Sunday, April 1, 2018

# film

Film di Maret 2018

Berhubung Oscar diadakan di bulan Maret jadi khusus di bulan ini saya nonton film-film yang masuk nominasi Oscar tahun ini. Tentunya tidak cuma film Oscar, ada juga film lain. Mari kita langsung saja ke daftar film yang saya tonton selama satu bulan kemarin:

1. Moneyball (2011)

Manajer tim baseball Oakland Athletics, Billy Beane (Brad Pitt), dengan budget terbatas merekrut pemain-pemain yang selama ini dipandang sebelah mata. Dia merekrut Peter Brand (Jonah Hill) untuk menganalisa para pemain menggunakan statistik atau istilah kerennya sabermetrics. Hasilnya 20 kali kemenangan beruntun diraih Oakland Athletics. Mereka menciptakan sejarah dengan kemenangan tersebut.




Rating: 3 dari 5 - liked it

2. Hacksaw Ridge (2016)

Desmond Doss (Andrew Garfield) menolak mengangkat senjata karena alasan religius, namun dia ingin mengabdi pada negaranya. Ternyata tanpa senjata dia masih bisa mengabdi dan menyelamatkan rekan-rekannya di Perang Okinawa.




Rating: 4 dari 5 - really liked it

3. Lady Bird (2017)

Catherine "Lady Bird" McPherson (Saoirse Ronan) sedang memasuki masa-masa di mana remaja "senang" melawan orangtua, terutama ibunya. Hubungan keduanya tidak selalu mulus. Ribut sebentar, setelah itu nanti baikan lagi. Nanti ribut lagi, terus baikan lagi. Maklum lah, namanya juga menghadapi remaja yang sedang keras kepala dan merasa benar sendiri. We all have been there before, right? Right. Satu hal yang pasti, mau sesebal apapun Lady Bird dengan ibunya, dia akan selalu kembali ke ibunya kok.




Rating: 3 dari 5 - liked it

4. The Shape of Water (2017)

Kisah cinta antar dua spesies yang kesannya sungguh tidak masuk akal. Satu manusia dan satunya lagi monster atau makhluk air yang tidak jelas apa. Nontonnya jangan kebanyakan kritis ya. Nikmati saja. Karena toh film ini intinya kisah cinta yang tulus. Cukup bikin saya optimis. Bagaimana tidak, itu si Amphibi Man (Doug Jones) saja ada yang bisa jatuh cinta dan sayang banget sama dia. Seharusnya kita sebagai manusia tidak boleh patah arang dong.




Rating: 4 dari 5 - really liked it

5. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (2017)

Mildred (Frances McDormand) menyewa tiga buah billboard untuk menantang kepolisian yang hingga setahun lamanya belum menemukan pembunuh dan pemerkosa anaknya.




Rating: 5 dari 5 - it was awesome

6. The Post (2017)

Saya kira filmnya bakal seseru Spotlight. Ternyata yah begitu doang.



Rating: 2 dari 5 - it was okay

7. Black Panther (2018)

To be honest, filmnya membosankan. Kalau bukan karena bantuan teknologi yang super canggih dan Martin Freeman, film ini kayaknya nggak ada nilai lebihnya. Rada menyesal juga nonton filmnya di bioskop. Sayang duit tiketnya, men.




Rating: 3 dari 5 - liked it

8. Call Me By Your Name (2017)

Kisah cinta pertama Elio (Timothée Chalamet) adalah Oliver (Armie Hammer). Bukan penggemar film atau novel dengan cerita kisah cinta sejenis, tapi ya filmnya ini not bad lah. Saya salut dengan orangtua Elio yang berpikiran terbuka dan mau menerima apapun kondisi anaknya. Lumayan juga bisa lihat badan Armie yang gagah dan sering diumbar-umbar sepanjang film. Hihi.




