Friday, April 3, 2020

Moral Licensing

Bayangkan skenario ini: Suatu hari kalian berencana ingin pergi ke taman kota. Sesampainya di sana ternyata sedang ada acara bersih-bersih taman. Bagi yang mau bantu-bantu dipersilakan daftar di booth yang tersedia dan ada upah capek bagi yang sudah membantu. Kalian pun berminat dan mendaftar.

Bersih-bersih beres, kalian pun duduk-duduk beristirahat di tenda khusus. Uang lelah sudah kalian terima. Di tenda itu disediakan air minum botol, baik air putih, teh, coke, dan minuman ringan lainnya. Sedang asyik kalian beristirahat, tiba-tiba pengemis lewat. Pengemis tersebut dengan memelas berkata, "Bapak/Ibu/Mas/Mbak, permisi... Boleh minta sedekahnya? Saya belum makan dari kemarin. Saya lapar sekali. Boleh ya?" Pertanyaannya, apakah kalian akan memberi sedekah ke pengemis tersebut?

Barangkali sebagian besar dari kalian menjawab akan memberi uang ke si pengemis. Tentu saja kalian akan memberi uang kan kalian baru saja menerima uang lelah dari panitia bersih-bersih. Iya, 'kan?
Share:

Wednesday, April 1, 2020

Sunday, March 29, 2020

Perbedaan Psikopat dan Sosiopat

Sejak saya menulis ringkasan buku The Psychopath Test oleh Jon Ronson bertahun-tahun yang lalu, entah bagaimana ceritanya saya menganggap psychopath (psikopat) dan sociopath (sosiopat) adalah hal yang sama. Mungkin saya pernah membaca di suatu tempat yang bilang, "Psychopath and sociopath are similar things. You can use the terms interchangeably." Dan itu tertanam di otak saya.

Sampai akhirnya teman saya bilang psikopat dan sosiopat adalah dua hal yang berbeda. Eh, masa' sih? Ego saya sebagai mantan mahasiswa Psikologi terusik. Segera saya mencari tahu. Saya baca beberapa artikel dan nonton salah satu video di YouTube. Ternyata teman saya tersebut benar. Well, semoga dosen saya tidak malu telah mendidik saya. Ha, ha.

Dari hasil baca di sana-sini, saya jadi tahu bahwasanya para psikolog dan psikiater tidak mendiagnosis seseorang dengan psikopat atau sosiopat, melainkan dengan antisocial personality disorder atau gangguan kepribadian antisosial sesuai dengan yang termaktub di Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) karena keduanya berada di bawah antisocial personality disorder.

Keduanya memang memiliki traits yang serupa, seperti memiliki kesulitan membedakan hal yang baik dan buruk, senang berbohong dan menipu orang lain, dan cenderung untuk menunjukkan perilaku agresif. Mereka juga tidak bisa memahami perasaan orang lain. Namun, mereka memiliki beberapa perbedaan.

Share:

Tuesday, March 24, 2020

Series I Watched in Netflix #1

I have told you here that I finally signed up for Netflix. Henry Cavill was really the main reason why I decided to install the app on my phone and subscribed to it. I very well aware that I couldn't watch The Witcher through illegal streaming service anymore, so yeah whatever it took I'd do it for my beloved Henry Cavill.


the picture was from here


Ever since that, The Witcher isn't the only series I watched on Netflix. I cannot say that I watch many series either from the leading streaming service. I have watched a few series there. So, this post is just some kinda a note to myself all series that I have watched on Netflix.
Share:

Monday, March 23, 2020

Review Bookmate

Saya sudah pernah menulis review Gramedia Digital Premium sebelumnya dan sekarang mari kita bahas subscription based e-book service lainnya, yaitu Bookmate.


"Don't give a book. Give a library."
- Bookmate -
gambar dari sini


Kali pertama saya tahu tentang Bookmate setelah membaca tulisan Ayu di sini. Saya pernah mencoba free trial untuk langganan premiumnya, tetapi tidak saya perpanjang. Alasannya waktu itu saya sedang sibuk dengan buku-buku yang lain. Semacam sayang kan seandainya saya tetap berlangganan, tetapi tidak saya baca.

Nah, bulan lalu saya kembali membuka Bookmate dan tertarik untuk berlangganan setelah melihat biayanya yang cukup murah, hanya Rp49ribu/bulan. Dengan bayar segitu kita bisa baca e-book dan komik, juga dengar audio book sepuasnya.

Seperti Gramedia Digital, Bookmate pun memiliki kesan positif dan negatifnya. Mari kita bahas satu per satu apa saja kesan-kesannya tersebut.

Share: