Skincare Regime Terbaru

Sepertinya sudah lamaaaaa sekali ya saya tidak menulis dengan label Skincare di blog ini. Tulisan terakhir dengan label tersebut adalah ini yang ditulis tanggal 16 Agustus 2019. Hampir empat tahun yang lalu. 

Empat tahun berselang tentu sudah banyak beragam skincare yang saya coba, tetapi sekitar satu atau dua tahun terakhir saya sudah tidak banyak mencoba. Saya sudah lelah mencoba berbagai merek skincare, jadinya saya sekarang hanya pakai yang saya tahu saja. Saya sudah tidak tahu ada produk dan merek baru apalagi di luaran sana. Mengikuti perkembangan dunia skincare seolah tidak akan pernah ada habisnya. I just can't keep up with skincare industry anymore. Barangkali karena faktor umur juga kali, ya. Jiwa petualangnya tidak seliar waktu muda dulu (halah). Sekarang saya lebih kalem. Kalau kata anak zaman sekarang, lebih zen. 

Di tulisan kali ini saya hanya sekadar mau berbagi skincare apa saja yang saya pakai belakangan ini. Produk yang saya pakai banyak yang dari pemain lama alias saya sudah pakai produk ini cukup lama, tetapi ada juga yang baru. Langsung saja, berikut adalah produk skincare saya:


Facial Wash dan Hydrating Toner

Meski saya sering mencoba sabun muka dan toner ini dan itu, pada akhirnya saya akan selalu kembali pada Hada Labo Shirojyun. Karena mereka murah dan isinya banyak. Saya memang tidak mau mengeluarkan banyak uang untuk sabun muka dan toner. Pikir saya, "Ya, sudah lah, ya... Yang penting cuci muka bersih dan langsung lembap setelah pakai toner." 


Hada Labo Shirojyun Facial Wash


Hada Labo Shirojyun Premium Ultimate Whitening Lotion 
ini versi baru yang lebih mahal dari yang Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Lotion biasa


Oh iya, sekarang saya cuci muka pakai sabun muka hanya di sore hari. Saya sudah tidak cuci muka pakai sabun lagi di pagi hari. Tadinya saya kira wajah saya akan bermasalah kalau tidak cuci muka dua kali sehari, ternyata baik-baik saja. 

Essence dan Serum

Sebenarnya untuk essence, saya ada beberapa pilihan. Namun, yang sekarang sedang saya pakai adalah Safi Age Defy Gold Water Essence. Harga di situs web resminya Rp142.900,-. Kalau di lokapasar toko resminya bisa lebih murah. Essence ini saya pakai pagi dan malam setelah saya pakai toner. 


Safi Age Defy Gold Water Essence


Untuk serum, saya membedakan serum pagi dan serum malam. Saya pakai Azarine Vitamin C 10% + Diamond Booster Serum di pagi hari. Untuk di malam hari, saya pakai Safi Age Defy Concentrated Serum.
 

Azarine Vitamin C 10% + Diamond Booster Serum


Safi Age Defy Concentrated Serum


Pelembap Wajah

Dulu saya pakai pelembap dari Safi Age Defy, tetapi sejak Maret 2023 saya mencoba pelembap wajah dari Crystallure. Crystallure ini merek skincare premiumnya Wardah. Harganya memang lebih mahal dari pelembap wajah Safi Age Defy sih, tetapi Alhamdulillah masih terjangkau di kantong saya kok. Cukup kisah cinta saya dengan Henry Cavill saja yang tidak terjangkau, pelembap wajah jangan. Eaaa... Kok malah curhat. 


Saya malas mengunggah masing-masing gambar pelembapnya, jadi saya unggah yang trial kit saja. Wkwk.


Sebenarnya ada tiga pelembap wajah dari Crystallure, yaitu Crystallure Supreme Revitalizing Rich Cream SPF35 PA+++ (krim pagi) Crystallure Supreme Activating Overnight Cream (krim malam), dan Crystallure Supreme Advanced Hydra Gel (bisa jadi krim pagi dan krim malam). Saya pakai semuanya dong. Alhamdulillah, setelah empat bulan pemakaian cocok dan wajah lembap juga bercahaya, macam slogan Nippon Cahaya Asia. Eh. 

Harga Crystallure lebih murah di lokapasar toko resminya ketimbang di situs web resmi. Soalnya, di lokapasar sering dikasih diskon. Seandainya nanti Crystallure tidak ada diskon lagi di lokapasar, ya sudah saya kembali pakai Safi Age Defy saja. Wkwkwk. 

