Wednesday, January 3, 2018

# curhat

Review Singkat 2017 dan Harapan di 2018

Masih dalam suasana tahun baru maka saya ucapkan Selamat Tahun Baru, teman-teman semuanya! Semoga apapun resolusi kalian akan tercapai di tahun ini. Amin, amin, amin.

Ngomong-ngomong, bagaimana tahun 2017 bagi kalian? Kalau saya, ingin bilang datar, tapi ya nyatanya nggak datar juga. Ingin bilang bagai rollercoaster, tapi kok ya kesannya lebay banget.

Yang jelas di tahun kemarin saya masih dibikin terombang-ambing dalam urusan asmara. Eaaa. Hari gini masih nggak jelas dalam urusan yang satu itu. Sedih beudh hidup gua. Ha, ha. Tapi ya sudahlah. Toh sekarang saya sudah baik-baik saja. InsyaAllah.

Tahun kemarin saya harus bolak-balik ke dokter. Sempat deg-degan parah dan stres karena takut sama hasil dari dokter dan Alhamdulillah hasilnya baik-baik saja. Tetapi, bolak-balik ke dokternya masih berlanjut. Tidak apa-apa. Anggap saja ini sebagai pengingat bahwa saya harus semakin ekstra menjaga diri. Nasib punya badan ringkih ya begini ini.

Di tahun kemarin saya juga memutuskan untuk ke psikolog. Hasilnya, saya merasa lebih baik. Saya belajar banyak dari beberapa kali sesi konseling tersebut. Saya semakin mengenal diri saya dan pelajaran utama yang saya dapatkan saya jadi lebih menghargai diri saya sendiri. Self-esteem saya lumayan naik lah.

Cukup deh membicarakan masalah pribadi. Sekarang mari kita beralih ke buku. 😀

Tahun kemarin saya berhasil membaca 56 buku. Daftar bukunya bisa teman-teman baca di sini. Blog buku saya lumayan update juga di tahun kemarin. Dari 56 buku yang dibaca, ada 14 buku yang saya tulis resensinya. Lumayan lah. Selain itu, ada juga postingan wawancara dengan teman-teman saya yang hobi baca. Kalau teman-teman penasaran, silakan mampir ke Blog Bukunya Kimi. Jangan lupa untuk klik like, share, dan subscribe ya! Halah, ujung-ujungnya ngiklan.

Sementara itu, di blog ini terdapat 73 tulisan di sepanjang tahun 2017. Sekali lagi, lumayan lah masih sering update. Tulisannya beragam, dari remeh-temeh curhat random sampai tulisan sok pinter gitu deh. Biasalah, namanya juga Kimi. You know me well, right?

Setelah dipikir-pikir sekarang ini saya mau lebih memperbanyak tulisan receh di sini. Saya akan lebih memperlakukan blog ini sebagai sebuah jurnal online. Itu juga yang jadi salah satu resolusi saya di 2018: lebih banyak mencatat, baik di buku jurnal maupun di blog. Menulis itu harus dibiasakan dengan cara ya harus menulis rutin. Soalnya, sekali sudah malas, akan terbawa terus malasnya. Akibatnya, banyak hal yang bisa dicatat untuk jadi dokumentasi, harus hilang begitu saja. Mau mengandalkan memori ya jelas tidak bisa.

Dan ini yang saya rasakan sekarang. Malas sudah datang dari kemarin-kemarin. Buku jurnal sudah jarang diisi, blog juga jarang diupdate. Sementara Journey saya isinya foto selfie semua. Haha, katrok beudh.

Berhubung sudah malas, untuk memulai itu rasanya berat sekali. Tiap menyalakan laptop pikirannya langsung ingin nonton film. Boro-boro mau buka dashboard blog kan. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan! Untuk itu, mari kita menulis receh saja. Saya usahakan minimal seminggu sekali untuk update blog. Tulisannya mungkin tidak bermanfaat untuk teman-teman, tetapi paling tidak bermanfaat buat saya. Bermanfaat dalam hal apa? Tentu saja karena tujuannya apalagi kalau bukan untuk membangkitkan kembali semangat ngeblog.

Jadi, mohon doa dan dukungannya, teman-teman! Dukungan kalian sangat berarti buat saya. Beri dukungan kalian dalam bentuk klik like, share, dan subscribe blog ini ya! Halah mbel. Ujung-ujungnya ngiklan lagi. 😂

5 comments:

  1. Semangaaattt.....

    Tuh tak semangatin...

    Yuuk ngeblog terus...

    minimal buat ngungkapin perasaan kita biar tak mampet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas semangatnya, Mas! Aku jadi semakin pengen rajin update blog. Hihi.

      Delete
  2. Aku dong nggak sama sekali ada ide nulis postingan a la tahun baru... #bersemedi #demidapatwahyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kamu sudah update blog ala tahun baru. Dan aku sudah komen. ✌️

      Delete
    2. Iyaaa setelah posting komentar di sini terus beberapa hari kemudian dapat ide AHAHAHAHA <3

      Delete

Please, say something with real names. But, NO SPAM and NO ANONYMOUS. Thank you. ^^;