Saturday, March 25, 2017

4 Top Performances from Billy Gilman

Teman-teman masih ingat Billy Gilman? Dia ini yang nyanyi lagu Oklahoma dan One Voice yang dulu sempat ngehits banget di tahun 2000an. Bagi yang lupa atau belum kenal yuk nonton dulu videonya ini.




Dulu saya hobi banget menyanyikan lagu ini. Ceritanya buat latihan nyanyi gitu kan. Tapi, yah namanya juga sok-sokan. Tetap saja saya tidak bisa nyanyi. 🙈

Speaking of the song, lagunya ini lembut dan liriknya itu ya ampun... Sederhana, tapi menyentuh banget. Coba deh perhatikan liriknya dan kalian pasti bisa mengerti apa yang saya maksud.


Kembali ke Billy Gilman. Belasan tahun berlalu saya tidak pernah mendengar tentang dia lagi sampai akhirnya saya buka Youtube dan lihat ada video dia ikutan The Voice season 11 tahun lalu. Saya langsung kaget. Woooo... Billy Gilman ikut The Voice!

Serta merta saya tontonin semua video dia yang ada di channel The Voice. Suaranya ajib banget dah! Makin keren! Cengkok country-nya ngasih warna banget di setiap penampilannya. Dia juga selalu penuh penjiwaan pas nyanyi. Sangat menghayati semua lagu yang dia bawakan. Kan yang nonton jadi hanyut dan baper. Dan, dari semua penampilannya di The Voice berikut empat penampilan yang paling saya suka:

4. When We were Young






Di lagu ini saya paling suka di menit 1:11 - 1:12. Itu keren banget! Warna country-nya ada, tidak berlebihan, dan itu yang bikin keren. Gayanya juga santai banget. Seperti tidak ada beban.

3. Crying






Ketika Billy menyanyikan lagu ini saya jadi teringat Carrie Underwood yang juga pernah menyanyikan lagu yang sama sewaktu dia kompetisi di American Idol season 4. Saya suka penampilan Carrie saat itu. Saya juga suka Billy saat menyanyikan Crying.

But then I saw you last night, you held my hand so tight
When you stopped to say "Hello"
You wished me well, you couldn't tell
That I'd been crying over you, crying over you
Then you said "so long", left me standing all alone
Alone and crying, crying, crying, crying

2. Bye Bye Love






Di lagu ini Billy cair banget. Dia sangat menikmati lagunya. Dengan standing mic Billy bisa bergerak lincah di tempat. Goyangannya, gerakan kakinya, gestur tubuhnya, ekspresi wajahnya. It's as if he was destined to be a singer and a performer on stage. Malah di sini Mas Adam kayaknya kurang enjoy dan kaku. Iya nggak sih?

1. My Way





This is obviously my most favorite of all his performances on The Voice. Dari awal sampai akhir tidak ada cela. Billy sangat menikmati setiap detiknya di lagu ini. He savoured it. Selalu kita dengar komentator di segala kompetisi nyanyi di televisi akan bilang, "Nyanyi itu dari hati. Sing from the heart." Dan Billy selalu mempraktekkan hal tersebut, apalagi di lagu ini. You just can feel his emotions. He seems pouring his emotions out in this song. 

Saya suka semua bagian di lagu ini. Awal, tengah, akhir, dan di antara itu semua. Nada rendah, nada tinggi. I love them all. Tapi, yang paling, paling saya suka adalah di bagian paling akhir, yakni di menit 3:20 - 3:26. Ketika dia sudah selesai dengan nada tingginya, dia menutupnya dengan emosi tertahan menyanyikan bagian "Yes it was", lalu jeda beberapa detik kemudian dilanjut dengan bisikan, "My way." Man. That. Was. Just. Fucking. Awesome. Menambah emosi di dalam lagu ini. I got shiver watching this performance. 

Itulah keempat penampilan Billy yang paling saya suka di The Voice. Sayang ya dia tidak juara. Tidak apa-apa. Meskipun Billy tidak juara di The Voice saya berharap semoga karirnya bisa semakin bersinar setelah ajang The Voice selesai dilaluinya. Good luck, Billy!


2 comments:

  1. Suka lagu yang Ben, entah kenapa dapeeeet banget pas dia nyanyi waktu kecil itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih. Billy keren banget pas nyanyi lagu Ben.

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;