Film Komedi Romantis Favorit

Film bergenre komedi romantis sebenarnya bukan genre favorit saya. Plot ceritanya mudah ditebak, sering tidak masuk akal, dan dialognya terkadang membuat saya jadi geli sendiri. Meski demikian, tetap saja saya tonton kalau saya sedang ingin menonton film yang ringan, sedang bosan dengan film berat dan serius, atau mau istirahat dari film yang sangat menguras emosi. Dan kalau melihat di akun Letterboxd saya sebenarnya cukup banyak film bergenre komedi romantis yang sudah saya tonton. 

Belakangan saya sudah jarang nonton film genre komedi romantis yang lebih baru. Saya pernah mencoba nonton, tetapi kok rasanya kualitasnya tidak sebagus film komedi romantis lawas ya. Makanya saya tidak suka. Atau, bisa juga karena sudah umur segini sudah tidak mempan lagi nonton film komedi romantis. Sekarang saya lebih realistis. Jadi, sewaktu nonton film komedi romantis malah seringnya jadi geli sendiri dan sering bergumam, "Ih, apa sih. Norak banget. Gak mungkin banget. Gak masuk akal."

Eh, tapi, pernah juga ding di suatu masa saya sangat menyukai film komedi romantis. Masa-masa di mana saya masih polos dan lugu ingin punya kisah cinta yang manis seperti di film-film. Masa itu di mana saya masih percaya kalau saya bisa menemukan pria tampan, gagah, baik hati, setia, dan sayang sama saya. Tentu saja masa-masa itu adalah masa di saat saya masih muda dan naif. 😝

Ada beberapa judul film komedi romantis yang sangat saya suka. Film-film ini yang saya tonton di saat muda dulu atau, ya, di saat tidak muda-muda banget. Meski sudah saya tonton berkali-kali, saya tetap suka dengan film tersebut dan belum ada rasa bosan hingga saat ini. Barangkali alasan terbesar saya masih menyukai film-film yang akan saya sebut di sini karena saya nontonnya di waktu saya masih sangat muda dulu dan tertanam emosi positif di otak. 

Saya akan membagikan di sini beberapa film komedi romantis favorit saya. 


1. 13 Going on 30 (2004) 




Cerita film ini tentang gadis remaja bernama Jenna yang ingin cepat dewasa. Di ulang tahunnya yang ke-13 ia berdoa agar bisa berusia 30 tahun. Ia sudah tidak tahan dengan kehidupan remajanya dan ingin ia lompati saja langsung ke fase dewasa. Tak disangka keinginannya terkabul. Jenna dewasa, diperankan oleh Jennifer Garner, adalah perempuan muda yang cantik, punya karir bagus, apartemen mewah, pacar ganteng, tetapi ternyata kehidupan dewasa yang ia inginkan tidak seindah yang ia bayangkan. Ia melewati banyak hal dalam hidupnya. Ia tidak tahu untuk bisa berada di titik yang sekarang apa saja yang ia sudah lakukan dan apa yang harus ia korbankan. 

Setiap nonton 13 Going on 30 selalu berhasil membuat saya senyum-senyum malu dan bahagia. Melihat interaksi Jenna dan Matt (Mark Ruffalo) yang terjalin kembali setelah belasan tahun hilang kontak itu bikin senang. Soalnya, Jenna dan Matt terlihat sama-sama bahagia. Apalagi ketika mereka menyadari perasaan masing-masing. Jenna yang tersadar kalau sebenarnya rasa sayangnya ke Matt melebihi rasa sayang ke teman dan Matt yang sangat sadar bahwa cintanya untuk Jenna tidak akan pernah padam karena Jenna adalah cinta pertamanya. 

Karena Jenna sejatinya adalah remaja berusia 13 tahun yang terperangkap di tubuh perempuan dewasa, tentu saja ada tingkahnya yang mengundang gelak tawa. Seperti, sewaktu di pub dia malah menggoda remaja pria, alih-alih pria dewasa. Juga, sewaktu dia merasa bebas bisa pergi ke pesta di malam sekolah padahal sudah pukul 11 malam. 😂

2. Sweet Home Alabama (2002) 





Sweet Home Alabama berkisah tentang Melanie (Reese Witherspoon) yang mati-matian berusaha mengubur masa lalunya dan itu termasuk kota kelahirannya, keluarganya, dan juga Jake (Josh Lucas), suaminya. Ia berusaha lari dan mengingkari jati dirinya. Sampai akhirnya ia harus kembali dan menghadapi masa lalunya agar ia bisa jalan ke masa depan. 

Buat saya, film ini mulai lucu ketika Melanie harus kembali ke Alabama untuk mengurus perceraiannya dengan Jake. Melanie harus main kucing-kucingan dengan Andrew (Patrick Dempsey), tunangannya, yang tidak tahu apa-apa tentang masa lalu Melanie. Melanie malu mengakui siapa dia sesungguhnya ke Andrew. Ia takut Andrew tidak mau menerimanya jika mengetahui siapa Melanie di masa lalunya. 

Adegan ketika Melanie dan Josh yang selalu ribut macam kucing dan anjing juga lucu. Melanie terus-terusan meminta Josh untuk menandatangani surat perceraian, tetapi Josh tidak mau sehingga membuat Melani melakukan beragam cara konyol supaya Josh mau tanda tangan.

