Friday, July 29, 2011

Hidup Setelah Mati

Day 112. Post a Day 2011.

"Maut itu ibarat tidur nyenyak yang abadi tanpa terganggu sekalipun oleh mimpi." (Sokrates)

Saya takut mati. Itu tidak saya pungkiri. Meski saya tahu semua makhluk yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya.

Konsep adanya kehidupan setelah kematian membuat saya takut sekaligus bingung. Oke, surga itu ganjaran bagi mereka yang berbuat baik selama hidupnya. Siapa yang tidak mau masuk surga coba? Bidadarinya ada banyak (sampai tujuh puluh katanya), selalu perawan pula. Kalau perempuan, dapatnya apa dong? Singkat cerita, surga itu tempatnya enak deh. Lah, kalau neraka? Siapa yang mau masuk sana coba? Saya nggak percaya sama cerita-cerita cinta atau kisah-kisah gombal yang bilang akan selalu mengejar tambatan hati sekalipun ke neraka.

Makanya saya takut mati. Saya nggak tahu saya bakal dimasukkin Tuhan ke surga atau neraka. Kalau ada yang bilang ke saya sebaiknya saya tidak usah ambil pusing dan nikmati saja hidup ini blablabla, well... that's not my point.

Makanya lagi saya ingin ngobrol-ngobrol sama mereka yang sudah pernah ke "alam sana". Saya mau tanya benar nggak sih ada alam kubur, ada surga-neraka, dan... ada Tuhan atau tidak? Mau melihat langsung supaya bisa mendapatkan jawabannya langsung, jelas nggak mungkin. Itu berarti saya harus mati dulu. Masalahnya kalau sudah mati kan nggak bisa hidup lagi. Kecuali mati suri sih.

Tapi, kalau mati seperti yang Sokrates bilang, yah... I think death is not that bad.

Jadi bagaimana, Tuan Sokrates? Bagaimana setelah Anda mati? Apa yang Anda lihat di dunia kematian? Anda sudah lihat surga dan neraka? Atau kematian itu seperti yang Anda bilang bahwasanya mati itu ibarat tidur nyenyak tanpa mimpi?


5 comments:

  1. kalo menurut saya mbak, syukuri selama kita masih diberi kesempatan hidup. Maksimalkan waktu, biarlah waktu yang saatnya muncul akan muncul pada waktunya.. semangat mbak ! :D

    ReplyDelete
  2. ga usah mikirin itu dulu deh.... gw juga kalo mikirin itu, sekejap bulu kuduk gw berdiri.. serius!

    ReplyDelete
  3. yang membuat saya takut mati adalah, karena saya ga tahu apa-apa soal yang terjadi saat mati nanti. Ga tahu juga beneran ada surga atau neraka... ada kelahiran kembali ato engga'. au'ah gelaph

    ReplyDelete
  4. I don't care whether heaven or hell exists or not, and I'm not afraid of death. A thing I'm afraid of is, I'm afraid my leaving would be a burden to the people I love :)

    ReplyDelete
  5. memento mori, atau remember your mortality, atau ingat bahwqa kita akan mati. IMHO, ini salah satu dorongan dasar manusia yg membuatnya 'do something' di dunia ini. apalagi kalau somethingnya itu adalah yg bermakna ;)

    ReplyDelete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;