Friday, October 27, 2017

Latah di Hari Blogger Nasional

Pertama-tama, Selamat Hari Blogger Nasional! Saya jadi ikut-ikutan latah menulis di Hari Blogger Nasional ini setelah baca tulisan Kitin. Terakhir kali saya menulis di Hari Blogger Nasional itu tepat lima tahun yang lalu. Sekarang mari kembali menulis di hari spesial bagi para blogger.

Saya tidak akan menceritakan asal-muasal saya ngeblog karena saya sudah terlampau sering menceritakannya di blog ini. Sebagai contoh saya pernah menuliskannya secara sekilas di sini dan secara khusus di halaman About This Blog.

Kalau begitu, apa yang ingin saya ceritakan kali ini? Mari bercerita hal yang kecil-kecil saja ya.


Hal pertama yang ingin saya ceritakan mirip-mirip dengan ceritanya Kitin. Feedly saya tidak terlalu ramai dengan update dari blog dengan kategori personal. Feedly saya ramainya dari kategori yang saya beri judul Psychology, Science, dan Football, yang seringnya saya mark all as read. Blog personal yang saya subscribe ada banyak, tapi yang masih rajin update sampai sekarang tidak seberapa. Sedih? Lumayan, tetapi mau diapakan lagi? Mungkin mereka sibuk sampai tidak sempat untuk mengupdate blognya. Mungkin ada alasan lain yang tidak akan pernah saya ketahui.




Kalau boleh jujur, hal lain yang bikin saya sedih juga adalah saya tidak lagi atau sudah jarang banget subscribe blog baru (atau blog yang saya baru tahu) di Feedly. Sekarang susah banget menemukan blog yang isinya beneran asyik dan mencerahkan. Bisa jadi saya kurang blogwalking. Mungkin kalian ada rekomendasi blog yang oke? Tetapi, tolong jangan berikan saya rekomendasi blog yang terlampau banyak iklan karena sudah bisa dipastikan saya tidak akan berminat untuk subscribe blog tersebut.

Kedua, saya cuma mau bilang dari semua media sosial yang saya punya, saya paling suka blog. Kalau saya disuruh berhenti total dari blog, kayaknya saya tidak bakal sanggup. Saya bisa berhenti pakai Path atau tidak buka Facebook, Twitter, dan Instagram untuk rentang waktu lumayan lama. Namun, kalau untuk blog, sebulan tidak update itu rasanya berdosa sekali. Iya deh saya akui saya pernah menghilang berbulan-bulan. Kalau boleh membela diri, alasan saya menghilang karena kondisi saya sedang tidak baik pada saat itu.

Jadi, kalian tidak usah khawatir. Sangat kecil kemungkinan blog ini dan blog buku saya untuk saya hapus. Karena saya cinta blog. Buat saya blog itu sanctuary saya. Blog menjaga saya untuk tetap waras di tengah-tengah kegilaan dunia yang semakin menjadi.

Ketiga, saya senang banget kalau ada orang yang tanya-tanya ke saya soal blog. Ceritanya Mbak Bos di kantor pernah bertanya ke saya perihal blog. Pertanyaannya seputar bagaimana cara bikin blog, bagusnya ngeblog di mana, dan lain-lain. Beliau tertarik ngeblog karena ingin berbagi cerita traveling-nya. Beliau terinspirasi dari blog-blog traveling yang beliau baca karena menurut beliau blog-blog tersebut sangat membantunya dalam merencanakan perjalanan. So, dia berharap siapa tahu blognya bisa bermanfaat buat orang lain. Mulia sekali ya niatnya? Saya suka banget! Semoga beliau bisa konsisten ngeblog terus ya. Amin!

Keempat, blog ini sepertinya lama-lama bergeser jadi beauty blog. Haha. Becanda! Blog ini kayaknya sih tidak akan jadi beauty blog, tapi kemungkinan besar ke depannya kalian bakal lebih sering membaca tulisan terkait skincare. Habisnya kan seperti yang sudah kalian (para pembaca setia) tahu bahwasanya saya suka banget sama skincare. Saya suka coba-coba produk baru dan suka baca-baca artikel tentang skincare dan beauty. Saya pikir tidak ada salahnya saya berbagi apa yang saya tahu dengan kalian. But again, jangan khawatir. Saya akan coba menjaga keseimbangan dengan tetap konsisten juga menulis tema galau gundah gulana, intisari dari artikel/buku/jurnal ilmiah yang saya baca, video TED atau video edukasi lainnya yang saya tonton, dan berbagai tema random atau tema tidak penting lainnya.

