Tuesday, December 30, 2014

Wrap-up 2014

Sungguh tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2014. Bagaimana dengan resolusi 2014 kalian? Sudah tercapai semua atau malah sudah gugur entah di bulan keberapa? Ngomong-ngomong, kalian sudah bikin resolusi untuk tahun 2015? Saya sudah, setidaknya resolusi dalam reading challenge. Niat luhur saya akan membaca seratus judul buku sepanjang tahun 2015. Agak ngoyo sih sebenarnya, tapi ah sudahlah... Dicoba saja. 

Well, anyway, berhubung ini adalah tulisan terakhir di tahun ini, maka saya akan buat sedikit berbeda. Maksudnya, saya belum pernah menulis seperti ini di tahun-tahun sebelumnya. Semacam wrap-up begitu. Saya akan menapak tilas selama satu tahun ini saya sudah menulis apa saja dan tulisan-tulisan apa saja yang menurut saya lebih meninggalkan kesan.

Alhamdulillah, tahun 2014 saya termasuk rajin menulis di blog ini. Setiap bulan saya tidak pernah absen untuk update. Yah, meski ada beberapa tulisan yang terkesan memaksakan "yang penting gue update blog", harap dimaklumi saja ya. Hihihi... Yuk, kita langsung mulai saja.

Januari 2014

Bulan ini saya masih dalam masa-masa berkabung selepas ditinggal ayah saya. Saya buka TED dan menemukan satu video yang membicarakan perihal kematian. Saya pun menulis "Cerita Tentang Kematian" yang membahas video dari Stephen Cave tersebut. Lalu, saya menemukan video--masih di TED--yang membahas kebahagiaan. Menurut Michael Norton, sesungguhnya kita bisa membeli kebahagiaan. Saya bercerita sedikit tentang hal itu di "How to Buy Happiness".

Februari 2014

Sekarang baru saya sadari bisa jadi saya mulai tertarik dengan Psikologi Evolusi dan hubungan yang terjadi antar jenis kelamin sejak saya menonton video Christopher Ryan yang judulnya Are We Designed to be Sexual Omnivores? di TED. Tulisan "Are We Sexual Omnivores?" pun lahir.

Di bulan Februari saya masih merasa kehilangan yang sangat hebat dan itu berimbas pada mimpi-mimpi saya. Saya sudah punya jurnal mimpi sejak lama, namun sejak saya cukup sering bermimpi yang mengganggu saya memutuskan untuk rutin menulis di jurnal mimpi. Cerita lengkapnya bisa teman-teman baca di "Disturbing Dreams".

Maret 2014

Salah satu cara saya dalam grieving adalah dengan membaca tentang kematian. Saya membaca ebook yang bercerita tentang kisah-kisah pasien yang sakit parah dan mereka meminta hidup mereka segera diakhiri. Keputusan yang tidak mudah untuk diambil memang. Karena masih ada pihak-pihak lain yang menentang euthanasia ini. Sebagai bahan renungan, bisa teman-teman baca tulisan saya "Near End-of-Life".

Tahun ini juga sudah mulai saya dikejar-kejar dengan pertanyaan "Kapan menikah?". Saya curhat tentang itu di "Menikah(?) Bagian Dua".

April 2014

Ada dua tulisan curhat saya di bulan April ini. Pertama, "About Deleting This Blog". Kedua, "Sebuah Curhat Tentang Blog". Ternyata keduanya tentang blog ya. Baru sadar lagi nih saya. :r

Mei 2014

Tulisan saya "Who am I?" bertujuan untuk mengajak teman-teman agar dapat lebih mengenal diri kalian masing-masing. Semoga saja ajakan saya itu bisa membuat teman-teman tertarik untuk lebih mengenal diri kalian. Dan, tulisan saya "Sombong" lagi-lagi membahas tentang blog. Penasaran yang dimaksud sombong di sini apa dan siapa? Silakan dibaca dulu. ;)

Juni 2014

Di hari lahir ayah saya tanggal 18 Juni, saya menulis "Surat untuk Papa". Waktu itu saya hanya ikut-ikutan tren menulis surat terbuka. Well, tentu saja alasan lainnya saya memang sedang rindu ayah saya. :)

Juli 2014

Untuk mengobati hati yang terluka karena kehilangan Samsung Tab 3 (barang termahal yang pernah saya beli dengan uang sendiri), saya menulis "Membandingkan Diri Sendiri". Lalu, saya menulis "Kenapa Edgar Linton?" karena saya bingung setelah membaca Wuthering Heights.

