Tuesday, December 27, 2016

Evaluasi Tahun 2016

Day 3.

Sudah 27 hari kita melalui bulan Desember. Itu artinya lima hari lagi kita akan memasuki tahun 2017. Jadi, saya sudah melakukan apa saja di tahun 2016 ini?

Well, untuk yang pertama, reading challenge saya di Goodreads berhasil saya selesaikan. Tahun ini saya bikin target baca 50 buku. Alhamdulillah, saya bisa selesai baca 55 buku. Saya juga cukup update di blog buku saya. Sementara di blog ini, sampai saat ini saya hanya menulis 42 tulisan di sepanjang tahun 2016. Sungguh tidak produktif. Padahal saya sudah berusaha untuk menulis minimal seminggu sekali, tapi ya apa daya. Entah karena sibuk, malas, atau tidak mood. Alasannya itu-itu saja sih paling.


Dalam hal finansial di tahun ini saya memutuskan untuk menabung emas. Sebelumnya saya tidak tertarik untuk investasi emas. Hanya saja saya pikir, ya tidak apa-apa deh. Anggap-anggap diversifikasi investasi. Sayangnya, di tahun ini dengan amat penuh kesadaran saya akui saya boros sekali. Perencanaan keuangan saya berantakan. Saya gampang banget tergoda ingin belanja ini itu. Untung saja sekarang saya sudah sadar. Pelan-pelan deh saya atur kembali keuangan saya.

Dalam hal pola hidup sehat saya iseng memutuskan untuk daftar jadi anggota gym. Dan itu ya harga membernya mahal banget anyiiiing... Terus, saya juga tidak rutin olahraga di sana. Semau-mau saya saja. Kan saya ini kayak kebanyakan duit. Tapi, tidak apa-apa. Mulai besok saya akan rajin ngegym dan yoga. By the way, saya masih mempraktekkan pola makan food combining kok, meski tidak kaffah.

Sepanjang tahun ini tentunya ada ups and downs. Selagi sedang di posisi bahagia, ya insyaAllah tidak lupa bersyukur. Kalau sampai lupa bersyukur, semoga Tuhan mengampuni saya. Sebaliknya, kalau sedang di posisi sedih, insyaAllah saya tidak sendirian. Saya percaya Tuhan percaya sama kemampuan saya makanya saya dikasih sedih.

Yah, namanya juga hidup. Bahagia atau sedih, tertawa atau menangis, sedang banyak duit atau sedang bokek, beruntung terus atau lagi apes, jatuh cinta atau patah hati, begitu saja terus siklusnya. Yang kita tidak tahu untuk berapa lama kita akan berada di dalam kondisi tersebut. Hidup ini pengulangan kalau kata Arik, teman saya. Seharusnya kita sudah membiasakan diri kita dengan itu semua. Dan apapun yang terjadi pada saya di tahun ini, saya tetap memutuskan untuk menjadi orang baik, semaksimal yang saya bisa.

14 comments:

  1. Endingnya sungguh bijak & mencerahkan. Saya harus berterimakasih atas tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah sudi untuk baca tulisan ini, Om. :D

      Delete
  2. Mantab.. paragraf terakhir top banget.. Ehiya, kalau jadi nabung emas, hati hati aja nyimpannya.. Soalnya tetangga saya 4 tahun lewat kemalingan.. Yang hilang cuman emas saja.. ga tanggung tanggung, ada sekitar 600 emas atau sekitar 1500gram emas yg di gondol.. Sampe sekarang malingnya ga ketangkap tangkap.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku maksud nabung emas di sini sih nabungnya di Pegadaian, Mas. Link tulisannya mungkin bisa diklik. Hehehe...

      Delete
  3. Eh kamu ngegym di mana? Aku jadi inget jadi member ngegym tapi udah 4 bulan ini jadi donatur mulu. Besok ngegym lagi deh. :'))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngegym di salah satu gym mahal di Bandar Lampung. Halah. Ayo, Chika, semangat ngegym!

      Delete
  4. Kim. Gak ada rencana meet up kita? Yuk meet up ahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dooong... Ayo, kita meet up! Kamu di mana sekarang? Nomor WA-mu masih yang lama?

      Delete
  5. Meh, aku pun boros sekali tahun ini :)) tepatnya menjelang akhir tahun. Entah kenapa nafsu belanja semakin menggila.
    Nabung payah, olahraga juga semakin jarang. Kayaknya efek terlalu santai sama kehidupan, nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, Le. Woles aja. Mumpung masih muda. Santai saja lah. Asal jangan keterusan aja santainya. =))

      Delete
  6. Goodreads gara-gara dibeli siapa itu jadi males buat posting di sana. Eh ternyata kemampuan baca buku baru juga ikutan menurun @_@;;;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooo... Jangan begitu dong, Mas Galih. Ayo, tetap semangat baca! :D

      Delete
  7. Kimci ngegym? WAAA...Setahun 50 buku? WAAA....Aku aja tahun depan baru mau naikin target jadi 30 hehehe. ANW, selamat atas apa pun pencapaian yang berhasil diraih tahun ini. Semoga tahun depan lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Mbak Anggi juga ya semoga tahun depan lebih baik.

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;