Sunday, March 14, 2021

Random #40

Random 1.

Hari Sabtu tanggal 13 Maret 2021 kemarin saya mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) S2 Universitas Terbuka (UT). Tentu saja saya mengikutinya secara daring via Zoom. Acaranya seharusnya dimulai pukul 08.30 pagi, tetapi berhubung terkendala urusan teknis jadinya baru dimulai sekitar pukul 09.30. Tidak apa-apa, yang penting acaranya berakhir tepat waktu. 😁

Namanya juga orientasi, ya acaranya tentang perkenalan dengan UT, seperti visi misinya, bagaimana perkuliahan di sana, peraturan secara umum, dan lain-lain. Dari orientasi ini juga saya baru tahu kalau mahasiswa UT mendapatkan fasilitas Microsoft 365 gratis dan itu termasuk penyimpanan 1TB di OneDrive.

Ah, saya sudah terlanjur berlangganan sendiri Microsoft 365 Family bersama teman Plurk. Tidak apa-apa lah. Tetap beda rasanya antara berlangganan sendiri dengan berlangganan karena dapat fasilitas dari kampus. Kalau sudah selesai kuliah, pasti fasilitas dari kampus juga dicabut toh. Sementara kalau berlangganan sendiri, bisa berlangsung selamanya.

Well, anyway, perkuliahan dimulai tanggal 22 Maret 2021. Doakan semoga saya bisa lancar mengikuti perkuliahannya ya!


Random 2.

Setelah cukup lama tidak mengikuti kelas di Coursera -- sekitar dua tahun -- saya kembali mendaftarkan diri di dua kelas di sana, yaitu kelas Feminisme dan kelas yang membahas Psikologi Moral. 

Alasan saya mengikuti kelas Feminisme karena, well, tentu saja karena Feminisme. Saya sedang dalam misi untuk fokus mempelajari topik tersebut. Itulah alasan saya juga yang membuat saya merangkum buku The Psychology of Women and Gender.

Sementara alasan untuk kelas Psikologi Moral adalah karena nama Paul Bloom. Beliau ini profesor di Yale University. Langganan pembicara di kanal YouTube Big Think dan TED. Penulis buku laris manis, seperti Against Empathy dan Just Babies. Beliau adalah psikolog perkembangan dan risetnya yang berfokus pada moral, agama, fiksi, dan seni.

Terima kasih sekali saya ucapkan kepada pencipta internet dan kepada Coursera, yang telah memungkinkan saya bisa belajar pada Profesor Bloom secara gratis dan tidak perlu menjadi mahasiswa Yale. Yah, meski cuma semacam kuliah daring singkat, but still, Paul Bloom gitu loh... Yale University gitu loh...

Random 3.

Membicarakan rangkuman buku, bab terakhir yang saya rangkum dari The Psychology of Women and Gender adalah bab 6 membahas gender dan emosi. Saya belum melanjutkan merangkumnya karena saya sedang malas. Melihat isi bab 7 yang sangat banyak membuat saya semakin malas. Ha, ha. 

Akan saya usahakan untuk segera menulis rangkumannya. Mumpung masih ada waktu bebas selama satu minggu sebelum perkuliahan dimulai. 

Random 4.

Saya orangnya impulsif, saya akui itu. Tidak cukup dengan berlangganan The Jakarta Post dan Kompas.id, saya juga berlangganan Tempo dan The New York Times. Alasannya: murah. Langganan koran dan majalah Tempo paket digital hanya Rp50ribu/bulan. Sementara The New York Times sedang ada promo dari USD8/bulan menjadi USD2/bulan yang berlaku selama setahun. Nanti kalau sudah setahun, biaya berlangganannya normal lagi ke USD8/bulan. 


Foto oleh cottonbro dari Pexels


Saya tidak yakin sebenarnya saya bisa membaca semuanya. Kalau tidak dibaca kan sayang ya sudah berlangganan. Meski biayanya murah, tetap saja bayarnya pakai uang, bukan pakai daun.

