Tuesday, February 16, 2021

Mencoba YouTube Premium

Saya senang nonton kanal Dodo di YouTube. Melihat anjing dan kucing lucu-lucu di sana merupakan hiburan buat saya. Memang Dodo merupakan salah satu kanal favorit saya yang ada di YouTube. Saya bisa menghabiskan waktu barang satu - dua jam hanya untuk menonton tingkah polah hewan imut dan menggemaskan tersebut. Biasanya saya nonton sambil rebahan di kasur empuk saya di kosan.

Penggemar: Kasur empuknya harus diperjelas banget ya, Kim?

Oh iya, dong. Harus itu. 

Well, anyway, semakin ke sini saya semakin kesal dengan iklan yang ada di YouTube. Iklannya sudah invasif banget. Dan masif. Kenikmatan saya nonton Dodo jadi berkurang karena saya harus skip iklan terus. Atau, kalau durasi iklannya di bawah sepuluh detik dengan terpaksa harus ditonton sampai habis.

Lama-lama saya jadi emosi. Saya sudah tidak terbiasa lagi nonton pakai iklan. Saya rela deh kalau disuruh sama Google buat bayar asalkan saya terbebas dari iklan. Tidak apa-apa saya bayar tiap bulan untuk menikmati YouTube Premium. Eh, tapi, tunggu dulu. Biaya berlangganannya berapa ya?

Biaya Berlangganan

Ada beberapa paket berlangganan YouTube Premium:
1. Paket Personal, biayanya Rp59.000 per bulan.
2. Paket Family, biayanya Rp89.000 per bulan (bisa digunakan sampai enam orang).
3. Paket Student, biayanya Rp34.990 per bulan (setiap tahun harus selalu update data untuk bukti masih sebagai siswa).

Harga berlangganan YouTube Premium paket Personal ternyata masih murah. Kalau mau maksimal murahnya, tentu saja manfaatkan paket Family. Rp89.000 per bulan bisa dipakai enam orang (satu Family manager + lima orang anggota Family). Kalau dibagi berenam, jadinya masing-masing bayar berapa coba? Yup, cuma Rp15.000! Kalau ada biaya pajak atau biaya lainnya, ya tinggal ditambahkan saja. 

Sifat irit saya langsung keluar. Saya ajak teman-teman saya buat patungan YouTube Family. 

Penggemar: Tunggu dulu, Kim. Ini kan YouTube Family, yang jadi anggota, boleh siapa saja, begitu? Tidak harus anggota keluarga yang satu KK? Terus, dengan berlangganan YouTube Family ini apakah history kita bisa ketahuan dengan anggota yang lain?

Tidak harus, wahai Para Penggemarku. Ternyata, siapa saja bisa jadi anggota dari Family yang kita buat di Google asalkan masih tinggal di satu negara. Hanya saja, memang ada syarat-syaratnya untuk menjadi anggota dari suatu Family. Dan, tenang saja, history kita nonton YouTube aman kok. Baik manager maupun anggota Family tidak akan bisa mengecek history satu sama lain. 


gambar dari sini


Persyaratan Gabung ke Sebuah Family 



gambar dari sini
klik gambar untuk memperbesar


Jadi, untuk gabung ke sebuah Family, kita:
1. Menggunakan akun Google personal. Kita tidak bisa menggunakan akun Google dari kantor, sekolah, atau organisasi lain. Kita tidak bisa juga menggunakan akun G Suite.
2. Tinggal di negara yang sama dengan Family Manager.
3. Bukan anggota dari Family yang lain.
4. Tidak baru berhenti jadi anggota dari Family lain. Maksudnya, kalau sebelumnya kita adalah anggota dari Family A (misalnya), kemudian kita keluar dan ingin bergabung ke Family B (misalnya), nah kita tidak bisa bergabung ke Family B tersebut kalau belum dua belas bulan dari tanggal keluar dari Family A. 
5. Belum membeli layanan Google One. Nanti kalau sudah gabung ke Family, baru bisa membeli layanan dari Google One.

Manfaat YouTube Premium

Ini adalah manfaat berlangganan YouTube Premium:
1. Tentu saja bebas iklan. Kita bisa nonton di YouTube dengan tenang tanpa harus terganggu dengan intrusi iklan yang tiba-tiba.
2. Bisa background play jika nonton di ponsel.
3. Bisa mengunduh dan nonton video secara offline
4. Bisa menikmati YouTube Music yang juga bebas iklan, musiknya bisa diunduh dan dinikmati secara offline, dan bisa background play juga.

Sebenarnya Google juga menyediakan paket berlangganan YouTube Music dengan harga Rp10.000 lebih murah ketimbang YouTube Premium. Daripada teman-teman cuma berlangganan YouTube Music, mending langsung berlangganan YouTube Premium saja. Hanya dengan menambah Rp10.000, teman-teman sudah dapat YouTube Premium dan Youtube Music. Murah banget kan?

By the way, buat kalian pengguna Google Play Music, ini adalah saatnya beralih ke YouTube Music karena kalau tidak salah, Google Play Music mau dihentikan pelayanannya dan digabungkan ke YouTube Music.

Oh iya, asyiknya nih ya kalau kita belum pernah menggunakan YouTube Premium sebelumnya, maka ada free trial selama satu bulan. Ya sudahlah, tunggu apa lagi ini mah. Sudah dapat sebulan gratis, terus biaya berlangganannya murah pula. Lanjutkan, Kim! Hajar!

Maka sejak hari Rabu tanggal 10 Februari 2021, kami -- saya, satu orang keponakan, dan empat orang teman -- membentuk Family baru di Google dan kami mulai berlangganan YouTube Premium. Sejauh ini kami sangat puas dengan YouTube Premium. 

Apakah teman-teman berlangganan YouTube Premium juga?
Share:

2 comments:

  1. sayangnya akun Google-ku sudah jadi akun Google Jerman karena ada aplikasi yang hanya tersedia di Google Jerman. dan untuk biaya Youtube Premiumnya, mak pleguk.. mending rela nonton iklan.. ��

    ReplyDelete

Saya sangat menantikan komentar dari kalian. Asal jangan spam, jangan anonim, dan tetap sopan ya. Mari kita menghargai satu sama lain. Terima kasih.