Tuesday, June 7, 2011

TabunganKu

Day 71. Post a Day 2011.

Beberapa hari terakhir saya berlibur di kampung halaman. Niat untuk update blog tiap hari pun buyar. Pasalnya liburan kemarin saya tidak membawa "peralatan tempur" saya alias laptop dan modem. Mau ke warnet malas. Alhasil, blog ini pun kembali terbengkalai.

Mumpung kemarin saya ke kampung halaman, saya pun menyempatkan diri ke salah satu cabang BCA di dekat rumah. Sudah dari lama saya punya niat ingin buka rekening TabunganKu. Tahu kan TabunganKu? Itu lho produknya BI dari "Gerakan Indonesia Menabung" yang dicanangkan oleh Pemerintah.




TabunganKu ini sendiri sebenarnya menyasar masyarakat kalangan menengah ke bawah yang belum memiliki tabungan. Biaya administrasi tabungan di bank-bank kan biasanya cukup besar ya dan itu yang memberatkan. Nah, TabunganKu ini bebas biaya administrasi. Harapannya sih dengan bebas biaya administrasi, TabunganKu akan mampu menarik nasabah dari masyarakat kalangan menengah ke bawah untuk menabung. BTW, TabunganKu mengingatkan saya sewaktu SMA dulu. Waktu SMA dulu saya menabung di tabungan khusus pelajar di Bank Niaga (sekarang jadi CIMB Niaga, ya?). Tabungan khusus pelajar ini tidak ada biaya administrasi dan bunganya juga kecil.

Karena tidak ada biaya administrasi, jangan berharap akan mendapat bunga yang tinggi. Untuk saldo Rp 0 - Rp 500.000,- tidak mendapat bunga, Rp 500.000,- sampai Rp 1.000.000,- mendapat bunga 0.25%/tahun, dan saldo tabungan di atas Rp 1.000.000,- bunga per tahunnya sebesar 1%. Ini suku bunga yang di BCA lho ya... Saya tahunya dari brosur TabunganKu yang saya ambil waktu saya lagi mengantri di BCA. Hihihi...

Bunga TabunganKu memang kecil. Kalau dilihat untung-rugi sih tidak bakal untung ya menabung di TabunganKu (atau menabung di produk tabungan apa saja). Bunganya tidak seberapa dan tidak mampu melawan inflasi. Nilai uang yang kita simpan akan kalah dengan inflasi. Tapi, saya rasa tujuan Pemerintah meluncurkan produk TabunganKu adalah menumbuhkan kesadaran menabung di masyarakat. Itu yang terpenting, 'kan?

Alasan saya sendiri untuk buka rekening TabunganKu bukan untuk cari untung (karena sudah pasti tidak akan untung), melainkan saya ingin membuat tabungan khusus dana hura-hura. Maksudnya, dari dana tabungan dana hura-hura ini nanti bisa saya gunakan untuk membeli ponsel baru, misalnya. Atau untuk jalan-jalan. Atau untuk apa sajalah, tergantung uang yang berhasil dikumpulkan seberapa banyak. Jadi, tabungan ini tidak akan tercampur dengan tabungan khusus simpanan (untuk dana darurat) dan tabungan yang memang untuk keperluan sehari-hari.

Nah, untuk TabunganKu BCA punya ketentuan tambahan dari BCA-nya, yaitu (dikutip dari situsnya langsung):
  • Kartu ATM TabunganKu hanya bisa tarik tunai maksimal Rp 5 juta per hari, sedangkan transfer ke sesama rekening BCA maksimal Rp 15 juta
  • Transaksi pendebetan maksimal empat kali dalam satu bulan (baik dari ATM maupun dari teller)
  • Belum ada fitur klikBCA, m-BCA, SMS BCA, Debet, dan Tunai BCA

So, bagaimana, teman-teman? Tertarik untuk membuka rekening TabunganKu di cabang-cabang bank terdekat? :D

*berasa jadi duta TabunganKu deh* ;))


8 comments:

  1. TabunganKu ini apa sejenis tabungan syariah ya, kan nggak ada bunga atau sejenisnya.

    ReplyDelete
  2. Bank-bank syariah juga mengeluarkan produk TabunganKu. Tidak ada sistem bunga untuk TabunganKu, melainkan bagi hasil.

    ReplyDelete
  3. kl tabunganku dr BTN ketentuannya apa? Beda kan pastinya?

    ReplyDelete
  4. kyakya, lebih enak pake BII TabunganKu. Soalnya semua fitur e-banking ada.
    @all: syarat tabunganku semua bank sama, bedanya di fitur tambahannya.

    ReplyDelete
  5. sebenarnya tabunganku lebih bagus lagi bila tanpa biaya administrasi dan bebas bunga... :D

    ReplyDelete
  6. Kalo Tabunganku di BTN Sama juga, maximal penarikan 5jt perhari, maximal transfer 10jt per hari. Syaratnya cuma KTP & uang 20rb. Gak ada fitur e-banking, m-banking. Cuma dapet Kartu ATM & BukTab saja.:)

    ReplyDelete
  7. tabunganku di bank cimb niaga lebih enak, karena fasilitas sama seperti produk tabungan cimb niaga lainnya, ada phone banking dan internet banking nya juga

    ReplyDelete
  8. Saya pake BNI syariah Tabunganku. Komplit banget ,

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;