Huft, baiklah. Saya harus menghentikan langganan salah satu di antara keempat media berita tersebut. Kemungkinan besar sih saya akan berhenti langganan The Jakarta Post. Karena setelah sebulan ini cukup rutin baca-baca beritanya, sepertinya tidak seseru Kompas, Tempo, dan The New York Times.
Share:

14 comments:

  1. sukses kuliahnya, kim.

    ohiya tempo digital bulan februari kmaren diskon 50%, tp saya ragu utk daftarnya sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Om. Btw, kenapa ragu buat daftar? Kan lumayan itu diskon 50%.

      Delete
  2. (WOT) sudah random #1 tapi tetep ambil random #2, sangar ik!
    *sujud sembah

    Kalo random #4 saya juga suydah, tapi dikasih kantor xixixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doakan semoga aku bisa konsisten ikut kelas Coursera-nya sampai selesai, Mas! Soalnya sebelumnya aku gak pernah selesai tiap daftar Coursera sih. Hahahaha...

      Delete
  3. Hi mba Kimi kunjungan balik yaaa, salam kenal, mba 😁

    Seru baca random post yang mba Rimi tuliskan, dan ternyata sudah ada 40 posts ya, COOL! Hohoho, by the way, selamat studi S2 mba Kimi, semoga lancar proses belajarnya dan semakin banyak ilmu yang mba Kimi dapatkan πŸ₯³πŸŽ‰

    Ngomong-ngomong soal langganan media, sampai saat ini saya hanya langganan Gramedia Digital mba, untuk baca buku-buku di sana, lumayan banget, mempermudah saya saat ingin baca buku sebab pilihannya ada banyaaaks πŸ˜† Terus habis baca cerita mba Kimi soal beberapa media, saya jadi tertarik mau langganan Tempo / Kompas sebab dulu jaman Ibu sering beli koran, saya sempat ikutan baca πŸ˜‚

    Thanks for sharing, mba 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Meno! Terima kasih sudah berkunjung balik. Semoga betah ya mampir di sini.

      Btw, aku juga langganan Gramedia Digital, Mbak. Tapi, jarang dibaca. Wkwkwk.

      Delete
  4. Ngomong2 langganan layanan untuk baca buku elektronik, jadi anggotanya perpustakaan nasional juga seru lho. Buku2 elektronik di aplikasi gawainya lumayan banyak, walau formatnya masih agak kurang nyaman untuk dibaca, tapi tetap seru karena ini gratis.
    Beberapa buku populer aku baca di aplikasi ini dan lumayanlah daripada harus beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sudah langganan iPusnas dan iJak, Mas Danang. Tapi, ya teteup, jarang buanget baca di sana. Hihihi.

      Delete
  5. Hi Kak Kimi, salam kenal 😁
    Kak Kimi masih main Plurk? Di sana masih ada kehidupan ya 😱. Aku jadi ingat masa-masa main Plurk dulu, tapi akun Plurk-ku sendiri udah aku hapus karena isinya terlalu alay 🀣. Isi Plurk sekarang, didominasi oleh negara mana, Kak?
    Oiya, Semoga lancar ya kuliah S2 Kakak. Semangattt πŸ’ͺ

    Di rumahku bahkan masih langganan koran Kompas berbentuk fisik, Kak 🀣 ini sih memang hobi papaku karena beliau rasanya hampa kalau nggak baca koran fisik, meskipun isinya tentu lebih up-to-date yang di website πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Lia! Salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir ya...

      Btw, iya, aku masih main Plurk. Baru aktif lagi sih sebenarnya sejak tahun lalu setelah entah sudah berapa tahun lamanya aku tinggalkan.

      Aku kurang tahu juga sekarang didominasi negara mana. Soalnya aku gak pernah menjelajah gitu sih. Lingkup pertemananku cuma yang senegara aja. Hihihi.

      Delete
  6. Eh, rame ya di sini, hehehe... Selamat dan semangat kuliah lagi! Sakseuus!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Alhamdulillah di sini ramai. Jarang-jarang padahal. Hahaha...

      Btw, terima kasih, Mas. Semoga aku tetap selalu semangat kuliahnya.

      Delete
  7. kuliah di UT dan kuliah di jaman school from home ini, apa bedanya ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada. Kecuali biayanya yang jauh lebih murah. Hehehehe...

      Delete

Saya sangat menantikan komentar dari kalian. Asal jangan spam, jangan anonim, dan tetap sopan ya. Mari kita menghargai satu sama lain. Terima kasih.