Saturday, November 18, 2017

# perawatan diri # skin care

Cerita Tentang Body Care

Kalau di tulisan sebelumnya saya bercerita tentang perawatan bibir, maka tulisan kali ini saya ingin membahas tentang perawatan badan. 

Sewaktu saya kecil dulu, bahkan sampai kuliah mungkin, kaki saya jelek banget. Maksud saya, dulu kaki saya budukan. Saya tidak tahu bahasa Indonesia-nya yang tepat apa. Intinya badan saya ini, terutama di daerah kaki, kalau digigit nyamuk, atau ada koreng, maka bekasnya lama sekali hilang. Berhubung dulu saya sering banget digigit nyamuk, alhasil kaki saya banyak banget bekasnya.

Anehnya, dulu saya cuek-cuek saja. Maklum ya namanya anak kecil. Belum pusing dengan perawatan ini itu. Masa bodoh deh dulu itu mah. Ketika remaja, saya sudah kenal dengan yang namanya body scrub dan body lotion. Tidak ada harapan apa-apa sebenarnya ketika mulai pakai keduanya. Hanya biar pakai saja. Saya kan korban iklan. Ehe.

Rupanya, tanpa saya sadari ketika saya mulai rutin pakai body scrub dan body lotion, saya baru ngeh bertahun-tahun kemudian (pokoknya lama banget saya baru sadar) kok kaki saya nggak budukan lagi ya?! Kok kaki saya nggak separah waktu kecil dulu ya?! Bekas gigitan nyamuk dan koreng kok sudah pada hilang dan sekarang jadi lebih halus juga mulus? Apakah ini berkat pemakaian rutin body scrub dan body lotion? Bisa jadi.

Jadi, sekarang saya mau cerita beberapa merk body scrub dan body lotion yang sudah pernah saya coba selama ini, yang saya ingat saja ya.

Body Scrub

Seumur-umur saya kenal body scrub baru tiga merk yang pernah saya coba. Habisnya bagaimana ya... Dulu saya tidak terlalu berpetualang dalam urusan body care. Kulit badan saya tidak terlalu bermasalah dan tidak terlalu rewel. Pakai merk apa saja tidak protes. Jadinya ya saya pakai terus merek yang sama sampai saya bosan atau harganya kelewat mahal baru deh berpaling ke merk lain.

1. Body Scrub The Body Shop

Saya lupa saya pernah coba varian yang mana. Soalnya saya belinya waktu saya kuliah dulu dan saya tidak pernah lagi beli body scrub dari TBS. Simpel, harganya mahal. Dipikir-pikir saya sombong juga ya dulu... Masih kuliah sudah sok-sokan pakai TBS. Sekarang mah mikir ribuan kali kalau mau beli TBS.

2. Body Scrub Mustika Ratu


gambar dari Mustika Ratu


Saya sudah coba semua variannya: zaitun, papaya, coffee, rose, jasmine, tuberose, dan lily. In fact, cukup lama saya jadi pengguna setia body scrub dan body butter Mustika Ratu. Bertahun-tahun saya pakai produknya (dari jaman kuliah sampai terakhir pakai sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu) dan tidak lirik kanan-kiri. Sayangnya, ketika harganya makin lama makin melambung tinggi untuk ukuran 200 gr, saya jadi realistis mencari alternatif penggantinya.

Memang setiap habis pakai body scrub-nya itu kulit kelembapannya terjaga banget. Wanginya juga enak-enak, kecuali tuberose dan lily. Minusnya, butuh air banyak banget untuk membilas tubuh sampai benar-benar bersih dari sisa-sisa butiran scrub dan dari rasa lengket. Kan sayang air bo'... Untuk harganya di kisaran Rp 40ribuan lebih. Kalau cek di Shopee, ada yang di bawah Rp 40ribu sih. Pintar-pintar kalian saja cari lapak yang jual murah kalau begitu.

3. Purbasari Lulur Mandi


gambar dari Tokopedia


Pertama coba Purbasari Body Scrub sewaktu SMA. Dulu belum rutin pakainya. Kadang ingat, kadang lupa. Seringnya sih lupa dan tidak beli lagi. Sekarang saya kembali lagi ke Purbasari karena saya butuh pengganti dari body scrub Mustika Ratu.

Harganya sudah jelas murah meriah. Belasan ribu saja. Saya sudah coba varian bengkoang double whitening, green tea whitening + vitamin E, mutiara whitening + vitamin E. Sekarang saya sedang pakai Purbasari Lulur Mandi SPA Aromatheraphy Relaxing (gambar di atas).

Kesan setelah pemakaian tentu saja badan jadi terasa lebih bersih. Kulit juga jadi lebih lembut dan halus. Jadi lebih berseri-seri juga. Halah. Butiran scrubnya lembut banget dan wanginya juga enak. Isinya 250 gr. Harganya sedikit lebih mahal ketimbang Purbasari Lulur Mandi yang biasa, tapi masih masuk kategori murah meriah muntah.

Oh iya, meski katanya Purbasari Lulur Mandi ini dapat dipakai setiap mandi sebagai pengganti sabun, tetapi saya pakainya dua kali seminggu saja setiap akhir pekan. Malas banget deh ih kalau setiap mandi harus luluran. Mandinya mau berapa lama coba?

