Sunday, March 28, 2021

Random #41

Random 1.

Perkuliahan pascasarjana UT sudah dimulai sejak tanggal 22 Maret 2021 kemarin. Baru seminggu jadi saya masih beradaptasi dengan sistem pembelajarannya, yaitu tutorial online. Di awal-awal saya masih bingung dan kagok dengan situs web e-learning UT. Ini saya harus ngapain, fitur ini buat apa, yang ini namanya apa, yah... kira-kira bingungnya seperti itu. Alhamdulillah, sekarang sudah mulai terbiasa.

Saya sempat kesal sama diri sendiri karena di dua tugas diskusi, saya lupa memberikan referensi sumber. Semoga tutornya bisa pengertian dan memaklumi kesalahan yang saya buat. Maklum, Pak/Bu, namanya juga baru.

Sebagai mahasiswa UT, saya dapat fasilitas bebas mengakses empat situs web jurnal ilmiah, yaitu Emerald, Gale, Proquest, dan EBSCO. Tidak sebanyak di kampus S1 saya dulu, tetapi lumayan lah buat mengobati rasa kangen mengubek-ubek mencari jurnal. Saya bisa juga mengakses buku elektronik di tujuh situs web, seperti Cambridge University Press, McGraw-Hill Book Library, Wiley Online Library, dan lain-lain, tetapi hanya bisa diakses di jaringan intranet UT Pusat dan UPBJJ-UT.

Oh iya, di semester satu ini mata kuliahnya paket. Saya tidak bisa memilih mata kuliah karena sudah ditentukan. Semua yang mengambil Magister Manajemen akan belajar mata kuliah yang sama. Nanti kalau sudah semester tiga baru bisa memilih mata kuliah sesuai dengan bidang minatnya. Jadi, mata kuliah di semester satu ini ada Perilaku Organisasi, Metode Kuantitatif, Metode Penelitian Bisnis, dan Sistem Informasi Manajemen. Sungguh bukan saya banget ini mata kuliahnya. 😂

Random 2.

Karena perkuliahan sudah dimulai sepertinya waktu luang saya akan semakin berkurang. Saya terancam bakal jarang update blog dan jarang berseliweran di kolom komentar teman-teman semua. Di Plurk juga saya sudah jarang muncul. 

Meski begitu, jangan khawatir, teman-teman dan para penggemar. Saya akan tetap mengusahakan untuk tetap update setidaknya seminggu sekali di akhir pekan. Itupun paling menulis yang receh saja, seperti tulisan random ini.

Cuma sekarang saya jadi bingung bagaimana dengan kelanjutan rangkuman buku The Psychology of Women and Gender kalau waktunya tidak ada. Wkwkwk. 


Random 3.

Saya sudah selesai baca Just Babies dari Paul Bloom. Saya juga sudah membuat rangkumannya di Blog Buku Kimi. Teman-teman jangan lupa mampir ya! Lumayan buat menambah hits dan biar blog buku saya jadi sedikit ramai. 😆

Random 4.

Suatu hari di halaman beranda YouTube saya ada rekomendasi video berjudul Human Sexual Behavior dari kanal Stanford. Karena tertarik dengan judulnya, saya langsung klik. Ternyata video tersebut merupakan bagian dari seri video kuliah Human Behavioral Biology yang diampu oleh Profesor Robert Sapolsky. Baru nonton satu video dari beliau, saya pun ketagihan untuk nonton video kuliahnya dari awal. Ini termasuk topik favorit saya soalnya. Ditambah gaya mengajar Sapolsky yang mengalir banget bikin saya jadi betah buat mengikuti semua kuliahnya. 




Saya takjub dengan cara mengajarnya Sapolsky. Bisa banget begitu ya menjelaskan materi dengan fasih, tidak terbata-bata, tidak pakai PPT, seperti kereta api yang lancar jaya. 

Ayo, kalian juga nonton! Kapan lagi coba bisa ikut gratis perkuliahan di Stanford dan diajar oleh Robert Sapolsky? 🙊

Random 5.

Kakak kesayangan saya, Ses Renny, sudah satu minggu dirawat di rumah sakit karena COVID-19. Alhamdulillah, sekarang kondisinya sudah membaik. Mohon doanya semoga beliau cepat sembuh dan bisa segera keluar dari rumah sakit ya, teman-teman. 

Random 6.

Oh iya, saya lupa cerita. Pertama kali saya pakai domain berbayar untuk blog ini di tahun 2014, saya menggunakan layanan Masterweb. Tetapi, kok, saya merasanya setiap tahun biaya perpanjangan domain selalu naik ya. Akhirnya, tahun lalu saya memutuskan untuk pindah layanan ke Rumahweb saja. Lebih murah dan sewaktu kemarin perpanjangan domain tidak ada kenaikan sih. 

Random 7.

Saya punya headset wireless baru dong. Saya beli di Shopee dengan harga cuma Rp57ribu! Mereknya entah apa. Bagus atau tidaknya saya kurang paham. Yang penting buat saya bisa dipakai. Wkwkwk.

