Tes Kepribadian PRISM-OCEAN

Saya pernah mengisi tes kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) bertahun-tahun yang lalu karena waktu itu sedang ramai dan saya ikut-ikutan. Hasilnya bilang tipe kepribadian saya adalah ISFJ-A. 

 


Saat itu saya tidak tahu apakah tes MBTI valid atau tidak, reliabel atau tidak. Seperti yang saya bilang, saya hanya ikut-ikutan. Saya baru tahu kemudian rupanya tes kepribadian ini tidak valid dan tidak reliabel. Buat yang ingin tahu penjelasan lengkapnya kenapa MBTI bukan alat tes kepribadian yang akurat bisa dibaca di sini dan di sini

Sekarang saatnya lupakan MBTI. Mari cari tes kepribadian lain yang lebih saintifik dan dapat dipertanggungjawabkan. Om Ayah memberikan satu tautan tes kepribadian yang beliau bilang secara umum lumayan akurat. Kenapa secara umum lumayan akurat? Karena, menurut beliau, penyajiannya masih terkesan tipologi kepribadian (orang tipe ini dan itu). Padahal tes kepribadian OCEAN itu bicara kontinuum. Contoh cara membacanya, bukan "saya introvert", tetapi "tingkat extroversi saya cenderung rendah". Ini saya kutip langsung dari twitnya Om Ayah lho ya. 

Sebelum kita mengambil tes ini, Om Ayah mengingatkan kita agar membaca hasilnya nanti sebagai sebuah kecenderungan, bukan sebagai label yang saklek. Baiklah, Omay. Mari kita coba tesnya. 

Dan inilah hasil saya:


hasil tes lengkap saya ada di sini 


Dari hasil tersebut saya dibilang di tengah-tengah antara practical dan openness, di tengah-tengah juga antara responsible dan conscientiousness, dan strong-minded dan agreeableness. Sementara, extroversion dan neuroticism saya sangat rendah. 

Kalian ikutan tes ini juga? Bagaimana hasilnya? 

7 comments

  1. belum pernah nyobain sih mbak. otw nyobain tes kepribadiannya....

    ReplyDelete
  2. tadi nyoba klau aku.. Practical, Introvert, Strong Minded, Mellow, terus tengah2 antara Responsive dan Conscientious... hihi

    ReplyDelete
  3. Kak Kimi, MBTI kita kok mirip πŸ™ˆ kalau aku ISFP-T terus tadi nyoba yang Ocean jawabannya Practical, Agreeable, sisanya di tengah2 semua 🀣. Kayaknya bener-bener aja sih jawabannya 🀣. Seru ya iseng-iseng test gini wkwk. Aku udah beberapa tahun ini setiap test MBTI hasilnya selalu sama 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm... Menarik juga ini MBTI dipakai setiap tes hasilnya selalu sama. Padahal sudah banyak yang mengkritisi MBTI karena dianggap tidak reliabel dan tidak valid.

      Delete
    2. Aku juga heran kenapa bisa sama terus πŸ˜‚. Malah makin lama makin naik presentasenya 🀣, tapi kalau di OCEAN aku malah jadi ambivert wkwk

      Delete

Saya akan senang sekali jika kalian meninggalkan komentar, tetapi jangan anonim ya. Komentar dari anonim—juga komentar yang menggunakan kata-kata kasar, menyinggung SARA, dan spam—akan saya hapus. Terima kasih sebelumnya.