Body Butter/Body Lotion

Saya bersyukur sekali punya kulit badan yang tidak rewel. Tidak seperti kulit wajah yang permasalahannya banyak betul dan banyak mau. Alhamdulillah kulit badan mau dipakaikan apa saja cocok semua. Tidak masalah kalau saya mau gonta-ganti lotion. Jadi, saya berani untuk lebih adventurous dalam mencoba body lotion berbagai merek, berbeda dengan body scrub yang saya masih rada malas untuk coba ini itu. 

1. Body Butter The Body Shop

Sama seperti body scrubnya, saya juga lupa pakai varian yang mana. Belinya waktu itu barengan. Eh kayaknya, kalau tidak salah ingat, saya juga pernah pakai yang olive. 

2. Body Butter Mustika Ratu

Saya sudah coba semua variannya. Maklum, saya kan dulu pengguna setia body care Mustika Ratu. Berhubung namanya body butter ya pasti lengket banget dan meresapnya lama. Tapi, kelembapannya terjaga dan awet banget. Kulit pun niscaya jadi halus dan mulus.

Sebenarnya kulit saya tidak sekering itu yang sampai butuh body butter. Body lotion sudah cukup. Dulu saya mana paham. Sekarang saya sudah paham kok. Ehe.

Kalau bukan karena harganya yang makin lama makin sinting, barangkali saya akan tetap setia pakai body butter dari Mustika Ratu. Harganya sekarang di atas Rp 40ribu untuk ukuran 200 gr kalau lihat di online shop. Kalau di supermarket sini, harganya bisa lebih mahal lagi. 

3. Vaseline Lotion


gambar dari Vaseline


Setelah memutuskan untuk berhenti pakai body butter Mustika Ratu, maka saya pun mulai mencari-cari penggantinya. Pilihan pertama saya waktu itu jatuh ke Vaseline Lotion. Saya langsung beli yang ukuran besar (400 ml) karena dia ada pump-nya.

Varian dari Vaseline yang pernah saya coba: Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion, Vaseline Intensive Care Cocoa Radiant Lotion, dan Vaseline Healthy White Perfect 10 Lotion. Katanya sih mereka ini untuk kulit kering, tapi di saya cocok-cocok saja. Di antara ketiganya yang paling melembapkan si Cocoa Radiant. Dipakai malam hari, sampai besok pagi pas mandi badan masih berasa halus dan lembap. Wanginya juga enak banget.

Harganya berkisar antara Rp 40ribuan - Rp 50ribuan. Lebih murah kan ketimbang Mustika Ratu? Isinya banyak pula. Dan cocok di saya.

4. Citra Hand and Body Lotion


gambar dari Amazon


Setelah mencoba Vaseline, saya juga melirik Citra. Harganya lebih murah dari Vaseline (kisaran Rp 30ribuan), ada ukuran 400 ml dan ada pump juga, membuat saya tertarik untuk mencoba. Varian dari Citra yang pernah saya coba Citra Pearly White UV dan Citra Natural White UV. Sama-sama melembapkan, tetapi wanginya lumayan strong. Awal-awal saya sempat tidak tahan sama wanginya yang wangi banget, tetapi sekarang sudah cuek.

Sekarang ini saya sedang pakai Citra Pearly White UV.

5. St. Ives Body Lotion


gambar dari Watson


Jujur saja, saya belum mencoba St. Ives body lotion, tapi segera akan saya coba setelah Citra Pearly White UV saya habis. Saya sudah beli St. Ives Body Lotion Daily Hydrating Vit E Avocado dan St. Ives Body Lotion Nourish & Soothe Oatmeal & Shea Butter. Masing-masing saya beli satu item tentu saja. Saya beli di Shopee minggu lalu karena sedang diskon dari harga Rp 110.900 jadi harga Rp 85.200 ukuran 621 ml dan gratis ongkos kirim. Sebuah godaan yang tentu saja tidak saya lewatkan. Justifikasi dari saya sampai beli dua lotion begini? Untuk stok, Saudara-saudara. 

Nanti kalau sudah saya coba akan saya buat review-nya deh ya. InsyaAllah.

Itu dia berbagai produk body care yang pernah saya coba. Teman-teman juga boleh share lho body care apa saja yang pernah kalian pakai atau body care apa yang sekarang sedang kalian pakai atau yang jadi favorit kalian. Jangan lupa share ya di kolom komentar. 😀

6 comments:

  1. Wah banyak juga list produknya mbak. Saya yang udah nikah malah kalah. Sekarang malah lagi mulai kepo sama produk-produk skincare dan kosmetik. Btw, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, Mbak Zuzu. Semoga betah ya di sini dan sering-sering mampir. :)

      Delete
  2. aku juga pakai purbasari greentea, wanginya enak dan setelah pakai rasanya enak...lembut

    ReplyDelete
  3. Kalau kakinya bersisik, bagusnya discrub dulu, apa di lotion aja? Akubermasalah nih kakinya, tapal kudanya juga tebel.. hix.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu satu kesatuan dong scrub dan lotion... Habis pakai scrub, lanjut pakai lotion. Scrub juga kan buat mengangkat sel kulit mati. Cari scrub yang juga melembapkan dan gak bikin kulit makin kering.

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;