Biarkan sajalah kalau nantinya blog ini dicap campur-campur karena tidak punya niche jelas sehingga agak sulit untuk dikomersilkan. Mau bagaimana lagi dong... Minat saya terlampau luas dan terlampau banyak. Susah buat saya untuk mengkhususkan diri ke satu topik khusus untuk dijadikan niche. Mau bikin blog baru dengan satu niche tertentu? Tidak, terima kasih. Saya sudah punya dua blog untuk diurus. Lagian blog buku saya itu sudah punya niche khusus lho, ya buku itu tadi.

Wah, wah... Ternyata tulisan berantakan kali ini lumayan panjang juga ya. Kalau begitu, saya sudahi sampai di sini saja. Eh tetapi, sebelum saya betul-betul mengakhiri tulisan ini, saya ingin titip harapan dulu. Harapan saya semoga teman-teman tetap rajin ngeblog. Jangan berhenti. Tetap menulis. Karena blog bisa membuat kalian abadi. Kalau kata Desti dulu (dan selalu saya ingat), "Menulis itu membangun peradaban."

17 comments:

  1. Ayo lanjut menulis mbak.. tulis apa aja yang penting jadi kenangan kelak di masa depan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul sekali. Itu juga yang menjadi tujuan saya untuk tetap rajin menulis.

      Delete
  2. 1. Assalamualaikum wr. wb.
    2. iya bener, sekarang jarang nemu blog oke, lebih banyak iklan. Padahal blog curcol itu asyik banget yg buat semangat BW
    3. Gak apdet blog rasanya kayak punya panu yg pengen digaruk
    4. iya seneng banget klo ada rekan deket yg pengen ngeblog. berasa liat orang bertaubat karena tidak ada kata terlambat untuk ngeblog
    5. selamat hari blog
    6. sudah, wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas Ikrom, bisa berbagi pengalaman peribadi yang di ulas dengan cara sendiri itu memang lebih menarik

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam, Mas Ikrom. Terima kasih sudah berkomentar. Btw, blog curcol yang ditulis dengan gaya yang khas dan seru itu somehow memang menarik untuk dibaca. Dan, tetap semangat ngeblog ya, Mas Ikrom!

      Delete
  3. Gak masalah mau blog diisi apa. Walau bergeser dari tujuan awal, yg penting blog dibaca banyak orang dan berguna. Jangan lelah buaat ngeblog, semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu juga semangat ngeblog terus ya, Artha. :)

      Delete
  4. memang sekarang susah cari blog personal, kemaren mampir salah satu group blogger pun isinya bahas soal iklan aja dan bahkan bikin acara saling klik iklan
    ini perdama mampir kesini dari hasil blogwalking dan sampe sini
    kalo berkenan mampir juga ke blog ku hehehe tenang aja belum ada iklan mbak..soalnya memang blum pasang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog ini, Mas Adi.

      Delete
  5. Berhubung aku pemula jd memang agak bingung sih mw blog yang fashionnya kemana. Tapi kalo kita hobi nulis, tuangin aja. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Fashion"? Mungkin maksud Mbak "passion" barangkali ya? Btw, saya sepakat dengan Mbak. Asalkan kita suka menulis, tulis saja. Apapun topiknya.

      Delete
  6. Saya pun sudah hampir nggak pernah blogwalking sekarang. Lebih sering mantau Twitter aja. Biasanya buka blog orang karena ada yg ngeshare link. Kalo blognya asyik, langsung subscribe di Feedly. :)

    Salam kenal mbak. Selamat hari blogger nasional!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Mas Dhito. Terima kasih sudah mampir ke blog ini. :)

      Delete
  7. saya termasuk orang yang suka baca blog dan sekarang ini mau coba untuk jadi penulis blog dan ternyata ngga semudah yang dipikirkan.. mohon tipsnya rekan2 blogger yang sudah lebih senior kira kira harus gimana supaya menulis blog itu terasa lebih muda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku sih, ngeblog dibawa santai. Dan niatnya selalu ingin berbagi, jadi semangat deh ngeblognya. Hehe.

      Delete
  8. Keren banget bisa rajin update setiap minggu nya. Saya kadang punya banyak ide/tema yang mau ditulis tapi stuck nulis nya trus ditinggalin dan beberapa lama baru balik lagi hehe mudah2an bisa istiqomah ngeblog terus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin! Semoga tetap rajin ngeblog, Mbak. :D

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;