Agustus 2014

Nah, memasuki Agustus 2014, saya mulai rajin membahas jurnal ilmiah. Bulan ini ada 3 tulisan dari jurnal-jurnal yang saya baca. Mereka adalah "Thin Slice Judgment. Apa Itu?", "Selingkuh Perasaan dan Selingkuh Seksual" (tentang perselingkuhan. You don't wanna miss this. I'm deadly serious.), dan "Jihad Sebagai Sebuah Pembenaran" (tentang kenapa orang-orang bisa menggunakan alasan jihad untuk melakukan kekerasan atas nama agama). 

Selain rajin membahas jurnal ilmiah, saya juga rajin curhat di bulan ini. Tulisan-tulisan curhat dan sok pinter saya di bulan ini: "Be Good, Do Good.", "Renungan Pesawat", "Ada Apa dengan Usia 27?". 

Oh iya, saya juga menulis tentang "Jaminan Kesehatan Nasional" setelah mendapat undangan untuk menghadiri workshop JKN di Jakarta tempo hari. 

September 2014

Ada tulisan sok pinter padahal sebenarnya curhat di bulan ini, yaitu "Pernikahan dan Kohabitasi". Tulisan sok pinter yang lainnya "Tentang Kebebasan dan Jati Diri".

Di bulan September saya sedang rajin-rajinnya membahas tema percintaan (tepatnya, mating sih) dari sudut pandang Psikologi Evolusi. Tiga tulisan yang saya buat: "One Night Stand Part 1", "One Night Stand Part 2", dan "What I Have Learnt About Mating". 

Oktober 2014

Sisa-sisa dari masa tergila-gila dengan topik percintaan dan Psikologi Evolusi menghasilkan tulisan "The Dark Triad" dan "Changes Over Time". Di bulan Oktober untuk pertama kalinya saya menulis dongeng. Well, sumber dongengnya dari artikel sih, "Dongeng Tentang Yeroen, Nikkie, dan Luit". 

Bagi teman-teman yang sudah lama mengikuti blog saya mungkin sudah merasakan perbedaan dalam tulisan-tulisan saya belakangan ini. Saya masih suka curhat memang, masih suka sok pinter juga, tapi sekarang sebisa mungkin kalau saya update blog saya menulis sesuatu yang bisa bermanfaat. Tujuan ngeblog saya pun mengalami revisi seperti yang saya ceritakan di "Three Goals to Achieve from Blogging". Untuk tulisan curhat, saya curhat di "Bakar!", "On October 16", "Go to People, not Google", dan "People that Persistent".

Nah, setelah sebelumnya saya banyak membahas percintaan dari sudut pandang yang pesimis (menurut saya), maka di "Seni Mencintai" saya mencoba menyeimbangkannya agar menjadi lebih positif. Saya mengajak teman-teman menjadi optimis dalam cinta dengan sama-sama kita belajar seni mencintai bersama Erich Fromm. Entahlah apakah satu tulisan itu cukup untuk mendisonansi kognitif kalian. Halah.

November 2014

Bulan November saya hanya menulis satu tulisan: "Ulang Tahun Gelap-gelapan". Saya sedang malas ngeblog soalnya. Hehehe...

Desember 2014

Saya pikir seandainya saya terus-terusan membahas jurnal tentang mating pasti teman-teman bakal mati kebosanan. Maka saya mulai membahas topik lain yang juga minat saya, yaitu tentang self. Lebih khusus lagi tentang self-construal. Dua jurnal yang saya bahas ada di "Getting to Know You" dan "Culture and Self". Tulisan curhat dan sok pinter tetap tidak ketinggalan. Silakan teman-teman baca di "Masih Brengsek". 

