Friday, January 6, 2017

Mainstream Music

Day 13.

Dalam beberapa hal bisa dibilang saya ini termasuk anti mainstream. Tolong jangan minta saya untuk menjelaskan dalam hal apa saja saya ini anti mainstream. Cukup saya dan Tuhan saja yang tahu. Halah.

Sementara dalam urusan musik saya ini masuk ke golongan mainstream. Saya menikmati musik apa saja selama musik itu masih enak didengar di telinga saya, misalnya pop, rock, jazz, country, bahkan dangdut. Saya bukan tipikal orang yang mengklaim diri sebagai fans satu jenis musik aliran tertentu atau sebagai fans berat dari seorang penyanyi atau band khusus. Satu-satunya yang bisa saya deklarasikan adalah saya fans berat Rafael Nadal. Sudah, itu saja sudah cukup bagi saya. Saya tidak butuh yang lain.

Intinya mah saya ini hanya penikmat musik. Nggak paham-paham banget soal musik dan tidak mengikuti beritanya. Pengetahuan saya soal musik hanya sebatas lagu-lagu yang ada di dalam playlist Joox saya, yang kebanyakan penyanyinya sudah punya nama besar atau sedang "in" saat ini, seperti The Beatles, Michael Bublé, Avril Lavigne, Coldplay, Maroon 5, Ed Sheeran, The Corrs, Katy Perry, Sia, Jasmine Thompson, dan masih banyak lagi. Bahkan Justin Bieber pun masuk di dalam playlist.


Jadi, seandainya saya ditanya soal pandangan saya mengenai musik mainstream maka saya akan menjawab yah saya menikmatinya. Selama lagunya enak didengar dan liriknya keren, bisa untuk menemani tidur, kerja, nulis, dan ngegalau, ya sudah lah. I have nothing to complain.

Sekarang saya mau berbagi empat lagu mainstream yang belakangan ini sering banget saya putar. Lagu-lagu ini semacam lagu wajib yang harus saya putar setiap harinya sampai nanti saya bosan.

1. James Arthur - Say You Won't Let Go





I knew I loved you then
But you'd never know
'Cause I played it cool when I was scared of letting go
I knew I needed you
But I never showed
But I wanna stay with you
Until we're grey and old
Just say you won't let go
Just say you won't let go


Mas James ini ganteng banget, badannya tinggi, dan tatoan. Suaranya serak merdu pula. Mana lagunya yang ini bikin meleleh. Sudah lah, Mas, aku padamu. 

Lagunya ini gampang banget untuk diinterpretasikan. Tentang kisah awal pertemuan dengan pasangannya dan terus bercerita hingga mereka tua. Video klipnya juga menggambarkan demikian. Kan bikin baper. Bangkek. 

2. Jasmine Thompson - You Are My Sunshine




Suara Mbak Jasmine ini khas banget. Lagu lawas You Are My Sunshine yang sudah dicover berkali-kali ini--termasuk oleh Johnny Cash--jadi terasa beda dinyanyikan Mbak Jasmine. Rasanya itu, duh, perih banget, Nyet. Ini jantung kayak ditusuk-tusuk gitu. 

The other night, dear,
As I lay sleeping
I dreamed I held you in my arms.
When I awoke, dear,
I was mistaken
And I hung my head and cried.

Baru dengar sampai situ saja rasanya sudah pengen getok-getok meja. Sekarang mendekati akhir lagu coba fokus dengar dari 2:08 sampai 2:28. 

You are my sunshine,
My only sunshine.
You make me happy
When skies are gray.
You'll never know, dear,
How much I love you.
Please don't take my sunshine away.

Rasanya pengen nyayat-nyayat urat nadi. Kalau teman kalian ada yang sedang patah hati, jangan pernah dikasih dengar lagu dari versi Mbak Jasmine ini. Jangan.

3. Niall Horan - This Town





Saya baru tahu Mas Niall ini personil dari One Direction. Suaranya enak didengar. This Town adalah single pertamanya dan lagunya asyik juga. Lagunya tentang kisah cinta pertama yang susah dilupakan. 

And I want to tell you everything
The words I never got to say the first time around
And I remember everything
From when we were the children playing in this fairground
Wish I was there with you now

4. Katy Perry - The One That Got Away




Saya baru memperhatikan lagu ini begitu pertama kali mendengarkan versi akustiknya sekitar semingguan yang lalu. Serius. Saya lebih menyukai yang versi akustiknya. Sangat menikmatinya malah. Terasa lebih makjleb begitu. Suddenly all the lyrics make sense and I feel pain in my chest.

But in another life
I would be your girl
We'd keep all our promises
Be us against the world

In another life
I would make you stay
So I don't have to say
You were the one that got away

Bagian favorit saya adalah menit 2:30 hingga 2:58, terutama di bagian Mbak Katy melantunkan 'Cause now I pay the price.

All this money can't buy me a time machine (Nooooo)
Can't replace you with a million rings (Nooooo)
I should've told you what you meant to me (Whoa)
'Cause now I pay the price

Demikianlah lagu-lagu mainstream saya untuk saat ini. Bagaimana dengan kalian? Lagu apa saja yang belakangan sering kalian putar?


14 comments:

  1. Sebentar2 saya ngecek playlist hari ini:
    1. I'll remember - Madonna
    2. Closer to the edge - linkin Park
    3. I don't love you - my chemical romance
    4. Satu album Guns n Roses
    5. Satu folder lagu bang Rhoma #teteup XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya suka dangdut :P

      Delete
    2. Gak semua dangdut aku suka. Dan aku juga kan bukan fans Rhoma Irama. :P

      Delete
  2. Aku juga suka suaranya Jasmine Thompson. Jadi ada suatu waktu di mana setiap buka leptop dan memulai kerja, aku langsung nge-youtube dan search keyaword "the best of jasmine thompson" dengerin itu muter-muter terus sampai jam kantor selesai, sampai berhari-hari, berminggu-mingu. Terutama aku suka banget saat dia ngecover "Let Her Go"...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sudah dengar cover dia yang "Let Her Go". Menurutku gak sedahsyat "You Are My Sunshine" ini. Dan, eh, itu cover dia yang lain keren-keren banget ya... Suaranya itu lho. Unik banget. Aku suka model suara kayak gitu.

      Delete
    2. Iya semua lagu yg dia cover, aku suka. Kalau "Let Her Go." itu karena aku emg suka lagunya dari awal jadi pas dia yg cover makin suka. Setuju, suaranya unik banget. Dan aku juga suka liat mukanya yg dingin2 sendu gitu. #apadeh

      Delete
    3. Nah, untuk urusan muka ini aku rada gak sepakat. Pas pertama lihat kok kesannya Jasmine ini mukanya kayak rada "nantangin" ya. Cantik sih cuma apa ya... Kayak jutek gitu. Dingin, iya. Sendu sih enggak. Halah, ini kok malah bahas tampangnya. =))

      Delete
  3. Eh aku lagi kesengsem ama kang jared leto ish xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emangnya Jared Leto nyanyi juga? Aku baru tahu. :|

      Delete
  4. Jadi konon katanya, waktu di 1D suara Niall itu yang paling aneh, cempreng-cempreng gitu... :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena aku bukan fans 1D jadi aku gak ngerti soal itu. Tapi, di sini suara Dek Niall bagus kok.

      Delete
  5. Aku juga dengerin playlist yg diatas, kecuali Niall Horan - This Town. Sekarang lagi seneng dengerin Shape Of You nya Ed Sheeran sama satu albumnya La La Land :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. La La Land seru juga ya lagu-lagunya. :D

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;