Sunday, December 25, 2016

Tiga Desain Tato

Day 1.

Terinspirasi Teh Vei yang sekarang sedang ikutan #30DaysWritingChallenge, saya pun jadi kepengen ikut-ikutan tantangan tersebut. Karena ini tantangannya menulis selama tiga puluh hari jadi saya menulis yang ringan-ringan saja lah, seperti kejadian sehari-hari, tulisan random, dan apa pun.

Terus terang, saya sekarang bingung mau menulis apa. Baca-baca tulisan Teh Vei dan saya membaca penuh khidmat di tulisan beliau yang membahas soal tato. Kembali saya terinspirasi. Untuk tulisan pertama di #30DaysWritingChallenge ini saya mau bercerita tentang tato.

Sejak dulu, dulu sekali, saya ingin pasang tato di tubuh saya. Kalau saja agama memperbolehkan, ada tiga desain tato yang ingin sekali saya pakai. Atau mungkin suatu saat saya akan sungguhan nekad. By the way, inilah tiga desain tato yang saya inginkan:

1. Gnothi seauton, seperti gambar di bawah ini:


gambar dari Pinterest


Maknanya sangat dalam, menurut saya. Arti gnothi seauton ini adalah know thyself alias kenali dirimu sendiri. Mengenali diri sendiri adalah proses yang senantiasa harus kita lakukan terus-menerus sepanjang hidup. Ini adalah cara untuk kita terus melakukan perbaikan diri. 

Tato gnothi seauton ini akan saya rajah di lengan kanan bawah bagian dalam, dekat pergelangan tangan. 

2. "A smooth sea never made a skilled sailor."


gambar dari sini


Laut yang tenang tidak akan melahirkan pelaut yang handal. Tuhan memberi kita berbagai cobaan dalam hidup untuk menempa mental kita menjadi baja. Tuhan ingin mendidik kita agar kita menjadi manusia yang kuat dan tidak mudah menyerah. Karena alasan itulah--untuk sebagai pengingat diri--saya akan merajah kapal dan laut yang bergelombang ini di lengan kiri bawah bagian dalam. Persis seperti gambar di atas.

3. Create your own reality.


gambar dari sini


Tuan Abraham Lincoln pernah bilang, "The best way to predict future is to create it." Masa depan macam apa yang ingin kamu miliki? Apa harapanmu yang terdalam? Apa keinginanmu saat ini? Ciptakan. Usahakan. Perjuangkan. Jangan pernah menyerah. Karena itulah saya akan merajah jari tengah sebelah kanan dengan desain dari simbol Viking ini. 

Penggemar: Kim, kok kamu mau pasang tatonya di tempat yang terbuka begitu sih? Tidak takut ketahuan keluarga? Tidak takut penilaian buruk orang-orang? 

To hell what people think. Lagian tiga tato ini punya makna yang dalam, jadi saya tidak mau menaruhnya di bagian tubuh yang saya sendiri tidak bisa melihatnya, misalnya di punggung, bahu, atau tengkuk. Sudah bersakit-sakit ria ditato kalau kemudian tidak bisa memandang tato sendiri kok ya rasanya bagaimana begitu. 

Selain itu, tato-tato ini semacam self-reminder untuk saya agar saya terus belajar mengenali diri sendiri, agar saya  menghadapi berbagai masalah dalam hidup dengan berani, dan agar saya tidak pernah mudah menyerah untuk mengejar apa yang saya inginkan. Jadi, perlu bagi saya supaya tato-tato ini terlihat dalam jarak pandang mata saya. Sekalian biar dilihat orang-orang juga. Kalau ada yang iseng bertanya apa maknanya, maka dengan senang hati akan saya jelaskan. Siapa tahu mereka juga tertular dengan semangatnya.

Bagaimana dengan kalian sendiri? Kalian punya tato? Ceritakan dong tato kalian! Bagi yang belum punya tato, kalian ingin punya tato? Tato yang seperti apa yang kalian inginkan?

10 comments:

  1. Kalo seandainya boleh sih Saya ingin tatto di sekujur badan saya, sampai sebagian muka juga kyk punya mas Bob Sick.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terlalu penuh begitu juga aku gak suka. Kayaknya gak ada indahnya lagi.

      Delete
  2. Hehe.. lama juga ga mampir ke lapaknya mba Kimi :)

    Repotnya motif tatto itu musiman. Kalo udah ganti musim motifnya ribet. Mau hapus yang lama dan pasan yang baru itu yang bikin repot..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih tidak melihat musim atau tidak. Tidak peduli juga. Memang saya pengen tato yang ini. Pengennya sih begitu. Jadi dipasang atau tidak, ya wallahualam.

      Delete
  3. Replies
    1. Minta digambarin Sita aja deh. :P

      Delete
    2. Nanti jadinya bulet bulet loh Tante kalo aku yang gambarin, jadi gambar Elsa sama Anna semua... Hahaha

      Delete
    3. Gpp kok. Kayaknya keren kalau punya tato Elsa dan Anna. :|

      Delete
  4. mazhab jakfari (eh, bener ga ya? lupa juga. pokoknya seinget saya ada yang bilang boleh, sih) konon boleh, lho. kamu ganti mazhab aja, nggak usah ganti agama :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan pakai kata "konon". Harus pasti. Karena kalau salah, kamu berarti menjerumuskanku ke jalan sesat. :P

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;