Exfoliating Toner

Exfoliating toner ini gunanya untuk mengangkat sel kulit mati. Dipakainya sebelum hydrating toner. Saya pakai COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner entah sudah berapa lama. 


COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner


Saya pernah mencoba pakai ini setiap malam ternyata wajah saya tidak kuat. Wajah saya jadi perih pas ditimpa produk skincare yang lain. Jadinya, saya pakai exfoliating toner cukup dua kali seminggu saja, setiap Senin dan Kamis. Macam puasa saja kan Senin-Kamis segala? Wkwkwk. 

Sunscreen

Sempat pada suatu masa saya mencoba berbagai merek dan jenis sunscreen sebelum akhirnya perjalanan panjang mencari sunscreen tersebut saya berlabuh di Azarine. Saat ini saya memakai tiga jenis sunscreen Azarine, yaitu Aqua Essence Sunshield Serum SPF 50 (ini saya pakai pas olahraga di luar ruangan), Hydramax C Sunscreen Serum SPF50 PA++++, dan Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++. Dua sunscreen terakhir saya pakai bergantian. Misal satu tube Hydrasoothe Sunscreen sudah habis, baru saya pakai Hydramax C Sunscreen. 


Aqua Essence Sunshield Serum SPF 50


Hydramax C Sunscreen Serum SPF50 PA++++


Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++

Lain-Lain

Yang masuk ke dalam lain-lain ini adalah skincare tambahan, yaitu tambahan buat antiaging, first cleanser, dan masker. Untuk tambahan antiaging saya pakai Vitacid 0,025% tretinoin gel. Saya pakai Vitacid cukup dua kali seminggu saja. Dipakainya berbeda hari dari exfoliating toner COSRX yang saya pakai. Misal, saya pakai exfoliating toner COSRX tiap Senin dan Kamis, maka saya pakai Vitacid tiap Selasa dan Jumat.

Untuk first cleanser, saya pakai Garnier Micellar Cleansing Water for Sensitive Skin. Saya pakainya satu hari sekali saja di sore hari sebelum cuci wajah pakai Hada Labo. Sementara untuk masker, saat ini saya pakai Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask yang saya pakai seminggu sekali. 

Vitacid 0,025% tretinoin gel


Garnier Micellar Cleansing Water for Sensitive Skin




Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask


Eye Care

Untuk perawatan di sekitar area mata, saya pakai Breylee Hyaluronic Acid Eye Serum. 




Lip Care

Untuk perawatan bibir, saya pakai Liplapin Bubble Gum Lip Scrub dan pelembap bibir Nivea Watermelon Shine. Yang saya sebal dari produk perawatan bibir adalah barangnya tidak habis-habis. Saya sampai bosan pakainya menunggu habis. Wkwkwk. 

Liplapin Bubble Gum Lip Scrub



Nivea Watermelon Shine


Sebenarnya masih ada face oil yang saya pakai sih, tetapi sudah ah. Saya sudah lelah. Capek juga menulis daftar skincare yang dipakai. 😂

Demikianlah berbagai produk skincare yang saya pakai, ditambah dengan lip care dan eye care. Semoga jadi inspirasi teman-teman untuk semakin rajin merawat diri. Dih, najis, pede banget gue. Kalaupun tidak terinpirasi ya siapa tahu bisa jadi rekomendasi buat teman-teman barangkali ada yang sedang bingung mau pakai skincare apa. 

Saya tidak menjamin setelah kalian rajin pakai skincare lantas kalian bakal jadi secantik Rebecca Ferguson atau setampan Henry Cavill sih untuk ini kalian harus operasi plastik, tetapi setidaknya merawat diri itu pertanda kalian menyayangi diri sendiri. And, let's aging like a fine wine

p.s.: semua gambar di tulisan ini saya ambil dari berbagai sumber di internet. 

2 comments

  1. pantes kamu syantik, kimi, rajin skinkeran (blush) aku masih bertahan dengan safi age defy, walaupun gak nampak efek yang nyata banget sih, tapi yg penting mindsetnya melawan tua, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banget lhooo aku sudah dibilang cantik. (blush)

      Btw, gpp pake Safi Age Defy. Efek rajin skinkeran kan baru bisa terlihat bertahun-tahun kemudian. Orang yang rajin skinkeran sama yang gak rajin biasanya terlihat bedanya. Dan, betul banget! Yang penting adalah mindset!

      Delete

Saya akan senang sekali jika kalian meninggalkan komentar, tetapi jangan anonim ya. Komentar dari anonim—juga komentar yang menggunakan kata-kata kasar, menyinggung SARA, dan spam—akan saya hapus. Terima kasih sebelumnya.