Gara-gara film ini saya jadi tahu lagu Sweet Home Alabama dari Lynyrd Skynyrd dan bertahun-tahun setelahnya saya baru tahu istilah lelucon gelap sweet home Alabama yang berarti hubungan inses. Saya pernah membahasnya di sini

3. Just Like Heaven (2005)




Elizabeth (Reese Witherspoon) adalah seorang dokter muda yang tidak punya kehidupan lain selain di rumah sakit. Maka tidak heran kalau kakaknya, Abby (Dina Spybey-Waters), sangat getol ingin menjodohkan Elizabeth agar hidupnya tidak melulu soal pekerjaan. Tetapi, belum sempat Elizabeth dikenalkan dengan seorang pria, Elizabeth mengalami kecelakaan yang membuatnya koma. Rohnya gentayangan di apartemennya yang lama. Di apartemen ini ia bertemu dengan David (Mark Ruffalo). Awalnya David sangat terganggu dengan kehadiran Elizabeth, tetapi lama-kelamaan dia menikmatinya. Bahkan, David jatuh hati dengan Elizabeth. 

Masa-masa mereka saling mengenal dan mulai dekat ini adalah bagian dari film ini yang paling sering membuat saya tertawa. Menghibur banget lihat adegan dan dialog kocak antara Elizabeth dan David. Reese Witherspoon memang piawai berperan di film komedi romantis begini. Sungguh menyegarkan lihat akting Reese. Nilai plus lainnya dari film ini tentu saja Mark Ruffalo muda yang tampan. 😚

4. To All the Boys I've Loved Before (2018) 




Berbeda dari film komedi romantis yang sudah saya sebut di atas, To All the Boys I've Loved Before adalah film komedi romantis yang saya tonton belakangan alias saya nontonnya di saat saya sudah tidak muda-muda amat. Saya pernah menulis di sini mengapa saya menyukai film remaja ini. Intinya, karena film ini terasa dekat dengan saya. Karena saya dulu adalah Lara Jean.

Ceritanya tentang Lara Jean menulis surat diam-diam untuk lima orang yang dia suka. Surat-surat itu tidak pernah ia kirimkan karena baginya surat-surat itu hanyalah sebuah media untuk melampiaskan perasaan jatuh cintanya yang intens. Ketika sudah diluapkan, buat Lara Jean, ya sudah. Selesai. Mari melanjutkan kehidupan. Sampai akhirnya surat-surat tersebut tersebar. Pas di bagian ini saya jadi ikutan malu dan jadi tertawa sendiri. Saya bisa membayangkan diri saya seandainya saya di posisi Lara Jean. Pasti rasanya ingin hilang saja ditelan bumi daripada harus melihat gebetan saya membaca surat cinta yang saya tulis buat dia. 😂

Jadi, itulah keempat film komedi romantis paling favorit saya sejauh ini. Mungkin ada judul-judul film komedi romantis lawas lain yang terlupakan. Nanti kalau sudah ingat atau ada judul film komedi romantis favorit lainnya, saya akan membuat tulisan sejenis ini lagi. 

13 comments

  1. Kalau lawas saya suka The Proposalnya Sandra Bullock, apakah ini termasuk komedi? Buat saya lucu sih. Karakter Sandra Bullock kalau lucu itu khas banget, kayak "nah ini khas bullock nih".

    Film lawas emang nggak ada matinya, walaupun film baru pun banyak yang saya tonton juga. Tapi film lawas punya "magic" yang nggak bisa di gantikan film masa kini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lupa deh cerita The Proposal itu gimana. Btw, sudah nonton film Sandra Bullock yang baru The Lost City?

      Delete
    2. Yes absolutely. Hampir semua filmnya sudah saya tonton.

      Proposal itu yang bullock jadi chief editor penerbitan dan jatuh cinta sama asistennya. Mana asistenya Ryan Renold lagi. haha

      Delete
  2. Sleepless in Seattle and You've Got Mail 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum nonton dua-duanya... Nanti ah aku cari filmnya. Moga-moga ada di streaming yang aku subscribe.

      Delete
  3. Mba Kimi tahu film Dungeons and Dragons : Honor among the thieves??? Bagus loh mba.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum nontooon... Lagi nungguin di streaming aja. Hahaha.

      Delete
  4. Setelah baca blog post ini, aku baru sadar kayaknya aku jarang nonton film romcom 😂 seringnya nonton romance yang bikin haru-haru atau sedih sekalian 🤣. Kalau dari list di atas, aku baru nonton TATBILB aja dan ini sih suka banget! Kalau Kissing Booth Kak Kimi nonton nggak? Kalau film romance sedih sih The Notebook 👍🏻😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum nonton Kissing Booth. Bagus ya? Btw, aku juga sudah nonton The Notebook. Sedih banget emang... :(

      Delete
    2. Termasuk okay, Kak haha. Tentang friendship dan cinta gitu. Kalau Sunday at Tiffany's udah pernah belum, Kak?

      Delete
    3. Sunday at Tiffany's belum nonton jugaaa... Kayaknya banyak ya rekomendasi romcom dari kamu. Hihihi.

      Delete
  5. Film komedi romantis jarang nonton tapi sekalinya nonton yang lucu-lucu seperti Amelie, Silver Linings Play Book....thanks reviewnya mau coba nonton ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih tau pendapatmu ya kalau kamu sudah nonton film-filmnya.

      Delete

Saya akan senang sekali jika kalian meninggalkan komentar, tetapi jangan anonim ya. Komentar dari anonim—juga komentar yang menggunakan kata-kata kasar, menyinggung SARA, dan spam—akan saya hapus. Terima kasih sebelumnya.