Rating: 3 dari 5 - liked it

9. Get Out (2017)

Saya baru tahu ternyata film thriller atau horor bisa masuk jadi nominasi film terbaik Piala Oscar. Get Out ini buktinya. Lumayan tegang nontonnya, meski kalau dipikir-pikir ya tidak masuk akal banget sih ceritanya. Tapi, sudahlah saya tidak mau banyak protes. Nikmati saja. Isu yang diangkat isu sensitif, yaitu rasisme di Amriki sono.




Rating: 3 dari 5 - liked it

10. Train to Busan (2016)

Virus zombie mewabah di Korea Selatan. Para penumpang kereta dari Seoul ke Busan harus berjuang untuk menyelamatkan nyawa. Filmnya kurang seru buat saya. Ya bisa jadi karena saya bukan peminat film zombie macam begini sih. Mau dibilang filmnya sedih, ya lumayan bikin sedih, tapi nggak yang sampai bikin saya menangis bombay gitu. Hiburan utama jelas dong karena ada Gong Yoo. 💓




Rating: 3 dari 5 - liked it

11. The Florida Project (2017)

Filmnya membosankan. Saya mencoba untuk menonton sampai habis, tapi tidak sanggup. Jadi saya tinggal saja di setengah jam terakhir. Tanggung sih, tapi ya sudahlah. Pesan moral yang ingin disampaikan film ini adalah jadi orangtua jangan kelewat permisif. Punya anak bandel sampai bakar gedung itu ya menjengkelkan dan lebih menjengkelkan melihat orangtuanya selalu membela si anak.




Rating: 2 dari 5 - it was okay

12. Phantom Thread (2017)

Kisah cinta yang aneh antara Reynolds (Daniel Day-Lewis) dan Alma (Vicky Krieps). Kenapa saya bilang aneh? Reynolds yang selalu ingin terlihat kuat, tidak memberikan kesempatan kepada Alma untuk mendekat. Reynold mengijinkan Alma untuk melihat sisinya yang rapuh hanya ketika dia sedang sakit. Sementara Alma yang kepengen banget menunjukkan rasa sayangnya ke Reynolds, tega meracuni Reynold dengan jamur beracun agar dia sakit, dan diizinkan pula oleh Reynolds. Weird, tapi itu yang bikin keren.




Rating: 5 dari 5 - it was amazing

13. Talak 3 (2016)

Bagas (Vino G. Bastian) menceraikan Risa (Laudya Cynthia Bella) langsung talak tiga. Hal itu berarti kalau mereka ingin rujuk, Risa harus terlebih dahulu menikah dengan orang lain dan cerai dengan orang tersebut. Mereka berdua sudah kelimpungan mencari seseorang yang mau diajak kerja sama untuk menikahi Risa dan kemudian menceraikannya. Akhirnya mereka berdua minta tolong ke Bimo (Reza Rahadian), yang ternyata diam-diam mencintai Risa sejak SMP.

Menurut saya filmnya lucu. Dodit di sini bikin filmnya jadi makin lucu dengan tampangnya yang lempeng itu. Dan saya melihat akting Bella yang semakin matang. Ha, ha, sotoy beudh sih gua.




Rating: 3 dari 5 - liked it

Itulah tiga belas film yang saya tonton di bulan Maret kemarin. Bulan April ini saya nonton film apa ya? Kalian ada yang mau menyumbangkan rekomendasi?

4 comments:

  1. Nomer 2, 4, dan 5 kayaknya menarik nih. Nanti aku cari ah. Aku suka bahasan-bahasan film kamu, singkat, tepat, padat. Terus berkarya ya

    ReplyDelete
  2. Dari beberapa film tersebut yang pernah saya nonton itu Hacksaw Ridge (2016), Black Panther dan The Shape of Water.
    Nanti coba mau nonton lainnya ah, kayaknya masih banyak yang menarik untuk ditonton :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semua film di tulisan ini ditonton! Hihi.

      Delete

Please, say something. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;