Earworm #8

Setelah cukup lama sejak tulisan terakhir dari label Earworm, kali ini saya mau kembali berbagi beberapa lagu yang kerap saya dengar sejak awal tahun. Berikut lagu-lagunya.

1. Beach House - Space Song




Kalau tidak salah ingat, pertama dengar lagu ini dari serial Wednesday yang tayang di Netflix. Buat saya, lagunya enak didengar meski genrenya terasa asing. Menurut laman Beach House di Wikipedia, musik Beach House bergenre dream pop, indie pop, dan shoegaze. 

Menurut situs Song Facts, lagu ini tentang dialog Victoria Legrand, vokalis utama Beach House, dengan dirinya sendiri di saat ia putus cinta. Legrand merefleksikan rasa sakit yang ia rasakan, kenaifannya dalam memandang sebuah hubungan yang ideal itu seperti apa. 


2. Marshmello x Jonas Brothers - Leave Before You Love Me 




Kalau dari liriknya lagu sih, interpretasi saya lagu ini tentang cinta satu malam saja atau belum mau terikat dengan satu hubungan yang serius. 

Dancing on the edge, 'bout to take it too far
It's messing with my head, how I mess with your heart
If you wake up in your bed, alone in the dark
I'm sorry, gotta leave before you love me

Paling kentara di verse dua-nya. 

I'm so good at knowing
Of when to leave the party behind
Don't care if they notice, yeah, yeah, no
I'll just catch a ride
I'd rather be lonely, yeah
Than wrapped around your body too tight
Yeah, I'm the type to get naked
Won't give my heart up for breaking
'Cause I'm too gone to be stayin', staying' (dancing on)

Saya suka lagu ini karena musiknya enak didengar dan liriknya terasa jujur. To the point banget. Selain perkara jujur itu, saya tetap menangkap suasana sedih di lagu ini. Orang yang diceritakan dalam lagu ini merasa bersalah dan tidak enak hati karena tidak bisa memberikan hatinya untuk menjalin hubungan. 

3. Reality Club - Anything You Want




Saya lupa dari mana saya pertama kali mendengar lagu ini. Apakah dari Spotify atau darimana? Entahlah. Namun, itu tidak penting. Karena saya langsung jatuh cinta dengan lagu ini sejak pertama mendengarnya. 

Liriknya dikembangkan dari puisi. Tentang cerita cinta yang baru saja dimulai, tapi sudah menyimpan begitu banyak janji, lonjakan emosi, dan juga harapan. Fathia Izzati, vokalis sekaligus yang menulis lagu ini, mengakui kalau lagu ini terinspirasi dari lagu "Cornerstone" karya Arctic Monkeys. (sumber)

4. Neel Adhikari, Karsh Kale, & Karshni Nair - The Same




Lagu ini merupakan salah satu soundtrack dari serial Modern Love: Mumbai yang sudah Mata Mata Kata reviu. Lagunya langsung menarik hati saya karena, selain liriknya yang berbahasa Inggris, musiknya juga enak didengar. 

Karena saya bukan pendengar atau penggemar musik India, lagu "The Same" ini cukup membuat saya terkejut. Selama ini saya tahunya lagu-lagu India ya dari film Bollywood. Jadi, mendengarkan "The Same" seperti mendengarkan lagu indie dan modern ala Amerika. Apalagi kalau mendengarkan dengan seksama suara Karshni Nair, penyanyi perempuan di lagu ini. Suaranya tuh modern dan kontemporer. Seperti suara penyanyi-penyanyi muda sekarang yang sering kali saya dengar di Spotify atau kontestan ajang pencarian bakat macam di The Voice atau American Idol.

5. OneRepublic - I Ain't Worried




Alasan suka sama lagu ini? Apa lagi kalau bukan karena adegan berikut:




Lagu dari OneRepublic terasa pas banget untuk adegan di pantai di Top Gun: Maverick (2022). Visual indah, lagu pas, sudah lah apalagi yang kurang? 

Jadi, itulah lima lagu earworm saya belakangan ini. Kalau kalian, sedang rajin mendengarkan lagu apa nih? 

No comments

Saya akan senang sekali jika kalian meninggalkan komentar, tetapi jangan anonim ya. Komentar dari anonim—juga komentar yang menggunakan kata-kata kasar, menyinggung SARA, dan spam—akan saya hapus. Terima kasih sebelumnya.