Random 8.

Gara-gara Dewa Kipas, saya jadi bikin akun juga di Chess.com. Padahal saya nggak jago main catur. Main sama nenek saya saja pas saya masih SD sayanya kalah melulu. Kalau ada teman-teman yang berbaik hati mau mengajari saya biar saya jago main catur, yuk kita main bareng! Add saja akun saya ya. 
Share:

20 comments:

  1. Kak Kimi, semangat memulai perkuliahannya ya 😊 dan aku bantu doakan agar Kakaknya Kak Kimi bisa segera sembuh dan kembali pulang ke rumah. Aku meluncur nih ke blog buku Kak Kimi, siap-siap dirusuhin ya 😜
    Btw, berapa harga perpanjangan domain di rumahweb, Kak? Selama ini aku pakainya domainesia dan terakhir jadi agak mahal karena kena pajak 😂.
    Headset wireless itu benar-benar penemuan yang bagus banget dahhh! Semoga Kak Kimi bisa enjoy pakai headset wireless soalnya aku enjoy banget pakai headset wireless wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biayanya kalau di Rumahweb Rp135ribu belum ditambah pajak 10%. Kayaknya kalau beli domain di mana-mana bakal kena pajak deh. Btw, merek headset wireless-mu apa? Aku ingin beli yang agak mahal, tapi belum ada duitnya. 😂

      Delete
  2. Zaman sekarang kuliah di UT tak beda dengan di Universitas lainnya. Sama-sama BJJ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Gara-gara pandemi nih ya jadi semuanya pada belajar jarak jauh.

      Delete
  3. Wahhh magister.. ya ampun impian banget pengen bisa lanjut smpe tahap itu.. hehe btw semangat Mba kimi buat perkuliahann.. semoga lancar ya..

    Aku pas baca perpanjangan domain langsung buru2 ngecek kapan diperpanjang lagi. Hehe 🤣 kalau saya dari dlu pkenya idwebhost. Harga perpanjangannya 150k++ per tahun.

    Tos dulu mba.. saya yah suka bnget sama TWS.. awalnya nggk pernah ada rencana pke TWS, tapi dlu pas tahun 2019 pas kota saya lagi ultah terus ngadain jalan2 santai. Ehh menang doorprize salah satu hadiah utama tws merk Apple Airpod.. 🤩😇😇 itu senangnya bukan main sih apalagi pas cek harganya.. wkwk sungguh beruntung karena smpe skrang masih tak pake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Bayu. Semoga kamu juga bisa lanjut ke S2 segera ya. Niatnya mau ambil apa nanti kalau S2?

      Wah, Alhamdulillah rejeki dapat doorprize TWS, dari Apple pula. Itu kisaran harganya berapa?

      Delete
    2. Aminnn,,, Tapi tak lulusin S1 dlu. Hmmm, paling teknik lagi, Industri mungkin. Tapi nggak tau soalnya masih angan2 doank. hehe

      Iyahh bersyukur banget.. Soalnya kalau beli harganya kisaran 2 jutaa kalau nggk salah. hmmm Mahal...

      Delete
    3. Loh, aku kira kamu sudah lulus S1. Baiklah kalau begitu. Semangat kuliahnya ya! Semoga cepat lulus. 💪🏻

      Delete
  4. Hallo kak salam kenal 🤗 smanggatt ya kuliahnyaaa kak 🤗🤗🤗 semoga kakak kesayangan juga leka sembuh aamiin ya rabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir ke blog ya... Semoga suka dan jadi sering main ke mari. Dan terima kasih buat penyemangat dan doa buat kakakku. Sehat buat kamu dan keluarga ya.

      Delete
  5. Wuih kerenn kuliah lagi. Semangat ya mbak Kimi. Dari dulu bertanya-tanya spt apa kuliah UT? Sekarang dapat gambaran. Menurutku mahasiswa kuliah lepas atau online itu manajemen waktunya pasti bagus banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak Phebie. Iya, kuliah online begini manajemen waktunya harus bagus. Apalagi sambil bekerja kan. Jadi memang harus pintar-pintar atur waktu.

      Delete
  6. haha jadi semacam diary nih postingan kali ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Blog ini memang fungsinya juga sebagai online diary, Mas.

      Delete
  7. Random tapi banyak nih hahahaha

    Semoga random 1 sukses untuk efek positif random 2-nya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Wajar kalau tulisan Random, tapi banyak, Mas. Aku kan orangnya memang random. Hahahaha...

      Delete
  8. Wah, akses ke web-web jurnal. Jadi ngiler. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai Google Scholar dan Scihub buat akses web jurnal, Bang. Hihihi.

      Delete

Saya sangat menantikan komentar dari kalian. Asal jangan spam, jangan anonim, dan tetap sopan ya. Mari kita menghargai satu sama lain. Terima kasih.