain dotcom nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, alasan lain kenapa saya akhirnya mau berdomain dotcom ya sebagai pemicu supaya rajin update blog. Kan sudah bayar mahal2, sayang atuh kalau gak rajin update. :D

      Delete
  15. Selamat. Semoga makin sering nulis yah, dan makin berkualitas. Hehehe

    ReplyDelete
  16. Waaa jadi belajar banyak Kim. Makasih yaaaaa. Untungnya namaku unik jadi pas beli domain ga pake rebutan, hihi

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;