Saturday, December 2, 2017

# sharing

Kenapa Kimi's Akademos?

Saya bukan orang yang kreatif. Daya imajinasi saya jelek sekali. Makanya saya tidak pernah bisa membuat cerita fiksi. Jangankan cerita fiksi yang jelas-jelas membutuhkan imajinasi tinggi, mencari nama untuk blog ini saja saya tidak punya ide. Inginnya sih blog ini pakai nama yang sophisticated, tidak pasaran, dan memiliki makna yang sangat dalam. Saking dalamnya, laut yang paling dalam di dunia ini bisa kalah dengan makna nama blog saya. Sayangnya, nama blog saya... Biasa banget.

Awalnya saya menamai blog saya ini dengan nama Kimi's Cool Blog. Saya malas mikir, tetapi saya kepengen sedikit narsis maka ketemulah nama blog tersebut. I know my blog is really cool. You agree with me, don't you? Maka bertahanlah nama Kimi's Cool Blog bertahun-tahun sejak blog ini dibuat sampai kemarin.

Kemarin setelah saya kembali mengganti tema blog (kali ini saya suka dengan tema yang dipakai dan sudah merasa cocok), saya memutuskan untuk mengganti nama blog saya yang keren ini. Awalnya saya tidak tahu mau pakai nama apa. Saya sudah bilang kan kalau saya ini orangnya tidak kreatif dan miskin ide? Tiba-tiba saya teringat sesuatu. Tanpa pikir panjang, tanpa harus bertapa selama berhari-hari, saya memilih Kimi's Akademos untuk menggantikan nama Kimi's Cool Blog.

Tidak seperti sebelumnya di mana Kimi's Cool Blog merupakan hasil dari otak saya yang malas berpikir, Kimi's Akademos adalah hasil dari otak saya yang akhirnya punya sedikit ide. Idenya datang dari kampus saya. 

Di kampus saya ada tempat yang dinamakan Taman Akademos. Tempatnya di tengah-tengah kampus. Taman ini merupakan tempat kami, para warga kampus, kumpul-kumpul.


Taman Akademos
gambar dari sini


Alkisah (dari Wikipedia ini riwayatnya) Akademos adalah seorang pahlawan dari Attica dalam mitologi Yunani Kuno. Dia mendapatkan gelar pahlawan setelah berhasil menyelamatkan Athena dari ancaman Castor dan Pollux yang akan memorak-porandakan kota tersebut jika tidak memberitahukan keberadaan saudara perempuan mereka, Helen (yang saat itu masih berusia 12 tahun), yang diculik oleh Raja Theseus. Akademos menyelamatkan Athena dengan memberitahu Castor dan Pollux di mana keberadaan Helen. Atas jasanya tersebut Akademos mendapatkan kehormatan sebagai penyelamat kota. Athena pun selamat dari ancaman kehancuran. Akademos juga mendapatkan jaminan bahwa kapan pun orang-orang Lacedaemonians menyerang Attica, mereka tidak akan mengganggu tanah dan properti milik Akademos. Di tanah ini lah Akademos dikubur dan diberi nama sesuai dengan nama pemiliknya. Di tempat ini juga Plato memberikan kuliahnya kepada murid-muridnya. Aristoteles juga pernah belajar di sini, FYI. 

Berhubung saya selalu kangen dengan kampus saya dan Akademos merupakan tempat Plato mendirikan sekolahnya, saya rasa Kimi's Akademos adalah nama yang tepat untuk blog ini. Saya berharap semoga Kimi's Akademos akan selalu menjadi ruang atau tempat untuk saya belajar terus-menerus sepanjang hayat masih dikandung badan. Kimi's Akademos juga adalah sebuah pengingat agar saya jangan pernah berhenti belajar. Belajar tentang apa saja, belajar kepada siapa saja, dan belajar di mana saja.

4 comments:

  1. Wih template nya berbunga2 sekarang..

    Dan saya kira tadinya semacam film animasi, atau semacam akademisi. Ternyata hikayat masa lampau.. ya ya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hikayat masa lampau dan karena makna akademos itu sendiri yang merupakan tempat Plato memberi kuliah ke murid-muridnya. :D

      Delete
  2. Wah, ternyata akdemos itu pahlawan yah?

    Hmmm... apakah blog ini akan jadi pahlawan dalam hatiku?
    Kita ;ohat episode berikutnya pemirsah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah berlangganan blog ini, Mas? Jangan sampai kelewatan tiap kali blog ini update ya. Siapa tahu blog ini bisa jadi pahlawan untuk masnya. Haha.

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;