Friday, June 26, 2015

Hello Again, World!

Sepertinya sudah lama sekali saya tidak menyentuh blog ini. Terakhir kali update tanggal 21 Februari yang lalu. Itu berarti sudah empat bulan tidak ada tulisan baru. Kalau boleh saya diizinkan melakukan pembelaan, alasan saya tidak menulis apapun di sini dikarenakan AHA yang sudah menghentikan layanannya. Selama ini saya pengguna setia AHA dan begitu tahu AHA sudah bisa tidak digunakan lagi saya terlalu malas untuk mencari penggantinya. Akibatnya selama empat bulan ini saya kesulitan untuk mengakses internet. Saya jadi jarang buka Twitter, Facebook, e-mail, Feedly, dan tentu saja blog.

Setelah empat bulan kesulitan mengakses internet ternyata saya baik-baik saja dan tidak kekurangan suatu apapun. Malah rasanya lebih menyenangkan karena saya tidak terpapar informasi sampah berlebihan. Saya kurang update memang untuk kabar-kabar terbaru atau gosip yang sedang hits. Tapi, efek positifnya saya jadi tidak perlu ikut-ikutan pusing yang tidak penting. 

Tidak dapat dipungkiri ada rasa sedih juga karena saya jadi tidak tahu kabar terakhir teman-teman yang sering mengisi di lini masa saya. Saya juga tidak membaca tulisan teman-teman yang ada di Feedly saya. Dan tentu saja saya sedih karena tidak bisa update blog sesering yang saya mau. Saya rindu blog ini. Saya rindu kalian. Saya tahu kalian juga merindukan saya. Saya rindu berbagi cerita tidak penting kepada teman-teman yang setia membaca blog ini. Kepada teman-teman yang baru datang ke blog ini, termasuk kepada kalian juga saya rindu berbagi cerita. Jangan bosan-bosan untuk terus membaca blog saya ya. ;)

Sisi negatif lainnya adalah sulit untuk memulai lagi kebiasaan menulis. Empat bulan tidak menulis rupanya sudah cukup untuk menumpulkan semangat menulis. Otak juga ikut-ikutan tumpul. Jujur saja, saya tidak tahu harus menulis apa lagi di sini. Saya ingin menuliskan tentang apa yang sudah saya baca--baik itu buku atau jurnal ilmiah--atau yang saya dengar dan lihat dari keseharian saya, tetapi saya sudah jadi seorang pemalas. Malas menulis ini rupanya memengaruhi semangat membaca saya. Sekarang saya juga malas membaca. Padahal target membaca saya tahun ini seratus buku. Well, sepertinya saya harus mengucapkan selamat tinggal pada target tersebut. 

Kalau kata orang tua, malas itu jangan dipelihara. Meski malas dan kebingungan mau menulis apa, saya harus tetap memaksakan diri saya untuk tetap menulis. Karena seperti teman saya, Desti, yang pernah bilang kira-kira begini (dan saya selalu ingat kata-katanya tersebut), "Menulis itu membangun peradaban." Jadi, mari kita juga ikut ambil bagian dalam membangun peradaban dengan menulis. 

Seraya saya mengetik tulisan ini, ide-ide tulisan pun bermunculan. Ternyata masih ada cerita yang bisa saya bagikan ke teman-teman semua, terutama cerita selama empat bulan terakhir. Jadi, sepertinya selama beberapa waktu ke depan saya akan lebih sering curhat atau menceritakan pengalaman saya dibandingkan menulis dengan label "sok pinter" atau "academic journal". Kepada teman-teman yang lebih senang membaca kedua label tersebut ketimbang membaca curhatan saya, mohon sekiranya saya dapat dimaafkan dan kalian bisa memaklumi. Tulisan-tulisan ringan itu saya perlukan untuk menumbuhkan kembali semangat menulis saya yang sudah redup ini. Nanti kalau semangat menulis sudah menggebu-gebu kembali pasti saya akan menulis lagi menggunakan kedua label tersebut.

Dan jikalau teman-teman masih ingat janji saya dulu yang akan merangkum tiap bab dari buku History of Western Philosophy dari Bapak Bertrand Russell, sekali lagi saya mohon maaf karena saya tidak akan melanjutkannya. Setelah saya pikir-pikir, buku itu terlalu tebal untuk dibuat rangkuman tiap bab. Alasan sebenarnya sih karena saya sudah menyerah baca buku itu. Hahaha... Entah sampai kapan buku itu akan habis untuk dirangkum. Sementara masih banyak hal menarik lainnya yang bisa saya tulis di sini. Iya kan? ;) 

Nah, demikian lah tulisan pertama setelah empat bulan hiatus. Sampai jumpa di tulisan berikutnya! :k

7 comments:

  1. kimiiii, miss youuuuuuuuuuu #halah. welcome back!!!

    ReplyDelete
  2. selamat datang kembali, Kimi!
    aku pun mengisi momen ramadhan ini dengan berjanji menulis lebih sering. semoga tidak hanya manis di bibir sahaja janjiku :)))

    ReplyDelete
  3. Asiiik... Kimi udah kembali... Berkah Ramadhan :D

    ReplyDelete
  4. hahaha berubah pikiran yaa .. memang kaya libur aja .. biasa tidur tengah malam bangun siang ketika harus bangun pagi akan sulit karna harus membiasakannya kembali

    ReplyDelete
  5. semangat terus untuk ngeblognya mba!

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;