Sekian wrap-up tulisan-tulisan saya sepanjang tahun di blog ini. Tulisan-tulisan ini yang saya anggap lebih menarik dibandingkan tulisan-tulisan saya yang lainnya. Ada juga tulisan-tulisan yang lebih berkesan bagi saya. Berkesan dalam hal apa? Entahlah. Saya juga bingung bagaimana menjelaskannya. Oh iya, saya juga merangkum tiap bab dari History of Western Philosophy di label philosophy. Sudah lama saya tidak melanjutkan rangkuman saya itu. Nantilah saya lanjutkan lagi ya. Kapan-kapan. Saya tidak janji. :P

Bagi teman-teman yang rajin mengikuti blog ini mungkin sudah membaca semua tulisan di atas. Toh, tidak ada salahnya untuk membaca ulang jika kalian berminat, entah itu tujuan untuk refreshing atau hanya iseng. Bagi teman-teman yang baru datang dan berkunjung ke blog ini, berbagai link tulisan di atas mungkin bisa menjadi opsi bagi kalian ingin membaca yang mana. Syukur-syukur jika kalian berniat untuk membaca semuanya.

Akhirul kalam, selamat menyambut tahun baru 2015. Sampai jumpa di tahun depan (yang tinggal dua hari lagi)! 


gambar dari sini

27 comments:

  1. pertamax.
    uhm.. resolusi 2015 ke KUA dong kim. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gih, sana kamu ke KUA tahun depan. Aku doakan. :P

      Delete
  2. jangan lupa tahun depan riviu filem :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak mau ah kalau riviu film. Riviu buku aja masih banyak hutang, mau ditambah riviu film. Ogah. :r

      Delete
  3. Selamat tahun baru Kimi, keep blogging ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru juga, Mas Galih. Semoga Mas Galih dan keluarga mendapati tahun 2015 sebagai tahun yang penuh berkah dan penuh rahmat Allah SWT. Salam untuk keluarga ya, Mas.

      Btw, InsyaAllah aku tetap ngeblog, Mas. Mas Galih juga tetap ngeblog lho. :D

      Delete
  4. Lengkap, btw saya ketinggalan cerita dari awalnya mbak kimi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca-baca dulu kalau begitu, Mbak Nova. Selamat membaca. Terima kasih sudah mampir ya... :)

      Delete
  5. Wah, saya perlu banyak baca postingannya nih (bisa jadi resolusi tahun depan).... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat membaca, Mbak. Semoga menikmati. :)

      Delete
  6. salam kenal mb kimi, menarik sekali blognya. Kunjungan perdana, insyaallah akan saya kupas habis blognya..judulnya keren2 dan pastiny bermutu banget tulisannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Mbak Intan. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga menikmati kunjungan kali ini ya. :)

      Delete
  7. Mbak Kimi hebat bisa sedetil itu. Kalok aku mah lewaaaat.. Hihihi.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Tinggal buka arsip blog tahun 2014 ini kok. :P

      Delete
    2. Rajin ya, Mbak. Aku sih pemalas. :P

      Delete
  8. tulisannya diikutkan lomba aja mbak. seperti tulisan kaleidoskop saya yang mbak komentari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku ikutkan sekarang, sudah telat belum ya, Pak? :D

      Delete
  9. selamat tahun baru KIm
    moga postingannya tambah keren di tahun 2015 ini
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru, Mas Huda. Ayo, resolusi tahun ini Mas Huda jadi lebih rajin update blog! :D

      Delete
  10. Mantap banget warm upnya di tahun 2014, nah sekarang tinggal resolusi 2015 nya gimana *lihat kediri sendiri, emang udah nulis juga?*

    komen juga blog gw ya : http://salmanbiroe.blogspot.com/2014/12/best-memories-of-2014.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resolusi 2015-nya aku simpan untuk diri sendiri, Mas, kecuali reading challenge. Nah, itu baru aku koar-koar. :r

      Delete
  11. Di tahun 2015 ini, moga makin rajin ngeblog ya, Kim :D

    Tahun kemarin itu kayaknya aku kebanyakan curhat di blog, hahaha... Tahun ini pengennya bisa bikin tulisan-tulisan yg informatif dan bermanfaat, atau apa pun yg bisa bikin tambah pinter penulisnya dan pembacanya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, kamu nulis tentang Filsafat, Dit! :D

      Delete
  12. tutup muka kalau menilik kembali resolusi tahun lalu yang belum terlaksana...
    ikutan kena cambuk baca postingan ini, paling nggak di tahun 2015 lebih rajin nulis di blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren itu! Semoga bisa rajin ngeblog ya... Semangat! :)

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;