Sweet Home Alabama

Dari seorang teman Plurk saya baru tahu ada istilah dark joke Sweet Home Alabama yang artinya hubungan inses. Saya sempat bingung sendiri karena Sweet Home Alabama yang saya tahu adalah judul film yang dibintangi oleh Reese Witherspoon dan Josh Lucas, juga judul lagu soundtrack dari film tersebut. Lagu Sweet Home Alabama sebagai soundtrack untuk film tersebut dinyanyikan oleh Jewel feat. Sheryl Crow. Penyanyi aslinya adalah Lynyrd Skynyrd. 

Seingat saya, film Sweet Home Alabama itu tidak ada cerita insesnya deh, tapi entah ya kalau ingatan saya menipu. Sepertinya saya harus menonton ulang untuk memastikan ingatan saya benar atau tidak. Lagunya juga kalau diperhatikan tidak ada lirik yang menyinggung perihal inses. Sejujurnya, saya tidak terima film favorit dan lagu favorit saya dijadikan becandaan inses begitu. Tapi, yah, daripada saya misuh-misuh tantrum tidak jelas, lebih baik saya mencari tahu toh ada apa sebenarnya antara inses dan Sweet Home Alabama? 

Dari hasil penelusuran saya di internet, lagu Sweet Home Alabama dibuat oleh Lynyrd Skynyrd sebagai jawaban atau kritikan terhadap lagu Neil Young berjudul Southern Man dan Alabama. Young membuat dua lagu tersebut sebagai ungkapan kekecewaannya terhadap rasisme yang terjadi di daerah selatan AS. Artikel lengkapnya bisa teman-teman baca di sini

Dari hasil penelusuran saya berikutnya, saya baru tahu kalau di TikTok sempat ramai challenge Sweet Home Alabama. Ya mohon maaf karena saya baru tahu. Soalnya, saya tidak main TikTok. Saya masih bingung juga sebenarnya itu tantangan apaan. Kalau dari penjelasan situs ini begini: 

If you’re wondering how to make a video on this, it’s really not that hard. You could set up a challenge with your siblings that could involve hugging, kissing, touching, or just simply sneaking on to them, that is all that’s needed actually. 

Saya belum lihat video tantangan inses tersebut dan saya tidak tertarik untuk melihatnya. Membayangkannya saja saya sudah... Ewww... Gross. 🤮

Lalu, apa hubungannya dengan becandaan inses dan Sweet Home Alabama? Saya sampai googling lho apa betul di Alabama memperbolehkan hubungan inses karena kok bisa Alabama mendapat stigma negatif tersebut. Dari laman Wikipedia yang saya baca sih bilangnya melarang. Kemudian, saya menemukan postingan di Reddit yang menjawab pertanyaan ini. Saya kutipkan di sini jawabannya ya. 

ThatsSantasJam answered:

It's a regional stereotype about the American South in general.

In the early 1900's a lot of Southerners were quite poor and were more likely to live in isolated rural communities in comparison to some other parts of the country. Many were also relatively uneducated, as the majority of jobs were unskilled agricultural and manufacturing work. This led to a stereotype of White Southerners as ignorant, uncultured rubes who practiced incest because they never left their small, rural communities.

I think the stereotype focuses on Alabama for two reasons: First, Alabama was the site of a lot of anti-Civil Rights violence in the Fifties and Sixties. The "incest" stereotype became a way to mock those seen as behind the times on social change in what is still a very socially conservative area. Second, the Lynyrd Skynyrd song "Sweet Home Alabama," which was written as a song in defiance of criticism of Southern culture (specifically the Neil Young song "Southern Man") is well known and mentions the state in the title.

Jawaban dari ThatsSantasJam tersebut sudah cukup menjelaskan. So, I rest my case. Rasa penasaran pun terjawab sudah. 😁

Saya sengaja menuliskan hasil penasaran saya ini karena buat saya ini menarik dan info baru untuk saya. Jadi, sayang kalau hanya untuk disimpan sendiri. Saya juga takut lupa makanya saya tulis juga. Kalau hanya saya tulis di Journey sih kurang seru ya. Yang baca nanti cuma saya soalnya. Saya kan anaknya senang berbagi ilmu dan gosip baru. *plak* 

Sebagai penutup, saya akan menaruh lagu Sweet Home Alabama dari Lynyrd Skynyrd di sini. Selamat menikmati. Biar semakin seru menikmati lagunya, saya sarankan juga untuk membaca komentar-komentarnya di video YouTube-nya. 


p.s.: Baca komentar-komentar di video tersebut saya jadi bertanya-tanya sendiri, ini warga Alabama apakah tidak marah ya dengan state mereka dijadikan bahan becandaan inses, jadi challenge yang ramai di TikTok, bahkan mereka dapat stereotip pelaku inses?

15 comments

  1. ku juga baru tau relasi slang ini.. sebuah postingan mencerahkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau bisa menambah info baru buat Mas Zam. :D

      Delete
  2. Inses. Mengerikan. Menyedihkan. Kok kayak hamster. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Pak. Aku cuma lihat foto-foto dari challenge tersebut saja merasa gak nyaman makanya aku gak mau lihat videonya. Anehnya kok malah dijadikan challenge dan orang-orang banyak yang ikutan challenge tersebut.

      Delete
  3. ya ampun plurk aku sudah lama tak main itu
    joke ini dari PL kentucky atau Missouri ya pas MiSS USA beberapa waktu lalu
    iya orang alabama gak marah

    ReplyDelete
  4. Baru tau klo Plurk masih ada. meluncur lah

    ReplyDelete
  5. wah aku baru tahu istilah ini, mengejutkan sekali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku pun pas pertama dengar juga kaget.

      Delete
  6. Info menarik.

    Setelah Lynyrd Skynyrd, jadi ingin tahu tulisan tentang Journey.

    ReplyDelete
  7. Band kesukaan saya ini, Ron Van Zant vocal nya keren banget. gitarnya Steve Gaines juga keren. Neil Young juga keren banget pas 30th anniversary Bob Dylan concert.
    Kecelakaan pesawat yang membuyarkan perjalanan karir Band Lynyrd Skynyrd tapi masih eksis. Kak ulas tentang Film Forrest Gump dong heee. makasih artikelnya.

    ReplyDelete

Saya akan senang sekali jika kalian meninggalkan komentar, tetapi jangan anonim ya. Komentar dari anonim—juga komentar yang menggunakan kata-kata kasar, menyinggung SARA, dan spam—akan saya hapus. Terima kasih sebelumnya.