Friday, February 5, 2021

5 Februari 2021. Selamat Ulang Tahun, Kimi.

Halo, 5 Februari. Kita berjumpa lagi. Alhamdulillah saya masih dikasih umur untuk bertemu dengan tanggal 5 Februari tahun ini.




Sengaja tadi malam saya menunggu pukul 12 tepat untuk mengucapkan selamat ulang tahun untuk diri sendiri. Doa-doa saya panjatkan. Saya tidak meminta banyak kepada Tuhan. Hanya berharap saya tetap sehat, bisa selamat tahun 2021, tetap bahagia, dan tetap dalam lindungan Tuhan. Tidak lupa juga semoga urusan rejeki dan asmara lancar. Mwahaha, teteup ye.

Tahun ini adalah tahun pertama di mana saya berulang tahun tidak punya orangtua. Gosh, it was hard. Really. Terkadang saya masih sulit menerima. Bolehlah kalau kalian bilang saya belum ikhlas. Masih sering muncul pikiran saya marah ke Tuhan. Saya meminta orangtua saya kembali. I want my mom back. I want my father back. Please, bring them back home to me. There, I've said it.

Wajah ibu saya masih selalu terbayang. Suaranya masih terngiang. Dan, ayah saya. Saya ingin ayah saya berada di sini sekarang.

Dan ketika saya berada di kondisi yang tidak begitu baik, saya berpikir buat apa lagi hidup. Saya kehilangan minat pada semuanya, terutama pada hidup. Saya sudah tidak punya orangtua. Dan semuanya terasa tidak menarik lagi. So, what's the point of living anyway? Saya mati pun sepertinya tidak ada yang kehilangan saya. Yeah, I've got nothing to lose also. I already lost everything.

Ngomong-ngomong, apakah kalian mengikuti serial WandaVision di Disney+ Hotstar? Baru saja saya selesai nonton episode 5 dan saya ingin menangis sehabis nonton tadi. I can relate myself to Wanda Maximoff.

Saya merasakan kepedihan Wanda. Kehilangan orang yang sangat kita cintai itu rasanya sangat menyakitkan. Kita tidak tahu kapan kepedihan ini bisa hilang. Kita juga tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengobati rasa pedih tersebut. Tidak ada standar baku yang pasti karena proses grieving yang harus dilalui setiap orang itu berbeda-beda.

Di serial tersebut, untuk mengobati kepedihannya, Wanda membuat realitas baru, an alternate reality, bahwasanya Vision masih hidup. Bahwa mereka menikah, punya anak kembar, dan hidup tenang di pinggiran kota. Tidak perlu memusingkan soal Avengers atau harus membasmi penjahat dengan kekuatan super. Wanda bahagia dengan keluarga kecilnya. 

Saya ingin seperti Wanda. Saya ingin membuat sebuah realitas di mana kedua orangtua saya masih hidup. Saya bisa video call mereka kapanpun saya mau. Saya bisa mendengarkan suara mereka dan melihat wajah mereka. Saya juga bisa pulang dan mendapati mereka berada di rumah. Ayah saya memakai sarung dan membaca koran di kasurnya, sementara ibu saya merawat tanamannya. Sayang sekali, saya tidak punya kekuatan Wanda.

Ulang tahun kali ini, sejauh ini, barangkali ulang tahun tergelap yang pernah saya lalui. Sudah sejak lama saya tidak punya antusiasme menyambut ulang tahun, tetapi tahun ini saya semakin tidak antusias. Meski begitu, saya tetap berusaha menghibur diri sendiri. Saya menghadiahi diri saya sebuah Almond Fudgy Brownies berukuran 22x10 cm dari Breena Cake and Cookies, dengan kartu ucapan di dalamnya yang tertulis: Happy birthday to us! Stay healthy, stay happy, stay gorgeous! 💖

Jadi, sekali lagi. Happy birthday, Kimi. This too shall pass. Just hang in there.
Share:

8 comments:

  1. Selamat ulang tahun, Kimi!
    My deepest condolences for your loss.. Please stay strong.

    ReplyDelete
  2. selamat ulang tahun, kim
    semoga tetap sehat

    ReplyDelete
  3. Kimi,

    Pertama turut berduka cita ya.
    I feel really bad for not visiting your blog for such a long time.
    I am so sorry, I hope I have more time to visit my best friend's blog.

    Saat baca cerita tentang mama yang passed away tanggal 23 November, aku juga perlu bercerita bahwa Ibuku pulang ke haribaanNya pada tanggal 23 September.

    So mamamu pulang satu bulan setelah ibuku pulang. Can we have a virtual hug?

    Kedua, selamat ulang tahun yang telat ya....

    Ternyata kita punya bintang sama. Kimi tanggal 5, aku tanggal 9, jadi masih di bawah naungan bintang yang sama, kan?

    Semoga kamu senantiasa sehat, sukses, bahagia, apa pun arti dari dua kata yang terakhir itu untukmu.

    PS: please send me a message, comment, DM, or whatever if you need a pair of ears to listen. Hopefully I can be there hehe. Peace!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mas Dewanto. Tidak apa-apa kalau Mas Dewanto baru tahu sekarang. Aku pun baru tahu kalau ibunya Mas sudah tidak ada lagi. Turut berduka cita ya, Mas. Insya Allah beliau di sana tenang dan bahagia. I'm sending you a virtual hug. *hugs*

      Wah, selamat ulang tahun juga, Mas! Aku senang ternyata sahabat Aquarians-ku semakin banyak. Ha, ha.

      Aku doakan juga hal yang sama untuk Mas Dewanto. Semoga hidupmu dan keluarga selalu dilimpahi keberkahan. Amin, amin.

      Delete

Please, say something. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;